Home / Mainan Anak / 15 Mainan Anak yang Mampu Merangsang Perkembangan Otaknya
mainan anak
mainan anak

15 Mainan Anak yang Mampu Merangsang Perkembangan Otaknya

“Children need the freedom and time to play. Play is not a luxury. Play is a necessity.” – Kay Redfield Jamison.

Kehadiran ponsel pintar nyata memberikan dampak besar bagi dunia. Pasalnya, benda mungil berbentuk persegi panjang ini hampir tak pernah lepas dari apa pun aktivitas Anda sehari-hari. Bahkan, kini fenomena anak-anak di bawah umur yang telah memiliki gawai di tangan bukan lagi menjadi suatu hal yang aneh.

Tentu saja, beberapa orang tua beranggapan bahwa memberikan gawai pada anak meskipun masih di bawah umur adalah suatu hal yang lumrah demi mengikuti perkembangan zaman. Meskipun demikian, beberapa sisanya beranggapan bahwa anak cenderung berubah menjadi pribadi yang idealis dan skeptis akibat pengaruh ponsel pintar.

Padahal, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar anak tak menjadi pribadi yang mengalami ketergantungan dengan ponsel, salah satunya adalah mengganti eksistensi benda tersebut dengan mainan anak. Meskipun ada banyak sekali jenis mainan anak yang menarik di ponsel, akan lebih baik jika Anda mengenalkan sang buah hati dengan mainan offline.

Fungsi Mainan untuk Tumbuh Kembang Anak

Mengapa lebih baik memberikan mainan anak offline untuk si kecil? Tentu saja, selain mencegah terjadinya kecanduan gawai, mainan anak juga memiliki berbagai manfaat positif untuk tumbuh kembang si kecil, di antaranya:

Mengenalkan Anak pada Berbagai Bentuk dan Warna Benda Secara Langsung

mainan anak
mainan anak

Di usianya yang masih belia, anak pasti memiliki rasa ingin tahu yang amat tinggi. Setiap benda yang dijumpainya selalu inging disentuhnya. Melalui mainan anak edukatif, Anda bisa mengarahkan rasa ingin tahunya ke arah yang lebih positif. Misalnya, latih ia untuk lebih mengenal bentuk dan warna dari mainan yang Anda berikan. Tak hanya bermain, si kecil pun secara tak langsung turut belajar.

Meningkatkan Konsentrasi

mainan anak
mainan anak

Mainan anak juga turut menajamkan konsentrasi si kecil. Ketika sedang asik bermain, sang buah hati akan fokus sepenuhnya pada apa yang ia mainkan, sehingga tak jarang ia seperti memiliki dunianya sendiri. Secara tak langsung, fokus tersebut membantu anak untuk meningkatkan konsentrasinya. Tentu saja, ini amat baik untuk pertumbuhannya.

Meningkatkan Kinerja Saraf Motorik dan Sensorik

mainan anak
mainan anak

Coba berikan mainan berupa boneka yang bisa menghasilkan suara saat ditekan. Pasti, si kecil nantinya akan selalu menekan mainan tersebut berulang kali. Aktivitas ini ternyata amat baik untuk melatih kepekaan saraf motorik dan sensorik pada tubuhnya. Saraf motorik berkembang saat anak menekan boneka, sementara saraf sensoriknya menajam saat ia mendengar suara yang muncul dari dalam mainannya.

Memaksimalkan Kemampuan Gerak

mainan anak
mainan anak

Masih berhubungan dengan kinerja motorik, kemampuan gerak tubuh anak pun akan turut berkembang saat memainkan mainan favoritnya. Tak hanya sekadar menekan, ia pasti akan menggerakkan mainannya, seperti misalnya melemparnya jika mainan anak yang ia miliki berupa bola. Dengan demikian, si kecil tidak tumbuh menjadi anak yang gesit dan cekatan.

Melatih Kemampuan Berbicara dan Berhitung

mainan anak
mainan anak

Aktivitas bermain paling baik adalah sekaligus dengan belajar. Tak melulu seputar teori, belajar untuk anak yang paling sederhana bisa dimulai dengan melatih kemampuannya berbicara. Anda bisa memberikan mainan anak yang dapat mengeluarkan suara untuk ditirukan, atau bisa juga mainan yang memungkinkan anak melakukan interaksi bicara terhadapnya.

