Home / Blog / Selain Keramik, Ini 7 Tipe Lantai untuk Rumah Idaman
Selain Keramik, Ini 7 Tipe Lantai untuk Rumah Idaman

Selain Keramik, Ini 7 Tipe Lantai untuk Rumah Idaman

Hunian yang nyaman tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Tapi tentunya bukan sekedar nyaman saja dong, rumah idaman haruslah indah dan juga elegan, hingga bisa membuat betah setiap yang  bertandang ke rumah kita.

Nah, selain memilih desain interior yang baik, pilihan furniture pun tak ketinggalan menjadi salah satu prioritas banyak orang untuk menghadirkan hunian yang indah nyaman. Bukan hanya itu, ada satu lagi elemen dari rumah yang bisa jadi nilai tambah yang memperindah tampilan rumah, baik untuk interior maupun eksteriornya, yaitu lantai.

Ya, sampai sekarang, lantai keramik masih menjadi lantai yang paling populer di Indonesia. Aplikasinya mulai dari rumah di pedesaan hingga di kota besar, keramik jadi lantai paling banyak digunakan. Tapi, bagi yang mau rumah impian antimainstream, maka bisa menggunakan jenis laintai rumah lainnya.

Salah satunya adalah lantai parket. Bukan hanya indah dan unik, harga lantai kayu parket permeter ini juga lumayan terjangkau. Apalagi jika beli dalam jumlah besar untuk mencukupi keperluan seluruh rumah.  Maka, kita bisa dapat harga yang lebih murah. Untuk lebih detailnya, mari kita lihat aneka jenis lantai yang beragam dan juga menawarkan keindahan tersendiri untuk hunian impian kita.

Ini 7 Tipe Lantai untuk Rumah Idaman

  • Lantai vinyl

Lantai ini sudah banyak dikenal oleh orang. Vinyl sendiri merupakan bahan penutup lantai yang terbuat dari polimer sintetik yang penampilannya dipercantik dengan pigmentasi dan juga penambahan warna hingga hadir dengan motif yang unik dan juga menarik. Berbagai corak hadir yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Seperti halnya harga lantai kayu parket permeter, lantai vinyl ini juga bisa dibeli borongan dan diaplikasikan untuk rumah impian.

Jika selama ini kita tahu bahwa lantai vinyl ini memiliki corak kayu, maka ada corak lainnya yang wajib kita tahu, yakni berupa bebatuan alam, kulit hewan, ubin, hingga corak keramik terkini.

Jenis lantai vinyl cukup beragam, seperti ubin vinyl dan juga papan vinyl. Perbedaannya adalah pada ubin vinyl, permukaannya kebanyakan menyerupai marmer atau keramik klasik, yang menyerupai material aslinya. Sedangkan papan vinyl berbentuk papan dan sangat mirip dengan potongan lantai hard wood atau seperti lantai kayu asli.

  • Lantai bambu alami

Dari namanya, mungkin yang ada di benak orang adalah jensi lantai yang terbuat dari bilahan bambu. Namun bukan demikian, lantai ini adalah lantai alami yang sering digunakan pada hunian-hunian modern terkini. Bahannya adalah dari bambu yang diolah menjadi potongan padat, hingga berbentuk layaknya potongan lantai dengan teknik press.

  • Lantai bambu cetakan

Selain bambu alami, ada pula bambu cetakan. Lantai jenis ini masih mengguakan materi bambu asli. Prosesnya adalah dengan mengolah bambu menjadi bubur kayu, baru kemudian dicampur dengan bahan perekat. Akhirnya, bahan tersebut dicetak kemudian, dicetak menjadi potongan lantai.

Dibanding jenis lantai lain, harga dan kualitasnya pun berbeda. Seperti lantai kayu parket yang sudah populer lebih dahulu, sebelum lantai bambu muncul. Harga lantai kayu parket permeter pun lebih bisa dijangkau dibanding dengan harga lantai alam dari bambu ini.

  • Lantai karpet

Banyak yang mengenal karpet sebagai alas duduk atau sebagai pemanis interior belaka. Padahal, karpet bisa juga dijadikan pelapis lantai rumah yang indah dan juga berkelas. Namun, aplikasinya banyak dilakukan oleh orang-orang di kawasan subtropis atau rumah yang menggunakan AC di segala penjuru rumahnya. Jika di Indonesia, karpet sebagai pelapis lantai bisa ditemui di hotel-hotel berbintang dan gedung perkantoran.

Untuk sebuah rumah, karpet ini memiliki berbagai manfaat, seperti meminimalisir cidera pada anak yang sedang bermain di lantai. Karena lapisannya karpet, maka anak tidak akan merasa sakit ketika terjatuh.

  • Lantai kayu alami

Meskipun sama-sama lantai kayu, lantai kayu parket dan lantai kayu solid berbeda. Harga lantai kayu parket permeternya pun akan berbeda. Orang biasanya memilih lantai kayu solid atau parket karena masalah kualitas. Sedangkan masalah motif dan warnanya bisa saja sama. Ketebalan kayu dan jenis kayunya sendirilah yang membedakan harganya.

Tampilan natural dari sebuah lantai rumah adalah saya tarik paling kuat dan menjadi salah satu alasan orang memilih lantai ini. Lantai kayu alami ini disebut juga dengan hard wood floor, dibuat dari potongan pohon yang diolah dan dicampur dengan bahan lain hingga membuat lantai ini berkualitas baik.

Bahkan bisa dikatakan bahwa jenis lantai ini memiliki kualitas premium dan memberikan kesan mewah bagi sebuah rumah. Dibanding harga lantai kayu parket permeter, harga hard wood tergolong lebih mahal bahkan bisa jadi jenis lantai paling mahal dan prestise. Jenis kayu yang dipakai seringklai berupa: kayu jati, merbau, oak, dan sonokeling.

  • Lantai ubin kayu mengambang

Kini ada jenis lantai yang cukup menakjubkan, yakni lantai ubin kayu mengambang, merupakan teknologi baru. Pembuatan  lantai kayu ini cukup unik, yakni dengan menghaluskan potongan kayu keras dan menjadi serbuk-serbuk. Kemudian, dicampur dengan bahan lain hingga menyatu baru kemudian, cmapuran dipress dengan meisn khusus. Dengan berbagai proses berikutnya, maka lantai jenis ini sudah siap menjadi alas rumah yang cukup unik.

Check Also

Menghindarkan Kecelakaan di Jalanan Berkabut -Inilah Fungsi Lampu Tembak yang Perlu Anda Ketahui - fickr.com

Inilah Fungsi Lampu Tembak yang Perlu Anda Ketahui

Ada beragam jenis lampu yang tersedia di pasaran. Mulaidari bohlam biasa untuk rumah; lampu neon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.