Mengapa Harus Pilih Atap Aluminium untuk Proyek Anda?

Atap aluminium sudah menjadi populer di antara kalangan para kontraktor. Atap tersebut juga banyak diminati oleh masyarakat berkat karakteristik yang dimilikinya. Bahkan atap ini juga bisa dipakai untuk tujuan lainnya, seperti tatakan pot tanaman dan membuat bengkel. Ada banyak sekali Do It Yourself (DIY) proyek yang memanfaatkan atap ini di Youtube.

Penggunaan atap ini sudah tidak hanya terbatas sebagai atap saja. Ada banyak orang yang berkreasi dengan atap ini dalam berbagai bidang. Mungkin Anda juga tertarik menggunakan material ini dan perlu memahami seluruh karakteristik dari atap ini. Anda juga perlu mengetahui alasan mengapa atap ini menjadi tinggi permintaannya di kalangan masyarakat.

Atap aluminium buka tutup – alexsunlouvre.com

Keunggulan Atap Aluminium

Pembahasan paling utama yang harus Anda ketahui adalah mengenai keunggulan material aluminium sebagai atap. Beberapa keunggulan atap aluminium yakni:

  • Proses Instalasi Mudah

Pemasangan atap aluminium sangat mudah dan bisa saja dilakukan secara mandiri. Hal yang perlu dilakukan saat memutuskan memasang secara DIY adalah mengukur luasan daerah yang akan dipasangi dengan atap ini. Kemudian memotong lembaran sesuai dengan ukuran.

Memasang dan mengencangkan dengan menggunakan paku ulir. Pemasangan secara mandiri sangat membantu dalam berhemat waktu, uang, dan tenaga. Berkat proses instalasi yang mudah ini, atap aluminium selalu ramai peminat.

  • Ringan

Anda pasti sudah mengetahui bahwa memasang atap dari tanah liat itu berat. Berbeda sekali dengan atap aluminium yang ringan. Anda akan bisa mengangkut atap aluminium dengan lebih mudah menggunakan transportasi. Selain itu, penggunaan dari atap ini dapat membantu mengurangi beban keseluruhan bangunan.

  • Kuat

Salah satu karakteristik yang harus dimiliki oleh semua atap adalah kuat. Pastinya karakteristik tersebut juga dimiliki oleh atap aluminium gelombang. Kekuatan yang dimiliki oleh logam aluminium ini lebih besar daripada jenis metal lain, selain baja.

  • Anti-Karat

Ada banyak orang yang khawatir dengan penggunaan atap dari logam, karena dapat terjadi korosi. Namun menggunakan aluminium sebagai atap bisa mengurangi kecemasan tersebut, karena logam ini memiliki karakteristik anti-karat. Bahkan, penggunaan sudah diuji di berbagai lingkungan yang memiliki tingkat korosi tinggi.

Atap aluminium – flataluminumsheet.com

  • Hemat Energi

Sebagian besar logam memang dapat menyerap panas dengan cepat. Hanya saja hal tersebut tidak berlaku pada atap aluminium. Golongan logam aluminium mampu memantulkan sinar matahari dan bisa tetap sejuk saat siang hari.

Ini bisa membantu Anda dalam mengurangi biaya penggunaan listrik AC. Bahkan ada banyak masyarakat yang tinggal di negara empat musim juga menggunakan atap ini. Ternyata aluminium sebagai atap bisa menyimpan panas di dalam ruangan saat musim salju tiba.

Hal ini cukup mengurangi beban kerja dari mesin pemanas ruangan pada saat musim dingin. Menghemat listrik berarti membantu dunia mengurangi jumlah bahan bakar yang harus digunakan demi menghasilkan listrik.

  • Ramah Lingkungan

Sebagian material yang digunakan untuk membuat atap aluminium masuk dalam kategori bahan yang bisa didaur ulang. Jumlah bahan yang bisa dilakukan daur ulang mencapai 90%. Memesan atap aluminium ini sama saja dengan membantu melestarikan lingkungan.

  • Daya Tahan Lama

Tak tanggung-tanggung berkat struktur yang kokoh, atap ini mampu bertahan sampai dengan 50 tahun. Ada beberapa grade yang memungkinkan atap aluminium dapat bertahan lebih dari 50 tahun. Ini bisa menjadi salah satu investasi Anda, sehingga tidak perlu sering ganti atap. Berbagai produk atap lainnya hanya mampu bertahan dalam kurun waktu 10 – 12 tahun.

  • Lentur

Aluminium bisa dilelehkan dan dibentuk, sehingga struktur fleksibel ini sangat membantu dalam berbagai perancangan proyek bangunan. Atap aluminium ini benar-benar dapat berfungsi sebagai alternative atap yang memiliki segudang manfaat.

