Home / Mainan Anak / Pelajari 9 Tips Memilih Mobil Remote Berkualitas agar Tidak Tertipu
Kenali Fungsi Tiap Jenis Mobil RC - Pelajari 9 Tips Memilih Mobil Remote Berkualitas agar Tidak Tertipu
Walmart

Pelajari 9 Tips Memilih Mobil Remote Berkualitas agar Tidak Tertipu

Kenapa Mobil Remote Mudah Rusak?

Kenapa Mobil Remote Mudah Rusak - Pelajari 9 Tips Memilih Mobil Remote Berkualitas agar Tidak Tertipu
Pinterest

“There is never enough time to enjoy what you love.” – Joyce Rachelle

Kutipan milik Joyce Rachelle sangat pas untuk para pencinta mobil remote. Kini mainan satu ini tidak hanya digemari anak-anak, melainkan juga orang dewasa. Mainan yang memiliki alat pengendali tersebut dijadikan barang koleksi sekaligus hobi yang menguntungkan. Pasalnya, banyak perlombaan terkait mobil remote yang dapat diikuti nantinya.

Bagi yang sudah profesional, tidak akan ada kendala ketika mengoleksi mobil dengan pengendali tersebut, baik ketika merawat maupun membeli. Namun, bagaimana bila masih pemula yang baru berniat masuk dalam dunia mainan RC?

Umumnya, ada kendala yang dapat berakibat pada kerusakan mobil. Selain karena kelalaian, juga dapat disebabkan salah membeli. Lantaran tidak hati-hati, maka yang didapat adalah barang palsu atau tiruan yang memakai bahan berkualitas rendah sehingga mudah rusak setelah pemakaian beberapa kali, atau terlalu terpengaruh dengan merek dan harga mahal sehingga kurang meneliti komponen yang ada. Akibatnya, terdapat beberapa kerusakan terkait pemasangan IC yang tidak benar sehingga mobil mengalami masalah tertentu; seperti tidak bisa jalan maju atau mundur, atau tidak mampu mengikuti arahan remote untuk bergerak ke samping kanan maupun kiri.

Untuk mengantisipasi agar mobil yang sudah dibeli tidak masuk ke tumpukan barang rusak, Anda dapat mempelajari tips-tips berikut. Agar kelak bisa sedikit lebih hati-hati sehingga barang awet dan tahan lama.

Tips Membeli Mobil Remote Berkualitas agar Tidak Mudah Rusak

1. Tentukan Bujet Sebelum Membeli

Tentukan Bujet Sebelum Membeli - Pelajari 9 Tips Memilih Mobil Remote Berkualitas agar Tidak Tertipu
Kmart

Sebelum memutuskan untuk menjadikan mobil-mobilan yang beroperasi menggunakan remote ini sebagai hobi, Anda pasti sudah memiliki gambaran berapa bujet yang harus dikeluarkan. Rata-rata harga RC Hobby Grade di atas satu jutaan, sebab menggunakan teknologi yang lebih canggih dari kelas RC Toys. Bisa dilihat dari segi sumber daya yang jelas berbeda jauh antara dua kelas tersebut.

RC kelas hobi menggunakan teknologi Proportional (Propo); ketika Anda menekan ​throtle pelan, maka laju mobil pun akan ikut melambat. Semakin ditekan ​throtle, mobil akan melaju semakin kencang dan masuk pada akselerasi penuh. Hal ini terjadi karena adanya transmisi 2 atau 3 pada kelas hobi.

Berbeda jika RC kelas mainan yang masih memanfaatkan teknologi QD (Quick Drive). Ketika Anda menekan ​throtle pelan atau keras, tidak akan berpengaruh pada laju mobil. Kecepatan sudah masuk akselerasi penuh pada awal dimainkan, tanpa adanya transmisi dan tidak bisa lagi melambat.

Dengan satu perbedaan itu, maka jangan kaget jika harga satu buah mobil RC untuk kelas hobi bisa sampai 15 juta rupiah dengan ​spare part yang terpisah. Karena itu, tentukan bujet sejak awal agar belanja mobil RC lebih terkendali sehingga tidak terlalu menguras kantong.

2. Sesuaikan dengan Karakter Diri Anda

Agar mobil yang dibeli tidak sia-sia karena tidak bisa dimainkan, maka pilih sesuai karakter diri dan kesukaan Anda. Jika menyukai petualangan, bisa mencari mobil-mobil bertipe drift car. Berbeda jika menyukai tipe mobil besar yang dapat dipakai di segala medan, maka bisa memilih jenis ​truggy car maupun ​truck yang memiliki ​body besar​.