Mengasah Kreativitas

mainan anak
mainan anak

Kreativitas menjadi salah satu aspek yang penting untuk menunjang kecerdasan sang buah hati. Semakin banyak hal-hal unik dan kreatif yang bisa dihasilkan oleh anak, maka kecderdasannya pun akan semakin meningkat. Meskipun demikian, kreativitas tidak serta merta muncul dalam diri si kecil, tetapi harus dilatih dan diasah secara kontinyu. Cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan memberikannya mainan anak edukatif.

15 Mainan Anak yang Baik untuk Merangsang Perkembangan Otaknya

Ada banyak mainan anak edukatif yang bisa Anda belikan untuk menunjang tumbuh kembang dan merangsang kinerja otaknya. Beberapa rekomendasinya adalah sebagai berikut.

Bongkar Pasang

mainan anak
mainan anak

Mainan anak ini memang tergolong kuno. Meskipun demikian, bongkar pasang masih menjadi jenis mainan yang paling dicari. Pasalnya, selain harganya yang terbilang murah, mainan sederhana ini justru memberikan manfaat yang luar biasa, salah satunya mampu mengasah otak anak untuk lebih terampil sekaligus mempertajam konsentrasinya.

Ada banyak jenis mainan bongkar pasang yang beredar di pasaran. Tingkat kerumitannya pun beragam, yang ditunjukkan dengan ukuran besar kecilnya potongan puzzle-nya. Semakin besar ukurannya, maka bongkar pasang ini akan semakin mudah disusun kembali. Namun, semakin kecil kepingan puzzle-nya, maka tingkat penyusunan kembalinya pun semakin rumit.

Lego

mainan anak
mainan anak

Lego menjadi jenis mainan anak yang mengusung konsep seperti bongkar pasang. Mainan yang tergolong modern ini tak hanya digemari oleh anak, tetapi juga remaja, dewasa, hingga orang tua. Di sini, si kecil akan diasah kreativitasnya dengan cara membuat sebuah benda dari aneka potongan bentuk yang tersedia. Tak hanya kreativitas, daya imajinasi sang buah hati pun akan menjadi lebih tajam.

Di beberapa toko mainan, biasanya disediakan tempat tersendiri untuk anak bermain permainan ini. Kepingan-kepingan Legonya pun disediakan secara gratis, sehingga Anda tak perlu mengeluarkan biaya ekstra agar sang buah hati bisa memainkannya. Meskipun harga terbilang tidak murah, nyatanya permainan satu ini tetap mampu mendapatkan minat tinggi dari para pecintanya.

Permainan Balok Kayu Susun

mainan anak
mainan anak

Masih untuk mengasah kreativitas dan imajinasi anak, mainan edukatif selanjutnya yang direkomendasikan untuk Anda adalah balok kayu susun. Balok kayu ini umumnya memiliki bentuk yang beragam, mulai dari segitiga, persegi, lingkaran, persegi panjang, hingga tabung. Melalui permainan ini, si kecil bisa sekaligus mengenal aneka bentuk dan warna saat menyusunnya menjadi sebuah bentuk yang lebih kompleks.

Umumnya, bentuk yang sering dihasilkan dari permainan balok kayu susun adalah rumah-rumahan. Meskipun demikian, model rumah yang bisa dibangun pun beragam. Bahkan, jika kreativitas anak telah terasah, ia akan mampu membuat rancangan rumah yang begitu mengagumkan. Selain rumah, bentuk lainnya yang paling sering dibuat adalah mobil dan robot.

Rumah Boneka

mainan anak
mainan anak

Banyak orang tua mengira mainan anak satu ini lebih cocok dimainkan oleh anak perempuan. Padahal, anak laki-laki pun tak salah jika ingin memainkannya. Permainan rumah boneka mengajarkan sang buah hati bagaimana merencanakan masa depannya, menciptakan dunianya sendiri, sekaligus melatih kemampuan berbicara dan bersosialisasinya. Dengan demikian, si kecil akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih terbuka pada orang lain.

Tak hanya itu, mainan rumah boneka juga menjadi sarana alternatif untuk anak mengetahui seluk beluk rumah secara detail melalui ruangan-ruangan yang ada di dalamnya. Ia pun akan lebih paham tentang perbedaan ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar tidur, hingga taman dan kamar mandi. Adanya mainan ini pun mampu membuat si kecil lebih kerasan untuk berada di rumah daripada bermain di luar.

Permainan Angka, Gambar, atau Huruf

mainan anak
mainan anak

Mainan anak ini bisa berupa meletakkan angka, gambar, atau huruf sesuai dengan bentuknya. Selain itu, permainan ini juga banyak ditemui pada buku aktivitas anak, biasanya berupa menebali garis putus-putus. Melalui permainan ini, diharapkan kemampuan kognitif dan bakat si kecil akan semakin terasah.

