Inspirasi Menambah Nilai Estetika Dinding Ruangan 2020

Anda bosan dengan suasana rumah, terutama bagian dinding ruangan yang tampak datar. Ingin mendapatkan sentuhan desain interior berbeda, bisa dengan jalan memasang beragam foam brick wallpaper. Pemasangan tersebut akan memberikan tampilan unik, modern, dan kesan 3D pada ruangan.

Selain memperindah ruangan, menggunakan produk tersebut memiliki kelebihan mudah dibersihkan. Anda hanya perlu membersihkan dengan kain basah saja. Air tidak akan merusak permukaannya. Pemasangan ini juga bisa membantu ruangan menjadi lebih kedap suara,. Hal apa sajakah yang perlu diperhatikan dari pemilihan dan pemasangan foam brick?

Foam Brick – amazon.com

Foam Brick Cocok untuk Berbagai Ruangan

Sekarang ada banyak sekali Youtubers yang menggunakan brick ini sebagai background dari video mereka. Penggunaan brick ini menjadi populer di kalangan Youtubers, karena memang memberikan kesan elegan dan mewah sebagai background yang ditempel di dinding ruang kerja.

Terlepas dari Anda Youtubers atau tidak, material dinding ini juga sangat cocok dipakai di segala dinding rumah. Anda bisa pasang di ruang makan, ruang tidur, ruang keluarga, dan dinding kamar mandi dengan konsep kering.

Penggunaan foam brick saat ini sangat luas tidak hanya sekadar untuk dinding di rumah saja. Ada banyak ruangan kantor yang menggunakan produk ini guna menambah nilai estetika ruangan.

Suasana ruang kantor yang indah sudah pasti bisa membuat orang di dalamnya menjadi nyaman dan menambah semangat dalam bekerja. Foam brick accent wall yang dipasang juga tidak harus melulu berbentuk kotak-kotak mirip batu bata. Motif desain brick tersebut bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen.

Ketersedian Foam Brick Adhesive pada Produk

Hal yang perlu dipikirkan sebelum membeli material ini adalah ketersediaan perekat pada produk. Ada produk foam brick adhesive dan non-adhesive. Produk yang tanpa bahan perekat mengharuskan Anda membeli perekat khusus saat hendak melakukan pemasangan ke dinding.

Apabila Anda menyukai segala sesuatu yang praktis, sebaiknya Anda memilih produk self-adhesive. Anda tidak lagi perlu mencari perekat apa yang berkualitas agar bisa memastikan foam merekat di dinding dengan baik.  

Memilih Warna Foam Brick yang Tepat

Saat ini foam brick wall panels tersedia dalam berbagai macam warna, seperti merah bata, putih, biru, abu-abu, dan lain-lain. Perlu menyesuaikan warna foam brick dengan ruangan. Ruangan yang sempit disarankan menggunakan warna yang terang. Dinding ruangan yang terang akan membuat ruangan terasa lebih luas dibandingkan dengan warna gelap.

Sedangkan warna lain yang biasa dipakai adalah warna asli batu bata dan juga abu-abu. Warna merah bata memberikan kesan ruangan tampak natural. Cocok dipakai pada ruang santai, ruang keluarga, kantin, maupun restoran yang menggunakan konsep natural. Warna abu-abu memberikan kesan modern, sehingga banyak dipakai pada rumah dengan desain minimalis.

Penggunaan warna lainnya harap disesuaikan dengan warna lantai, luas ruangan, dan sebagian besar dari warna properti di dalamnya. Penggunaan warna yang sesuai akan dapat membuat ruangan menjadi tampak indah.

Memilih Tekstur Foam Brick

Ada banyak sekali tekstur foam brick wall yang ditawarkan kepada konsumen. Tidak selalu yang berbentuk mirip batu bata saja. Anda bisa pilih tekstur sesuai selera. Beberapa tekstur tersebut diantaranya:

  • Foam Brick

Foam Brick – tableclothsfactory.com

Jenis yang pertama adalah foam dengan tekstur mirip batu bata. Jenis ini yang paling banyak beredar di pasar. Tesktur batu bata dapat memberikan kesan elegan dan mewah pada ruangan. Tesktur ini juga terkesan simple dan cocok untuk semua jenis ruangan, baik formal maupun non-formal.

  • Foam Brick Kayu

Foam Brick Kayu – jingkesy.en.made-in-china.com

Anda ingin membuat ruangan menjadi tampak natural, bisa membeli model tekstur kayu. Sebagian besar jenis ini dipakai pada dinding dapur. Penggunaan lain biasa dipasang pada dinding ruangan non-formal.

