Atap Kanopi untuk Eksterior Bangunan Terlihat Menarik

Kanopi adalah sebagai tambahan atap di luar bangunan. Atap Kanopi saat ini sudah banyak dipakai dalam dunia arsitektur, sehingga tidak berbentuk monoton. Bahkan tidak jarang ada kanopi yang memiliki desain modern dan membuat bangunan menjadi tampak lebih mewah. Fungsi dari kanopi bisa sebagai peneduh dari terik matahari maupun hujan.

Saat ini penggunaan dari kanopi sendiri tidak hanya dipasang di bagian luar gedung. Ada beberapa kanopi yang berfungsi sebagai carport di depan rumah hunian. Kanopi ini tersedia dalam banyak jenis dan Anda yang berminat perlu mengetahui seluruh jenisnya.

Atap kanopi – pinterest.com

  1. Kanopi Membrane

Jenis paling pertama dari kanopi adalah kanopi membrane. Kanopi ini masuk dalam daftar kanopi yang paling disukai masyarakat dibandingkan dengan jenis lainnya. Daya tahan penggunaan yang tinggi dan sifat anti-air membuat kanopi ini dijual dengan harga lumayan tinggi dari jenis kanopi lain.

Saat ini ada banyak sekali brand kanopi membrane dan setiap brand memiliki keunggulan masing-masing. Kisaran harga yang ditawarkan juga bermacam-macam mulai dari Rp 700.000 hingga Rp 1.900.000 untuk setiap meter perseginya. Biasanya mengenai masalah desain, bisa dipesan oleh konsumen.

Kanopi membrane ini memiliki ketahanan terhadap matahari yang baik. Bahkan membrane yang dipakai juga tahan terhadap paparan bahan kimia. Bahan membrane yang berkualitas tinggi memiliki elastisitas tinggi dan membuatnya tidak mudah robek. Saat Anda memesan membrane dengan kualitas menengah, maka membrane yang dipakai biasanya lebih tipis, sekitar 850 gsm.

Saat memesan kanopi membrane dengan kualitas tersebut, tidak ada banyak model yang bisa dipakai. Disarankan membuat kanopi membrane dengan desain yang datar saja dan tidak bisa dibuat untuk carport yang luas.

  1. Kanopi Kain

Jenis kanopi lain yang populer dipakai adalah kanopi kain. Sebagian besar penggunaan kanopi ini tidak untuk daerah yang luas. Kanopi ini sudah pasti terbuat dari bahan waterproof. Harga yang ditawarkan juga bermacam-macam dan bergantung pada brand yang ditawarkan. Kelebihan dari menggunakan kanopi ini adalah warna yang bermacam-macam.

Anda juga dapat membuat desain yang multifungsi dengan menggunakan kanopi ini. Kanopi kain cocok dipasang di beberapa tempat, seperti café, hotel, depan rumah, dan kanopi untuk berjualan. Beberapa jenis kain yang dipakai untuk membuat kanopi ini adalah kain akrilik, kain kanvas, dan benang polyester.

Setiap bahan yang dipakai tersebut sudah ditambahkan dengan kain lapisan waterproof, sehingga bisa melindungi dari rembesan air saat hujan. Masing-masing dari kain dasar yang dipakai untuk membuat kanopi juga memiliki kelebihan berbeda-beda. Kain kanvas mampu menghalangi cahaya matahari lebih baik daripada jenis kain lainnya.

Sedangkan kain dengan bahan akrilik memiliki tampilan yang berkilau, sehingga membuat gedung maupun rumah menjadi semakin mewah. Kemudian bahan kanopi dari polyester dan katun memiliki kekuatan yang tinggi dibandingkan dengan kanopi kanvas maupun kanopi kain akrilik.

  1. Kanopi Akrilik Bening

Atap akrilik bening atau biasa disebut dengan kanopi akrilik bening, memiliki tampilan berupa plastik yang menyerupai kaca. Kanopi jenis ini tersedia dalam banyak warna, sehingga bisa saja dipilih sesuai dengan warna tembok. Akrilik ini memiliki banyak keunggulan dari bahan kaca, terutama dalam hal kelenturan.

Kanopi jenis ini lebih tidak mudah pecah, mudah dibor, dan ringan. Bahkan, konsumen juga dapat memesan desain yang kompleks menggunakan bahan ini. Kanopi ini cocok dipakai di berbagai tempat, termasuk sebagai atap rumah akrilik. Bahan ini juga tidak mudah memuai maupun berkerut.