Namun, jika Anda tipikal penyuka mobil standar, maka ​street car bisa menjadi pilihan. Lain halnya jika Anda adalah seorang kolektor sejati yang tidak mempermasalahkan harga. Maka, mobil-mobil unik semacam replika mobil balap Ferrari, BMW, dan Lambhorgini, bakal menjadi pilihan. Selain unik, juga bernilai jual tinggi.

3. Jika Bingung Ingin Membeli Apa, Sebaiknya Membeli Mobil Tipe Offroad

Kenapa ​off-road? Karena mobil ini cocok untuk segala medan, baik jalanan beraspal maupun jalanan berbatu dengan medan keras. Jadi, cocok bagi pemula yang ingin menggeluti permainan mobil remote control.

Ya, daripada Anda memaksakan membeli mobil jenis ​drift car lantaran suka dan terlihat seru ketika melihat orang lain memainkannya, tetapi tidak mempunyai kemampuan untuk mengendalikan ​drift ataupun ​race treck dengan ​buggy. Maka, lebih baik memilih mobil yang sekiranya bisa dikuasai dengan mudah tanpa perlu pengalaman ataupun kemampuan tertentu.

Jika memaksakan keinginan, mobil ​drift yang harusnya dapat countersteer sambil ​long drift, justru hanya berputar-putar tidak jelas di atas lantai. Selain membuang uang, juga akhirnya rasa frustrasi yang timbul.

Dengan memilih tipe ​off-road, Anda juga bebas berkarya. Dapat mengatur kecepatan mobil dari tinggi hingga ke posisi rendah, tanpa takut akan merusaknya. Semua bisa dicoba berulang-ulang untuk melatih kemampuan dalam bermain sebelum menunjukkan pada orang lain nantinya.

Ketika kemampuan sudah meningkat dan dana terkumpul, maka Anda dapat meng-upgrade-nya ke jenis yang disukai, seperti tipe ​draf maupun ​crawler.

4. Jangan Tergiur dengan Embel-Embel “Murah”

Hati-hati ketika membeli mobil dengan pengendali remote ini secara ​online. Jangan mudah tergiur dengan label “murah”. Apalagi jika tertulis diskon besar-besaran. Bisa jadi itu barang palsu atau tokonya fiktif dan hendak melakukan penipuan.

Sebaiknya Anda melakukan survei lebih dari satu tempat. Bandingkan harga antara satu toko dengan toko yang lain. Cek juga kelebihan dari setiap toko melalui detail produk. Pastikan pula akun media sosial toko dapat dicari dengan mudah di internet dan dikenali oleh komunitas pengoleksi mobil RC, sehingga Anda dapat meminta saran dan pendapat.

Jika masih tergiur dengan harga murah yang dipasang, Anda dapat mencoba memesan produk dengan harga paling murah. Dari pemesanan tersebut, dapat dilihat bagaimana kualitas bahan dari spare part yang dijual, kelengkapan produk dalam box, serta apakah barang yang dipesan sampai ke rumah ataukah penjual mangkir dengan berbagai alasan hingga barang tidak dikirim.

Sekali Anda menemukan satu toko tepercaya dengan harga bersahabat, maka Anda akan mudah dalam berbelanja. Tanpa takut terkena kasus penipuan.

5. Barang Mahal Tidak Selamanya Bagus

Ungkapan jika barang yang dibeli dengan harga mahal sudah pasti bagus tidak berlaku untuk mobil RC kelas hobi. Pasalnya, ada mobil keluaran produsen China, tetapi dibeli oleh perusahaan Amerika dan diberi merek mereka untuk kemudian dipasarkan dengan harga tinggi. Padahal, kualitas yang didapat hanya selisih sedikit dengan mobil yang dipasarkan oleh Negeri Tirai Bambu tersebut.

Sementara harga memiliki rentang yang cukup jauh. Karena rata-rata harga mobil RC keluaran China lebih murah dan terjangkau kantong semua kalangan. Namun, dari segi kualitas lebih unggul dari mobil yang dipasarkan oleh perusahaan Amerika.

Bagaimanapun, harga mahal bukan jaminan kualitas dan bahan. Telitilah sebelum membeli. Mengorek informasi mengenai pembuat mobil tersebut bisa dilakukan melalui internet dan bertanya pada komunitas.

6. Pahami RTR dan ARTR agar Tidak Tertipu

Ketika Anda hendak membeli kit mobil RC, maka Anda harus tahu apa istilah RTR dan ARTR agar tidak tertipu. RTR (​Ready to Run) merupakan satu paket lengkap mobil remote yang sudah dalam bentuk jadi, sehingga Anda tinggal memainkannya di rumah. Tanpa harus susah payah merakit atau membeli ​spare part lain secara terpisah.

