Informasi Lengkap Seputar Lantai Vinyl

Menggunakan lantai kayu memang bisa membuat ruangan menjadi tampak elegan. Hanya saja penggunaan lantai kayu memerlukan biaya yang tidak sedikit mulai dari pembelian sampai dengan perawatan. Apabila Anda tetap menginginkan lantai dengan motif kayu bisa memilih alternatif berupa lantai vinyl.

Harga yang ditawarkan untuk setiap meternya sangat terjangkau. Lantai vinyl adalah sejenis lantai yang terbuat dari senyawa vinyl dan tersedia dalam bentuk roll, plank, dan ubin. Lantai ini bisa dibeli dengan harga paling terjangkau daripada jenis pelapis lantai lainnya. Hal ini membuat ada banyak orang yang menggunakan lantai ini.

Ruangan dengan lantai vinyl – isibangunan.com

 

Kelebihan dari Lantai Vinyl

Anda yang berminat membeli lantai vinyl sudah pasti harus memahami apa saja kelebihan dari lantai yang satu ini. Beberapa kelebihan dari lantai tersebut bisa Anda ketahui melalui ulasan ini.

  • Permukaan yang Halus

Sama seperti dengan pelapis lantai lainnya, vinyl memiliki permukaan yang halus. Bahkan, tingkat kehalusan ini lebih baik daripada solid wood. Bagian bawah dari lantai vinyl ini berupa kain atau busa. Bagian bawah ini yang membuat lantai dari bahan ini terasa lembut dan nyaman setiap kali diinjak.

  • Tersedia Banyak Motif dan Warna

Setiap kayu yang dipakai untuk membuat lantai parket memiliki motif yang berbeda-beda. Hal ini ditiru dalam pembuatan lantai vinyl yang mirip dengan lantai parket, sehingga proses fabrikasi juga memiliki banyak motif kayu. Anda bisa memilih motif kayu pada lantai vinyl sesuai dengan keinginan Anda. Sekilas tampilan lantai ini sangat mirip dengan lantai parket kayu.

  • Harga Terjangkau

Keunggulan lain yang dimiliki oleh lantai ini adalah harga per meter yang murah. Anda bisa coba bandingkan sendiri dengan berbagai macam jenis pelapis lantai lainnya. Berkat harga yang terjangkau, permintaan pasar dari lantai ini cukup tinggi.

  • Daya Tahan Lama dan Awet

Selain dari harga lantai vinyl murah, lantai tersebut memiliki daya tahan pemakaian yang cukup lama yakni bisa sampai 20 tahun. Lantai ini juga tidak perlu biaya perawatan yang mahal. Anda cukup melakukan membersihkan dengan cara disapu dan dipel saja setiap kali lantai kotor.

Dapur dengan lantai vinyl motif kayu – isibangunan.com

Kekurangan dari Lantai Vinyl

Semua barang yang diciptakan manusia pasti memiliki kekurangan dan ini juga berlaku pada lantai vinyl. Anda perlu mengetahui apa saja kekurangan dari lantai vinyl dan melakukan perawatan yang tepat, sehingga bisa digunakan dalam waktu lama. Beberapa kekurangan dari lantai vinyl tersebut bisa Anda simak berikut.

  • Bisa Terkelupas dan Lepas

Lantai vinyl roll maupun yang dijual dalam bentuk ubin tetap memiliki karakteristik yang sama. Keduanya sama-sama dapat terkelupas maupun lepas. Saat lantai sudah terkelupas dan lepas, maka tingkat keawetan akan berkurang.

Dalam rangka mencegah lantai ini mudah lepas, maka pemasangan lapisan pertama harus dilakukan dengan benar. Pastinya pemasangan dari lantai ini sangat berbeda dengan cara pemasangan lantai kayu yang tidak mudah.

  • Bisa Tergores

Lantai keramik memiliki lapisan glazur yang membuatnya tidak mudah tergores. Sedangkan lantai parket kayu memiliki permukaan kokoh yang membuatnya tidak mudah tergores. Namun hal ini tidak berlaku bagi lantai vinyl. Anda perlu berhati-hati saat memindahkan perabotan. Hindari juga benda tajam mengenai permukaan lantai ini, karena saat lantai tergores akan sulit diperbaiki.

Beberapa Jenis Lantai Vinyl

Lantai Vinyl memiliki banyak jenisnya dan Anda yang berminat membeli perlu mengetahui seluruh jenis dari lantai tersebut. Seluruh jenis dari lantai ini bisa Anda ketahui melalui ulasan berikut.