Bahkan penggunaan dari kanopi ini dinilai dapat memberikan tampilan yang terkesan bersih.  Pemesanan terhadap kanopi yang berwarna bisa menghalangi tembusnya sinar matahari. Keunggulan lain dari kanopi ini adalah kemudahan terhadap pembersihan dan perawatan.

  1. Kanopi Polycarbonate

Jenis kanopi yang berikutnya adalah kanopi polycarbonate. Kanopi tersebut memiliki banyak kelebihan, terutama dalam menghambat tembusnya sinar matahari ke bawah kanopi. Peredaman panas tersebut bisa sampai 90%. Sudah pasti berkat peredaman tersebut, bagian bawah kanopi memiliki suhu yang lebih dingin.

Bahan polycarbonate ini juga dikenal kokoh dan fleksibel. Daya tahan penggunaan terhadap bahan tersebut sebagai kanopi juga baik. Anda bisa saja membuat kanopi polycarbonate dengan bentuk melengkung. Desain tersebut bisa membuat hunian menjadi tampil modern dan minimalis.

Kanopi polycarbonate ini tersedia dalam banyak warna, sehingga bisa disesuaikan. Pemasangan dari kanopi ini juga sangat mudah. Tidak akan perlu waktu yang lama dalam melakukan proses instalasinya.

Kanopi kaca – salinoxglass.com

  1. Kanopi Kaca

Jenis kanopi berikutnya adalah kanopi kaca biasa. Kanopi jenis tersebut memiliki tampilan dengan kesan yang bersih. Bahkan penggunaan dari kanopi tersebut sangat cocok untuk rumah dengan tipe minimalis. Kanopi kaca ini memang kurang populer dibandingkan dengan jenis kanopi lainnya. Kaca yang biasa digunakan ini memiliki kualitas tahan pecah.

Kanopi ini bisa membuat bagian bawah yang tertutupi kanopi tetap terang. Bagian bawah dari kanopi kaca juga cocok untuk menjemur pakaian. Anda juga bisa menggunakannya untuk carport, asalkan memesan dengan jenis kaca buram.

  1. Kanopi Alderon

Salah satu kanopi modern yang lain adalah kanopi Alderon. Kanopi ini terbuat dari bahan dasar PVC dan terkenal di kalangan arsitek berkat bentuk yang unik. Atap Alderon ini memiliki permukaan bergelombang rapi. Tekstur yang bergelombang tersebut dinilai dapat menambah nilai estetika yang modern pada bangunan.

Kanopi dari bahan ini memiliki banyak keunggulan, seperti dapat meredam panasnya terik matahari. Bahan ini sama sekali tidak menyerap panas dari sinar matahari, melainkan sinar tersebut hanya dipantulkan saja. Bahan ini juga dikenal sebagai bahan yang anti-korosi dan tidak mudah terdegradasi akibat sinar ultraviolet. Daya tahan penggunaan kanopi ini sangat tinggi.

  1. Kanopi Kaca Tempered

Selain dari kanopi kaca, ada juga yang namanya kanopi kaca tempered. Kanopi ini menawarkan tampilan yang transparan atau bertekstur. Pastinya ini menciptakan kesan stylish pada rumah. Anda bisa saja menggunakan kanopi ini pada bagian teras, sehingga bisa tetap terang tanpa perlu lampu di siang hari.

Kanopi kaca tempered tidak digunakan dengan tujuan sebagai atap carport. Anda bisa juga menggunakan kanopi ini sebagai atap yang menghubungkan dua bangunan. Penggunaannya bisa diaplikasikan sebagai atap di taman belakang. Hanya saja memang proses pembuatan dari kanopi jenis ini lebih lama dibandingkan dengan kanopi lainnya, seperti kanopi membrane.

Atap Onduline – www.eroofs.co.uk

  1. Kanopi Onduline

Kanopi Onduline ini tidak terbuat dari bahan yang mengandung metal berbahaya maupun asbes. Onduline dibuat dari bahan serat organik yang dikombinasikan dengan campuran bitumen dengan proses tekanan dan panas tinggi. Kanopi ini memiliki sifat yang ramah lingkungan dan cocok dipasang di berbagai jenis bangunan.

Anda sudah mengetahui berbagai macam dari atap kanopi. Sekarang saatnya Anda pesan melalui Importer.co.id atau +62 811-111-279. Kami juga melayani pemesanan terhadap material bangunan lainnya, seperti atap spandek, rumput sintetis, atap galvalum, dan lain sebagainya.

Check Also

Ingin Membuat Ruangan Berkonsep Etnis? Pakai Saja Lantai Parket

Lantai yang memiliki daya tahan lama selain keramik adalah lantai kayu dan lantai parket. Kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.