  • Memenuhi Aspek Estetika

Atap yang terbuat dari material aluminium memiliki bentuk yang bervariasi dan bisa disesuaikan dengan keperluan estetika proyek. Anda bisa saja memesan atap ini dengan sentuhan konsep modern, maupun tampilan kontemporer. Atap ini ada yang tersedia dalam bentuk bisa dibuka dan ditutup dan biasa disebut atap aluminium buka tutup.

  • Proses Aplikasi Atap Lebih Aman

Aluminium roofing memiliki struktur yang kokoh, sehingga tahan terhadap berbagai macam benda yang jatuh ke atas atap. Selain dari kokoh, atap ini juga memiliki kemampuan tidak mudah terbakar. Sudah pasti kedua aspek tersebut sangat berhubungan dengan keselamatan penghuninya.

Kekurangan Atap Aluminium

Rumah dengan atap aluminium – edilportale.com

Keunggulan dari atap tersebut memang sangat banyak. Namun atap aluminium memiliki kekurangan yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya. Beberapa kekurangan dari atap tersebut bisa Anda simak berikut.

  • Harga Lebih Tinggi dari Atap Campuran Baja-Zinc

Atap aluminium ditawarkan dengan harga lebih tinggi daripada atap Steel-Zinc. Namun memang kualitas yang diberikan setara dengan harga yang ditawarkan.

  • Mengeluarkan Suara Berisik

Beberapa pemilik rumah dengan atap ini mengeluh adanya suara berisik saat hujan deras dan hujan salju. Guna mengurangi suara berisik tersebut, pengguna atap aluminium diharapkan memasang peredam suara juga. Ini bisa mengurangi dampak suara berisik yang ditimbulkan.

  • Tampilan Membosankan Setelah Bertahun-Tahun

Aluminium merupakan jenis logam yang sangat tahan terhadap lingkungan korosif. Hal ini akan membuat tampilan eksterior rumah menjadi tampak membosankan setelah bertahun-tahun. Biasanya pemilik rumah mengakali dengan melakukan pengecatan terhadap atap saat ingin berganti suasana eksterior.

  • Bisa Penyok

Aluminium memang memiliki struktur yang kokoh, tetapi logam ini tetap dapat penyok. Beberapa cuaca yang ekstrim, seperti badai salju dapat menyebabkan atap dari aluminium penyok. Namun Anda yang tinggal di Indonesia, tidak perlu khawatir akan terjadinya badai salju tersebut. Hal ini membuat atap ini sangat digemari oleh masyarakat.

Perbedaan Baja dengan Aluminium

Anda yang berminat untuk membeli atap aluminium harus memahami apa perbedaannya dengan atap baja. Sebagian besar orang masih belum dapat membedakan keduanya. Beberapa perbedaan tersebut akan dijelaskan berikut.

  • Kelenturan

Perbedaan yang pertama antara atap aluminium dan atap baja adalah berdasarkan kelenturannya. Aluminium termasuk dalam logam yang elastis dan mudah dibentuk mirip plastik. Kelenturan tersebut membuat atap ini ditawarkan dengan harga 20% lebih mahal dari atap baja.

  • Ketahanan terhadap Korosi

Aluminium memiliki sifat lebih susah mengalami korosi daripada baja. Hal ini bisa dibuktikan dari penggunaan baja yang ada di pinggir laut. Meskipun sudah dicat, baja tetap memiliki potensi untuk mengalami korosi.

  • Konduktivitas

Baja tidak menyimpan panas, seperti aluminium. Tak hanya mampu menghantarkan panas dengan baik, aluminium juga dapat menghantarkan listrik dengan baik.

  • Ketahanan terhadap Api

Baja memiliki titik leleh lebih tinggi daripada aluminium. Dalam beberapa kasus, penggunaan atap baja memang lebih bagus daripada atap aluminium.

  • Ketebalan

Atap baja biasa dijual berdasarkan ukuran mulai dari 24 sampai 26. Sedangkan atap aluminium biasa dijual berdasarkan ketebalannya yaitu mulai dari 0,23 sampai 0,40 lebar.

Pemesanan atap aluminium harga terjangkau bisa dilakukan melalui kami di Importer.co.id atau +62 811-111-279. Anda juga akan dapat melakukan pemesanan material bangunan lainnya, seperti rumput sintetis, foam brick, lantai vinyl, dan lain sebagainya.

Check Also

Ingin Membuat Ruangan Berkonsep Etnis? Pakai Saja Lantai Parket

Lantai yang memiliki daya tahan lama selain keramik adalah lantai kayu dan lantai parket. Kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Deprecated: Function create_function() is deprecated in /home/importer/public_html/wp-content/plugins/seo-ultimate/includes/jlfunctions/arr.php on line 64