Home / Blog / Tempat Importir Sandwich Panel Kualitas Tinggi
Tempat Importir Sandwich Panel Kualitas Tinggi

Tempat Importir Sandwich Panel Kualitas Tinggi

Dalam membangun bangunan saat ini tidak hanya membutuhkan batu bata atau kayu. Ada alternative lain untuk membangun bangunan dengan menggunakan sandwich panel sebagai pengganti dinding atau atap. Sandwich panel merupakan salah satu material bangunan yang terbuat dari 2 pelat zincalume. Pelat ini direkatkan dengan bahan yang berbeda-beda. Sandwich panel biasanya juga disebut dengan insulated sandwich panel.

Material ini banyak digunakan pada bangunan yang membutuhkan tingkat kebersihan tinggi. Tak jarang suatu bangunan mennyekat menggunakan material ini untuk menyekat antar ruangan. Bahan ini biasanya diimpor dari luar negeri. Importir sandwich panel luar negeri dinilai lebih baik kuaitasnya dibandingkan dalam negeri.

Sandwich panel bisa diaplikasikan pada semua bangunan modern. Namun tak banyak diaplikasikan untuk bangunan rumah biasa. Kebanyakan rumah di Indonesia bahkan masih menggunakan batu bata atau kayu. Material ini justru banyak daplikasikan untuk penyekat bangunan di rumah sakit, industri makanan, garmen, farmasi, serta elektronik sebagai “ruang bersih” atau “clean room”.

Dalam hal ini sandwich panel dibutuhkan untuk menyediakan ruangan yang bersih dan tidak mudah dihinggapi debu. Menggunakan dinding batu bata memungkinkan untuk debu selalu menempel. Sandwich panel juga bisa digunakan sebagai cold room dan freezer yang ada pada industri makanan dan industri lain. Beberapa juga menggunakan sandwich panel untuk membuat atap. Dinding buatan ini multifungsi dalam pembuatan bangunan modern. Importir sandwich panel ini masih seputar bangunan modern perkotaan.

Ruangan dengan sandwich panel akan memberikan kesan yang sangat berbeda. Jika bangunan dibangun dengan menggunakan sandwich panel maka jendela dan pintu tidak menggunakan jenis yang biasanya. Akan ada jendela dan pintu khusus yang dipasang serasi dengan dinding sandwich panel. Disebutnya sebagai insulated door and window.

Biayanya jelas lebih mahal dibandingkan dengan membangun bangunan tanpa sandwich panel. Namun hasilnya bisa dibilang lebih bagus dibandingkan bangunan lainnya. Bangunan akan terkesan modern dan tentunya akan terlihat bersih, sekalipun menggunakan warna putih sebagai basic warnanya.

Meski demikian importir sandwich panel akan menyediakan dengan warna yang sama dan kemudian di cat untuk menyesuaikan. Bangunan dengan sandwich panel bisa dilihat pada sekat-sekat rumah sakit modern. Biasanya bisa dijumpai pada rumah sakit besar di kota besar.

Sandwich panel dibuat dengan menggunakan pelapis insulasi yang berbeda-beda. Berdasarkan perbedaan jenis insulasinya tersebut maka sandwich panel bisa dikelompokkan menjadi 3 jenis sebagai berikut:

  1. Glasswol panel yang mana menggunakan insulasi dari glasswool. Glasswool merupakan isolator yang baik yakni tahan api dan juga tahan gas beracun saat material ini terbakar. Jadi jika ada kebakaran memungkinkan ruangan untuk tidak menyebarluaskan api seperti yang banyak terjadi pada bangunan-bangunan saat kebakaran. Sangat cocok digunakan untuk bangunan yang mudah terbakar seperti pada bagian produksi suatu industri.
  2. PUR panel yang mana menggunakan polyurethane sebagai bahan insulasi. Sandwich panel jenis ini berbeda dengan jenis sebelumnya. Kebalikan dari glasswool panel yang tahan api, PUR panel ini bisa dibilang hemat energy, selain itu bisa juga digunakan untuk dinding pendingin. Sangat cocok digunakan untuk bangunan yang membutuhkan hawa dingin seperti gudang makanan.
  3. EPS panel yang mana menggunakan expanded polymere sebagai bahan insulasinya. Sandwich panel jenis ini bisa dikatakan mirip dengan glasswool panel yang mana tahan api. Selain itu jenis sandwich panel ini juga ringan. EPS panel ini merupakan panel yang paling ringan diantara jenis lainnya meskipun dengan ketebalan yang sama.