Permainan anak ini juga memiliki banyak model. Selain bisa ditemui pada buku-buku penunjang aktivitas, mainan angka, gambar atau huruf juga tersedia dalam bentuk balok kayu lengkap dengan alasnya. Ada pula yang berbentuk puzzle berukuran besar, terkadang dimanfaatkan pula sebagai karpet untuk kamar si kecil.

Permainan Boneka Jari

mainan anak
mainan anak

Permainan boneka jari kini telah makin sulit ditemui seiring dengan perkembangan zaman dan hadirnya berbagai mainan modern. Padahal, mainan ini menjadi sarana yang cukup baik untuk mengasah kemampuan berbicara dan interaksi pada anak melalui percakapan yang terbentuk bersama orang tua, guru, atau teman-teman sebayanya.

Cara terbaik yang bisa Anda lakukan saat menemani anak memainkan permainan ini adalah dengan menceritakannya sebuah dongeng, baik fabel, cerita rakyat, atau cerita singkat tentang aktivitas sehari-hari. Tak hanya mendengarkan, Anda pun akan membuat si kecil lebih mengetahui hal-hal positif dan bermanfaat yang bisa ditirunya.

Permainan Gunting Tempel

mainan anak
mainan anak

Permainan ini begitu sederhana, bahkan bisa Anda buat sendiri dengan memanfaatkan kertas, lem, dan gunting. Caranya, buat aneka gambar yang sering ditemui anak, misalnya sendok, piring, gelas, atau aneka bentuk seperti segitiga, lingkaran, dan persegi serta aneka buah-buahan. Ajarkan si kecil untuk mengguntingnya dan menempelkannya kembali sesuai dengan bentuknya. Dengan demikian, selain kecerdasan, keterampilan si kecil pun akan turut terasah.

Permainan Kotak Alfabet

mainan anak
mainan anak

Mainan anak edukasi selanjutnya adalah kotak alfabet. Permainan ini berupa deretan huruf abjad dari A hingga Z, umumnya dibuat dari kayu atau plastik. Pada beberapa tipe, terdapat pula deretan angka dari 0 hingga 9 di bagian atas atau bawah susunan huruf. Melalui mainan ini, Anda bisa membantu si kecil belajar mengenal angka dan huruf sekaligus menambah perbendaharaan katanya dengan menyusun deretan huruf ini menjadi sebuah kata.

Permainan Pasir Kinetik

mainan anak
mainan anak

Permainan ini cukup digemari oleh anak-anak. Pasalnya, Anda tak perlu jauh-jauh mengajak sang buah hati pergi ke pantai hanya demi bisa bermain pasir. Terlebih jika destinasi wisata tersebut letaknya jauh dari kota tempat Anda tinggal. Anda cukup membeli pasir kinetik sebagai gantinya. Mainan ini amat mudah didapatkan, karena telah beredar luas di pasaran.

Pasir kinetik dibuat dari bahan yang mirip dengan pasir pantai. Menariknya, mainan anak ini tidak menempel di pakaian atau tubuh laiknya pasir pantai, sehingga lebih mudah dibersihkan setelah si kecil selesai bermain. Selain itu, mainan ini juga bisa dibuat menjadi bentuk apa saja, mulai dari istana, mobil-mobilan, hingga robot.

Permainan PlayDoh

mainan anak
mainan anak

PlayDoh juga termasuk salah satu permainan yang disukai anak-anak, terlebih anak perempuan. Mainan anak ini terbuat dari plastisin, atau yang lebih dikenal dengan sebutan lilin. Warnanya amat beragam dan ditempatkan pada ember-ember kecil, sehingga mudah dirapikan kembali setelah dimainkan.

Laiknya pasir kinetik, PlayDoh juga bisa dibentuk menjadi apa saja. Tentunya, membuat aneka bentuk akan merangsang imajinasi anak sekaligus keterampilan dan kreativitasnya. Permainan ini akan menjadi lebih menyenangkan apabila Anda mendampingi sang buah hati ketika memainkannya. Dengan demikian, Anda sekaligus bisa mengajarkan padanya bagaimana membuat bentuk-bentuk baru yang sebelumnya belum pernah ia coba.

