Home / Mainan Anak / Menengok Kesuksesan Bisnis Mainan Anak yang Dijalankan Mattel Inc, Perusahaan Produsen Hot Wheels
Bisnis Mainan Anak - style.over.net
Bisnis Mainan Anak - style.over.net

Menengok Kesuksesan Bisnis Mainan Anak yang Dijalankan Mattel Inc, Perusahaan Produsen Hot Wheels

Banyak jalan untuk menjadi seorang pebisnis. Salah satunya adalah berkecimpung di bisnis mainan anak. Potensi bisnis ini tidak kalah dibandingkan dengan bisnis lain. Buktinya, banyak perusahaan yang sukses dengan beragam produk mainannya. Mattel Inc adalah salah satu contohnya.

Mattel kini dikenal sebagai salah satu perusahaan mainan terbesar dunia. Produk yang mereka pasarkan juga sangat beragam, tidak hanya untuk laki-laki, tapi juga anak perempuan. Produk-produk tersebut antara lain adalah boneka Barbie, mainan mobil-mobilan Hot Wheels, ataupun beragam merchandise Warner Bros.

Sejarah Mattel

Bisnis Mainan Anak
Bisnis Mainan Anak

Mattel berdiri pada tahun 1945 oleh pasangan, Elliot dan Ruth Handler. Pada awal pendiriannya, Mattel bukanlah sebuah perusahaan mainan. Elliot dan Ruth menjual produk furnitur, dan mereka melakukannya dengan memanfaatkan garasi rumah.

Bisnis ini cukup sukses, terbukti mereka berhasil menggandeng empat partner dan punya valuasi mencapai US$2 juta. Hanya saja, sempat terjadi permasalahan dengan partner, Elliot dan Ruth akhirnya harus mengalami kerugian. Tak lama, Ruth dan Elliot bertemu dengan Harold “Matt” Matson dan memutuskan untuk mendirikan Mattel.

Mereka tak lagi menjual produk furnitur, melainkan berganti menjadi bingkai foto yang terbuat dari plastik dan kayu. Bisnis ini cukup sukses, hingga akhirnya banyak kompetitor yang menjiplak. Di sinilah, Mattel berusaha untuk berinovasi menciptakan kotak musik yang unik dan berbeda dengan produk lain di pasaran. Dari pengalaman itu pula, mereka melihat potensi besar dari bisnis mainan anak.

Berbagai upaya mereka lakukan untuk terjun dalam bisnis ini. Mereka pernah menjadi sponsor acara Mickey Mouse Club di stasiun televisi ABC. Usaha keras yang dilakukan oleh Elliot dan Ruth akhirnya membuahkan hasil ketika mereka memperkenalkan boneka Barbie pada tahun 1959.

Sejak itu, nama Mattel terus meroket. Mereka semakin gencar dalam meluncurkan produk baru.Tidak lupa, diversifikasi produk mereka lakukan, termasuk dengan meluncurkan produk mobil mainan Hot Wheels.

Inovasi Menjadi Senjata Utama Mattel Bersaing di Bisnis Mainan Anak

Bisnis Mainan Anak
Bisnis Mainan Anak

“Toy time is holding steady, but kids are spending more time on digital, and toys need to adapt.”

Margo Georgiadis, CEO Mattel Inc

Margo Georgiadis yang merupakan mantan karyawan Google dan kini menjabat sebagai CEO Mattel mengungkapkan kalau inovasi menjadi senjata utama Mattel bersaing di bisnis mainan anak. Berbagai inovasi yang telah diciptakan oleh Mattel berhasil membuat mereka menjadi perusahaan besar.

Pada tahun 2014, Mattel Inc dikenal sebagai perusahaan mainan dengan pemasukan terbesar kedua dunia di bawah Lego. Tak hanya itu, mereka juga memiliki reputasi sebagai salah satu perusahaan yang masuk dalam daftar Fortune 500, tepatnya di posisi 403. Jumlah karyawan yang mereka miliki saat ini pun mencapai lebih dari 25 ribu orang dan tersebar di berbagai negara.

Menengok kesuksesan Mattel tersebut, menjalani bisnis mainan anak menjanjikan potensi kesuksesan tak kalah dibandingkan bisnis lain. Apalagi, untuk memulai bisnis ini juga tidak terlalu sulit. Tidak perlu menjadi produsen, Anda bisa memilih untuk memasarkan produk mainan dengan mendatangkan produk dari China.

Baca Juga:

Cara mendatangkan produk-produk mainan dari China tersebut juga tidak repot. Anda bisa menggunakan jasa dari Importer.co.id. Kami menyediakan layanan yang memudahkan Anda dalam mengimpor berbagai produk mainan anak yang berkualitas dan bisa dipasarkan dengan harga murah.

Berbagai hal terkait perizinan ataupun pengiriman, tidak perlu Anda pusingkan. Anda tinggal duduk dan menunggu kedatangan produk pesanan di gudang. Selanjutnya, tinggal menjalankan bisnis mainan anak dan mulai menjadi pengusaha sukses.

Check Also

Penuhi Hasrat Anak dengan Pergi ke Grosir Mainan Anak Murah

Penuhi Hasrat Anak dengan Pergi ke Grosir Mainan Anak Murah

“Toys are put on this Earth to be played with by a child.” — John …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.