Semua sandwich panel menurut importir sandwich panel tersedia dalam berbagai ketebalan. Dimulai dari 40 hingga 200 mm. ketebalan setiap jenis sandwich panel berbeda-beda. Jenis sandwich panel EPS Panel yang memiliki variasi ketebalan hingga 200 mm. Untuk kedua jenis lainnya seperti glasswool panel hanya tersedia dalam ukuran 50 hingga 125 mm saja.

Sementara PUR Panel memiliki variasi ketebalan mulai dari 50 hingga 150 mm. ketebalan sandwich panel ini dipilih berdasarkan kebutuhan pemakai atau kebutuhan bagunan yang akan dibuat. Tentunya semakin tebal akan semakin kokoh. Namun kembali lagi disesuaikan dengan fungsi bangunan yang akan dibangun karena harga sandwich panel dengan ketebalan yang besar juga mahal.

Kebutuhan modern saat ini memang terlihat semakin rumit. Konstruksi biasa akan sedikit sulit untu menghasilkan bangunan yang rumit, terlihat bersih, dan elegan. Itulah sebabnya sandwich panel digunakan sebagai salah satu bahan baku atau material pembuatan bangunan.

Menggunakan sandwich panel akan membuat pekerjaan lebih cepat sehingga hemat tenaga, waktu dan juga biaya. Dimasa depan, importir sandwich panel mungkin akan menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Akan semakin banyak bangunan modern yang dibangun dan tidak lagi dengan diding bata atau kayu. Berikut ini adalah berbagai keuntungan dengan menggunakan sandwich panel:

  1. Efesiensi energy

Menggunakan sandwich panel bisa menghemat penggunaan listrik, terutama untuk pendingin. Hal ini berkaitan dengan kelebihan sandwich panel yang bisa menyesuaikan suhu dan juga suara. Hal ini menyebabkan penggunaan listrik berkurang.

  1. Mudah dipasang

Menggunakan dinding dengan bahan sandwich panel akan mempermudah pengerjaan bangunan. Dengan kata lain, menggunakan sandwich panel akan menghemat waktu. Dengan hemat waktu maka biaya pemasangan juga akan berkurang karena hanya dibutuhkan sedikit tenaga untuk memasangnya.

  1. Tampak stylish

Sandwich panel banyak digunakan pada bangunan-bangunan moden karena tampak rapih, kokoh, dan juga bersih. Sehingga bangunan dengan menggunakan sandwich panel akan tampak elegan. Maka sangat cocok digunakan pada bangunan-bangunan modern. Tak heran bila importir sandwich panel lebih banyak menawarkan untuk kebutuhan konstruksi perkotaan.

  1. Tahan pana

Tak bisa dipungkiri memang sandwich panel banyak kelebihannya. Salah satunya adalah tahan panas. Sehingga adem digunakan untuk lingkungan tropis seperti Indonesia.

  1. Ramah ligkungan

Dengan penggunaan sandwich panel tentunya mengurangi penggunaan kayu sebagai salah satu bahan bangunan. Oleh karenanya menggunakan material ini dapat menjaga lingkungan tetap asri.

Cari Importir Sandwich Panel

Sandwich panel memang akan menjadi material bangunan masa depan. Importir sandwich panel pun semakin banyak. Namun di Negara Indonesia sepertinya masih banyak yang impor ketimbang membeli di dalam negeri. Mungkin karena perbedaan kualitas sandwich panel tiap Negara berbeda. Bisa juga karena selera konsumen. Importir sandwich panel terbaik salah satunya berasal dari Cina.

Sudah bisa dilihat bahwa Negara ini memang banyak mengimpor kebutuhan bahan baku salah satunya sandwich panel terbaik. Jika ingin membangun bangunan dengan menggunakan material sandwich panel, maka mengimpor dari Cina akan lebih baik. Apalagi harga yang ditawarkan biasanya lebih miring.

Namun kembali kepada selera anda. jika memang produk lokal lebih baik, mengapa tidak? Banyak juga sandwich panel lokal yang kualitasnya tak kalah dengan barang impor. Anda bisa mencari penjualan material ini melalui internet, ada banyak penawaran disana.

Check Also

Bisnis Impor Yang Menguntungkan

6 Tips Sukses Memulai Dan Menjalankan Bisnis Impor Yang Menguntungkan

Di tahun ini dan tahun-tahun mendatang, bisnis menjadi salah  satu yang memiliki prospek yang besar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.