Perabotan Memasak

mainan anak
mainan anak

Salah satu ketertarikan yang akan timbul pada anak perempuan yang menginjak remaja adalah memasak. Melihat Anda sibuk menyiapkan bekal di dapur pasti akan mengundang rasa ingin tahunya. Supaya rasa ingin tahunya bisa tersalurkan, berikan ia mainan perabotan memasak sebelum mengajaknya turun langsung dan mencoba mengaplikasikan segala perlengkapan dapur yang ada.

Melalui mainan anak ini, si kecil akan mengetahui beragam jenis perabotan yang biasanya ditemukan di dapur, seperti wajan, kompor, panci, spatula, saringan, dan masih banyak lagi. Tak hanya sebatas tahu namanya, beritahu pula apa fungsi dari masing-masing perabotan yang ditemuinya dalam mainan tersebut. Ajak pula si kecil untuk mencoba menggunakan segala perabotan meskipun hanya pura-pura.

Gundam

mainan anak
mainan anak

Seperti halnya Lego, gundam menjadi salah satu mainan anak yang populer hingga di kalangan remaja dan dewasa, bahkan orang tua. Mainan ini memiliki berbagai ukuran, mulai dari ukuran mini hingga besar. Anda pun akan menjumpai model gundam lain selain robot, yaitu beruang mirip boneka beruang teddy.

Baca Juga :

Mainan gundam mampu membantu mengasah fokus dan konsentrasi pada si kecil. Pasalnya, mainan ini memiliki komponen dengan ukuran yang beragam, dan untuk merakitnya, dibutuhkan konsentrasi tinggi agar tidak terjadi salah pasang, bahkan salah potong. Selain itu, kreativitas si kecil pun akan berkembang, karena ia bisa menambahkan berbagai efek dan warna pada tubuh robot agar terlihat lebih keren.

Permainan Mobil-Mobilan

mainan anak
mainan anak

Gerakan menjadi salah satu stimulasi tubuh yang mutlak diperlukan, agar kemampuan motorik sang buah hati mampu menjalankan peran dan fungsinya dengan lebih baik. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan memberikan si kecil mainan anak berupa mobil-mobilan. Gerakan mendorong atau memaju mundurkan mobil menjadi stimulasi yang mampu merangsang fungsi motoriknya.

Bola

mainan anak
mainan anak

Meskipun tak disukai semua anak laki-laki, bola ternyata menjadi mainan anak yang tak pernah lepas dari diri mereka. Bentuknya pun beragam, mulai dari bola sepak, bola voli, bola basket, bola tenis, hingga bola pingpong. Melalui mainan ini, Anda telah berhasil mengajarkan anak untuk lebih mencintai olahraga, sekaligus merangsang kemampuan otaknya untuk menciptakan strategi. Nantinya, sang buah hati akan tumbuh lebih terampil dan kreatif dalam menyelesaikan setiap permasalahan.

Origami atau Seni Melipat Kertas

mainan anak
mainan anak

Mainan anak terakhir yang mampu merangsang perkembangan otaknya adalah origami atau seni melipat kertas. Modal memainkan permainan ini amat murah, karena hanya berupa kertas lipat berbentuk persegi. Setiap bungkus origami berisi 50 hingga 100 lembar kertas beraneka warna. Sebagai langkah awal, ajak si kecil untuk membuat bentuk-bentuk yang mudah. Hal ini berguna untuk memunculkan ketertarikannya.

Permainan asal Negeri Sakura ini membantu si kecil agar lebih kreatif saat menghasilkan bentuk-bentuk yang baru dikenal atau ia ketahui. Tak hanya itu, melalui aktivitas melipat kertas untuk menciptakan objek baru, saraf motorik halus pada sang buah hati pun turut berkembang. Saat mencoba untuk membuat bentuk dengan level kesulitan yang lebih tinggi, kesabaran dan fokus serta konsentrasi anak pun akan semakin terlihat.

Demikianlah informasi mengenai manfaat mainan anak sekaligus jenis-jenisnya untuk Anda. Kini, semua permainan anak edukatif ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di importer.co.id. Didatangkan langsung dari Negara China, importer menyediakan berbagai jenis permainan anak dengan harga yang terjangkau dan kualitas terbaik yang akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati sepenuhnya.

Check Also

Kembangkan Daya Ingat Anak dengan Puzzle - Tidak Selalu Mainan Berdampak Buruk. Berikut 4 Mainan Anak Edukatif yang Dapat Dimanfaatkan

Tidak Selalu Mainan Berdampak Buruk. Berikut 4 Mainan Anak Edukatif yang Dapat Dimanfaatkan

“Creativity, problem solving, critical and analytical thinking, decision making, risk taking, all found in game-based …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.