  • Lantai Vinyl Plank

Lantai vinyl plank – calibamboo.com

Anda menyukai interior desain bergaya etnik, maka jenis plank ini paling cocok. Jenis ini memiliki ukuran panjang sekitar 90 – 100 cm dan lebar 10 cm – 20 cm. Setiap lantai jenis ini memiliki motif yang sangat mirip dengan lantai kayu.

  • Lantai Vinyl Tile

Lantai vinyl tile – homedepot.com

Anda menyukai lantai vinyl dalam bentuk mirip ubin, maka bisa pilih jenis yang satu ini. Bahkan ukuran yang ditawarkan dengan jenis ini juga sangat mirip dengan ukuran keramik. Sedangkan motif yang ditawarkan sebagian besar masih berupa motif kayu.

  • Lantai Vinyl Roll

Lantai vinyl roll – bestpvcfloor.com

Jenis lantai vinyl yang terakhir adalah roll. Bentuk dari jenis ini sangat mirip dengan karpet hanya saja tidak terdapat bulu. Sebagian besar jenis ini ditawarkan dengan sebutan vinyl karpet. Anda yang ingin memesan motif yang berbeda, maka bisa memesan jenis ini. Harga dari jenis ini adalah yang paling terjangkau dibandingkan dengan jenis lantai vinyl yang lainnya.

 

Cara Pemasangan Lantai Vinyl

Memasang lantai ini tidak sesulit memasang lantai keramik maupun lantai parket kayu. Bahkan pemasangan juga cukup fleksibel tidak harus menggunakan cara yang baku, seperti lantai keramik dan kayu. Anda bisa melakukan pemasangan di atas semen maupun plesteran. Pemasangan dari lantai vinyl juga bisa dilakukan di atas lantai keramik.

Menggunakan lantai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan suasana interior rumah yang berbeda. Tidak perlu repot-repot harus mengubah interior secara besar-besaran. Setidaknya ada dua cara pemasangan lantai ini. Anda akan dapat mengetahuinya berikut.

  • Pemasangan Metode Glue Down

Metode pertama yang digunakan dalam pemasangan lantai vinyl adalah Glue Down. Pemasangan dilakukan dengan menggunakan lem sikabond maupun lem berwarna kuning yang dapat merekatkan lantai ini dengan permukaan lantai di bawahnya. Perlu dipastikan bahwa bagian lantai sebelumnya harus dalam kondisi rata.

  • Pemasangan Metode Lock System

Metode yang kedua ini hanya perlu pemakaian foam pada lapisan bawah lantai vinyl. Sedangkan saat pemasangan dilakukan hanya perlu di tata, seperti memasang puzzle. Bentuk yang sangat mirip dengan karpet puzzle, membuat pemasangannya menjadi sangat mudah.

Cara Merawat Lantai Vinyl

Lantai jenis ini memiliki cara perawatan yang berbeda dengan lantai keramik atau kayu. Anda hanya perlu melakukan perawatan dengan memakai obat pel ramah lingkungan. Jangan menggunakan obat pel sembarangan, karena dapat merusak bagian coating dari permukaan kayu. Saat bagian permukaan vinyl terlanjur rusak, sudah pasti tampilan jadi tidak bagus lagi.

Perawatan lain yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan proteksi pada setiap bagian bawah kaki-kaki perabotan. Perlu memberikan bantalan empuk di setiap kaki perabotan, sehingga sudut-sudutnya tidak menggores lantai vinyl. Usahakan juga menambahkan dengan lapisan keset pada bagian bawah perabotan saat perlu dilakukan pemindahan perabotan.

Cara perawatan terakhir adalah mengangkat perabotan yang ringan dan jangan menyeretnya. Mengangkat perabotan ringan ini bisa sangat membantu dalam menghindari terjadinya penggoresan pada bagian permukaan

Apabila Anda tertarik menggunakan lantai vinyl untuk menambah estetika ruangan, maka Anda bisa melakukan pemesanan melalui Importir.co.id atau hubungi +62 811-111-279. Setiap produk dari import yang kami jual selalu memperhatikan kualitas dan ditawarkan dengan harga terjangkau. Ada banyak produk lainnya yang kami tawarkan, seperti paku gypsum, medical mask, medical suit, foam brick, dan lain-lain.

Check Also

Mengapa Harus Pilih Atap Aluminium untuk Proyek Anda?

Atap aluminium sudah menjadi populer di antara kalangan para kontraktor. Atap tersebut juga banyak diminati …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.