Sementara ARTR (​Almost Ready to Run), memiliki beberapa ​spare part yang dijual secara terpisah, seperti transmitter atau baterai yang tidak termasuk dalam satu paket pembelian. Paket ARTR cocok untuk profesional yang sudah tahu bagaimana mengoperasikannya dan memilih ​spare part yang pas.

Namun, bagi seorang pemula, sangat dianjurkan untuk membeli paket RTR. Sebab, Anda cukup membaca petunjuk memainkan, tanpa harus memikirkan ​spare part yang belum ada ataupun merangkainya.

Umumnya, dalam satu paket RTR, terdiri dari:

  • KIT mobil remote control lengkap dengan ​shock breaker serta ban.
  • ESC ​(Electronic Speed Controller)
  • Servo yang difungsikan untuk menggerakkan ​steering agar bisa berbelok
  • Baterai Lipo atau NimH, disesuaikan dengan paket yang dibeli. Antara memakai EP(Electric Proportional/Electric Powered) alias baterai atau GP (​Gas Powered) yang memakai nitro maupun ​
  • Tx (transmitter) maupun ​RX (receiver) yaitu remote pengendali serta bagian ​board atau papan penerima perintah yang sudah tersambung secara otomatis.
  • Buku manual.
  • Tool kit
  • Wall charger untuk mengisi ulang daya baterai ketika habis.

7. Pastikan Semua Kelengkapan Ada di dalam Boks

Ketika Anda membeli kit mobil RTR, maka pastikan semua kelengkapan yang disebutkan pada poin 6 ada di dalam boks. Jika salah satu kurang, maka segeralah komplain pada penjual agar dilengkapi. Sebab, jika satu saja hilang semisal baterai tidak dimasukkan atau remote tidak ada, maka mobil yang dibeli tidak akan dapat dimainkan. Akan membutuhkan dana tambahan lagi untuk dapat melengkapinya jika Anda ragu dan tidak segera melakukan protes pada penjual.

Selain itu, Anda juga harus memastikan kalau box yang diterima dalam keadaan tersegel tanpa ada kerusakan pada pembungkusnya. Selain kelengkapan yang tertera pada poin 6, pastikan juga keadaan ​body mobil, adanya kunci bawaan, serta terdapat stiker ​decal. Jika semuanya lengkap tanpa ada kerusakan, maka Anda bisa segera memainkan sesuai buku manual.

Sedikit memotret untuk mengabadikan momen ketika mobil RC datang juga bisa dilakukan. Selain untuk kepuasan pribadi, juga bisa menjadi patokan berapa lama mobil tersebut dapat bertahan. Anda dapat mengecek tanggalnya di kemudian hari yang tercatat pada kamera.

8. Kenali Fungsi Tiap Jenis Mobil RC

Sebelum membeli, Anda dapat mencari tahu terlebih dahulu mengenai jenis mobil RC beserta fungsinya. Pasalnya, tiap model memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan mengenalinya, Anda pun tidak akan salah membeli dan terhindar dari penipuan penjual yang hanya ingin meraup banyak keuntungan.

Ada 5 tipe yang umumnya beredar di pasaran, yaitu:

    • Street Car, cocok untuk jalanan datar tanpa hambatan di dalamnya, seperti berkelok atau jalanan berbatu yang menyusahkan.
    • Drift Car, merupakan jenis mobil yang memiliki tipe ban licin. Cocok untuk dimainkan pada jalanan ​on-road. Jika mampu mengendalikannya, maka permainan akan terasa semakin keren dengan ​long-drift-nya.
    • Buggy Car, tipe yang harus dimainkan pada jalanan beraspal.
    • Truggy Car. Mobil jenis ini cocok untuk pencinta tantangan karena dapat dimainkan pada jalanan ​off-road, serta pas untuk pemula yang baru mempelajari kemampuan mengendalikan mobil RC.
    • Truck, memiliki kelebihan pada ​body yang besar, sehingga terlihat keren dan gagah ketika dikoleksi. Cocok untuk arena ​off-road dan dapat dimainkan baik oleh pemula maupun profesional.

9. Jangan Malas untuk Mencari Informasi

Jangan Malas untuk Mencari Informasi - Pelajari 9 Tips Memilih Mobil Remote Berkualitas agar Tidak Tertipu
obchodvpraze

Tips terakhir ada pada kecekatan Anda dalam mencari informasi. Jangan jadi pembeli yang malas berburu informasi. Jadilah pembeli yang cerdas. Manfaatkan fasilitas internet yang ada dengan mengulik semua berita mengenai toko, macam-macam mobil RC, bahan, serta kelengkapan yang harus didapat ketika pertama kali membeli.