  • 3D Hexagon Tile Brick

tilebar.com

Anda juga bisa saja memasang tile brick model lain, seperti hexagon. Sebagian besar tekstur ini juga menawarkan kesan elegan dan mewah. Bisa digunakan pada segala jenis ruangan.

Tindakan yang Perlu Dilakukan Sebelum Memasang Foam Brick

Ada banyak faktor yang bisa membuat material ini mampu menempel dengan baik di dinding. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kondisi dari dinding itu sendiri. Tindakan-tindakan yang harus dilakukan:

  1. Membersihkan Dinding

Dinding selalu tidak pernah bebas dari debu yang menempel. Itulah mengapa orang yang hendak memasang material ini perlu membersihkan dinding dengan lap kering terlebih dahulu. Jika ada bagian kotoran yang susah dibersihkan, maka bisa membersihkan dengan lap basah. Sesudahnya Anda perlu menunggu dinding sampai kering sebelum pemasangan.

  1. Memastikan Permukaan Dinding Rata

Pemasangan material ini juga perlu memperhatikan tingkat kerataan dinding. Apabila ada kondisi dinding terdapat lekukan, bisa dipastikan pemasangan tidak akan berjalan lancar. Brick akan mudah lepas. Permukaan yang tidak rata bisa diperbaiki dengan cara diamplas.

  1. Memastikan Kondisi Dinding Kering

Adakalanya sebuah bangunan memiliki dinding dengan kondisi yang tidak baik dan menyebabkan air mudah merembes masuk ke dinding. Kondisi tersebut menyebabkan dinding basah. Jenis dinding seperti itu tidak akan bisa dipasangi dengan wallpaper maupun foam brick, karena perekat tidak dapat merekat saat dinding lembab.

  1. Tidak Adanya Retakan pada Dinding

Anda juga harus memastikan bahwa dinding tidak mengalami retakan yang parah. Saat masih memungkinkan, permukaan dinding yang retak ringan bisa didempul guna menyisakan bagian yang masih kokoh alias tidak mudah rontok.

  1. Tidak Bisa Dipasang di Dinding Kaca

Setiap perekat memiliki karakteristik rekat pada permukaan yang berbeda-beda. Seluruh perekat pada foam brick tidak didesain untuk merekat kuat pada permukaan licin kaca. Dinding kaca hanya cocok dihias dengan menggunakan cutting sticker.

  1. Pastikan Tidak Ada Jamur Menempel di Dinding

Masalah paling parah dari dinding yang akan dipasangi foam brick adalah jamur. Dinding berjamur biasanya terjadi akibat ruangan lembab. Perlu dilakukan renovasi pada dinding tersebut dahulu. Setelah dinding menjadi mulus tanpa jamur dan cat sudah kering, Anda baru dapat memasangnya. Gunakan dehumidifier untuk mencegah jamur tumbuh kembali.

Foam brick Korea – isibangunan.com

Tips Memasang Foam Brick Wallpaper

Anda sudah mengecek kondisi dinding dan bisa segera beralih untuk memasang foam brick wallpaper panels pada dinding. Ketahui tips memasangnya berikut.

  1. Ketahui Ukuran Dinding Ruangan

Hal paling mendasar yang perlu dilakukan sebelum memasang adalah memastikan bahwa foam brick yang dibeli sudah sesuai jumlahnya dengan luas dinding ruangan. Pengukuran ditujukan juga agar tidak membuang dana dengan percuma akibat pemesanan dalam jumlah yang berlebih.

  1. Panggil Tenaga Ahli Bangunan

Ingin hasil yang maksimal dan memiliki dana lebih untuk dekor ruangan, disarankan menggunakan bantuan tenaga ahli bangunan dalam pemasangan. Tenaga ahli bangunan akan bisa memberikan hasil pemasangan yang rapi. Sudah pasti hasilnya akan berbeda dengan pemula yang memasang wallpaper secara mandiri.

Anda tertarik untuk memasang foam brick pada dinding ruangan, bisa memesan melalui Importir.co.id atau +62 811-111-279. Material konstruksi lain juga bisa dipesan melalui kami, seperti material lantai, paku gypsum, dan sanitary ware. Anda akan bisa mendapatkan material konstruksi yang diinginkan dengan harga terjangkau.

Check Also

Mengapa Harus Pilih Atap Aluminium untuk Proyek Anda?

Atap aluminium sudah menjadi populer di antara kalangan para kontraktor. Atap tersebut juga banyak diminati …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.