Anda juga dapat mencari komunitas pengoleksi RC dan bergabung. Meminta saran para senior yang sudah memiliki pengalaman dalam permainan RC agar tidak terkena penipuan. Pintar-pintarlah dalam mengolah informasi dengan membandingkan antara saran satu dengan yang lain. Jangan mudah tergiur dengan bujuk rayu atau embel-embel “murah”. Agar barang yang didapat berkualitas dan harganya cukup terjangkau untuk kantong Anda yang terbatas.

Cara Merawat Mobil Remote

Cara Merawat Mobil Remote - Pelajari 9 Tips Memilih Mobil Remote Berkualitas agar Tidak Tertipu
Amazon

Setelah Anda mendapatkan mobil mainan sesuai keinginan, fungsi, dan bujet, tentu perawatan harus dilakukan. Dengan begitu, mobil dapat bertahan lama dan tidak mudah rusak sekalipun pemakaian cukup intens.

Nah, untuk perawatannya, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut:

  • Pastikan sekrup mobil terpasang dengan baik dan benar. Anda dapat mengeceknya sebelum mulai dimainkan atau sesudahnya. Hal ini bertujuan mengecek adanya sekrup yang hilang. Dalam pemasangan sekrup sendiri, usahakan jangan terlalu longgar atau terlalu menekannya. Sebab, penyetelan yang terlalu kuat dapat berakibat pada tekanan mobil yang berlebihan sehingga ESC mudah rusak.
  • Pemakaian baterai pun harus dapat dikontrol suhunya. Sebaiknya Anda tidak menyimpan baterai di atas suhu 150˚ Ketika melakukan pengisian daya juga tidak lebih dari suhu 710˚C.
  • Setelah daya terisi, sebaiknya diamkan selama kurang lebih 1,5 jam sebelum digunakan kembali. Cara lain untuk menjaga baterai tetap awet adalah dengan tidak mengisinya penuh 100%. Untuk mengantisipasinya, maka pilihlah ​charger yang sedikit lebih mahal namun memiliki fitur ​cut off ketika melakukan pengisian.
  • Hindarkan dari air karena dapat langsung merusak mobil secara permanen, mengingat hampir semua komponen di dalamnya menggunakan daya listrik.
  • Menjaga kebersihan juga dapat menjadi solusi dalam perawatan mobil pengendali ini. Setelah selesai menggunakannya, Anda perlu membersihkannya dari debu yang menempel. Kemudian simpan mobil remote di dalam boks; selain untuk menyimpan, boks juga dapat memberi nilai lebih ketika mobil remote hendak dijual lagi.
  • Anda harus mengetahui fungsi dan kekuatan yang dimiliki. Jangan sampai salah memainkannya. Mobil yang hanya cocok dimainkan di arena datar dan halus, tidak akan bisa dimainkan di arena berumput ataupun berarea terjal. Selain menghambat laju, juga dapat merusak mesin utamanya karena terlalu dipaksakan.

 

Tempat Membeli Mobil Remote Berkualitas

Tempat Membeli Mobil Remote Berkualitas - Pelajari 9 Tips Memilih Mobil Remote Berkualitas agar Tidak Tertipu
Flipkrat

Bagi Anda yang kesulitan menentukan toko tepercaya untuk membeli mobil remote control, maka bisa mengunjungi website importer.co.id. Berdiri sejak tahun 2014, menjadikan Importer dipercaya oleh masyarakat—terutama distributor dan penyuplai—yang ingin mendapatkan barang berkualitas dari China namun kesusahan dalam birokrasi.

Barang yang tersedia terjamin kualitasnya dengan harga miring sesuai harga grosir. Importer juga menyediakan perlengkapan rumah tangga serta peralatan lain seperti ban, bahan tekstil, serta dinding 3D.

Tunggu apa lagi? Segera kunjungi toko Importer dan dapatkan barang pilihan dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Check Also

Kembangkan Daya Ingat Anak dengan Puzzle - Tidak Selalu Mainan Berdampak Buruk. Berikut 4 Mainan Anak Edukatif yang Dapat Dimanfaatkan

Tidak Selalu Mainan Berdampak Buruk. Berikut 4 Mainan Anak Edukatif yang Dapat Dimanfaatkan

“Creativity, problem solving, critical and analytical thinking, decision making, risk taking, all found in game-based …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.