Home / Mainan Anak / Tips Memilih Mainan Mobil-mobilan untuk Bayi dan Anak
Tips Memilih Mainan Mobil-mobilan untuk Bayi dan Anak
Tips Memilih Mainan Mobil-mobilan untuk Bayi dan Anak -

Tips Memilih Mainan Mobil-mobilan untuk Bayi dan Anak

“When I was a kid, nobody in my family had a car. And I didn’t have many toys. The only toys I had were the ones I would steal.”

Rapper Amerika Serikat, DMX

Kutipan dari DMX tersebut memperlihatkan betapa besarnya keinginan seorang anak untuk bisa memiliki mainan. Apalagi, bagi keluarga seperti DMX kecil yang harus hidup dalam kondisi miskin. Mainan adalah benda yang mewah, sampai-sampai dia harus mencuri untuk bisa mendapatkannya.

Kondisi tersebut tentunya tidak diinginkan oleh semua orang tua. Apalagi, saat ini mainan anak bisa diperoleh dengan harga yang murah. Kalaupun enggan membeli, Anda juga bisa memilih untuk membuat sendiri mainan tersebut. Misalnya, membuat mainan mobil-mobilan dari karton bekas.

Manfaat Mainan untuk Anak

Manfaat Mainan untuk Anak - Tips Memilih Mainan Mobil-mobilan untuk Bayi dan Anak
Manfaat Mainan untuk Anak – Tips Memilih Mainan Mobil-mobilan untuk Bayi dan Anak – mothercare

Mainan menjadi sarana bagi seorang anak untuk mengekspresikan keinginan serta harapannya. Di samping itu, mainan juga menjadi tantangan sekaligus bahan pembelajaran bagi anak. Anak akan memperoleh banyak manfaat ketika menghabiskan waktunya untuk bermain mainan, di antaranya adalah:

  • Mengembangkan kemampuan motorik anak

Bermain merupakan salah satu aktivitas anak untuk menggerakkan tubuhnya. Semakin banyak bergerak, tubuh si kecil akan semakin sehat. Di waktu yang sama, hal ini juga berdampak pada pengembangan kemampuan motorik anak.

Kemampuan motorik berhubungan dengan kemampuan anak dalam mengendalikan gerakan tubuh. Kemampuan motorik terbagi menjadi 2, yaitu motorik kasar dan motorik halus. Motorik kasar berkenaan dengan gerakan yang memanfaatkan otot-otot besar atau sebagian besar anggota tubuh. Misalnya, berlari, naik turun tangga, atau menendang.

Sementara itu, motorik halus secara khusus merupakan gerakan yang melibatkan koordinasi antara tangan dan mata. Gerakan motorik halus bisa dilatih dengan menggunakan berbagai jenis mainan, seperti menyusun balok, bermain puzzle, atau memasukkan sebuah benda ke dalam lubang.

  • Meningkatkan kemampuan kognitif anak

Kemampuan kognitif mencakup hal yang sangat luas, mulai dari pemahaman, penalaran, hingga imajinasi yang dipikirkan oleh anak. Secara umum, kemampuan kognitif terdiri dari 6 aspek, yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, serta penilaian.

Ketika bermain, anak bisa berpikir secara kreatif sesuai dengan apa yang ada dalam pikiran. Di satu waktu, mereka bisa berperan sebagai seorang dokter. Ketika itu, mereka pun memahami peran seorang dokter dalam menyembuhkan pasien. Selain itu, mereka juga tahu tugas seorang sopir yang berperan mengendarai mobil dengan lancar.

  • Sarana belajar skill yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari

Ketika bermain, anak juga bisa secara tidak langsung mempelajari berbagai jenis skill yang akan mereka gunakan di masa depan. Misalnya, ketika bermain mobil-mobilan, mereka berusaha untuk menjaga kendaraan mainan itu melaju dengan lancar dan sesuai aturan. Demikian pula ketika berpura-pura menjadi seorang ibu. Di situ, anak bisa belajar cara memasak di dapur ataupun merawat bayi.

  • Belajar memperlihatkan rasa empati

Ketika bermain, anak juga bisa berlatih memperlihatkan rasa empatinya. Sebagai contoh, ketika berperan sebagai seorang dokter. Anak akan belajar untuk memperlakukan pasien dengan sangat hati-hati.

  • Sarana bersosialisasi

Terakhir, bermain juga menjadi sarana anak untuk bisa belajar bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Di situ, anak bisa mencoba untuk saling bekerja sama membagi peran. Dengan begitu, anak pun bisa mengetahui cara bersikap yang baik untuk memperoleh teman.

Mobil-mobilan Jadi Jenis Mainan yang Telah Digunakan Sejak Zaman Kuno

Mobil-mobilan Jadi Jenis Mainan yang Telah Digunakan Sejak Zaman Kuno - Tips Memilih Mainan Mobil-mobilan untuk Bayi dan Anak
Mobil-mobilan Jadi Jenis Mainan yang Telah Digunakan Sejak Zaman Kuno – Tips Memilih Mainan Mobil-mobilan untuk Bayi dan Anak – Pixabay

Dari sekian banyak mainan anak, mobil-mobilan merupakan jenis mainan yang mudah ditemukan. Saat ini, Anda bisa dengan mudah membeli beragam jenis mainan mobil, baik yang berukuran kecil ataupun besar.

Nah, terkait jenis mainan anak yang satu ini, tidak disangka kalau keberadaannya sudah sangat lama. Bahkan, beberapa tahun lalu sempat terungkap keberadaan mainan mobil yang diperkirakan telah berusia lebih dari 7.500 tahun.

Mainan mobil ini disebut-sebut sebagai yang pertama dan tertua di dunia. Mainan tersebut dibuat dengan bahan batu, disertai dengan empat roda sebagai penggeraknya. Mainan mobil kuno itu kini telah menjadi salah satu koleksi penting dari Museum Mardin di Turki.

Jenis-Jenis Mainan Mobil-mobilan

Jenis-Jenis Mainan Mobil-mobilan - Tips Memilih Mainan Mobil-mobilan untuk Bayi dan Anak
Jenis-Jenis Mainan Mobil-mobilan – Tips Memilih Mainan Mobil-mobilan untuk Bayi dan Anak – Flipkart

Anda bisa dengan bebas memilih mainan yang bisa digunakan oleh anak. Asalkan, mainan tersebut memberi dampak yang positif terhadap perkembangan anak, misalnya mainan berupa mobil-mobilan.

Secara khusus, mainan mobil kerap dianggap oleh para orang tua sebagai mainan khusus anak laki-laki. Padahal, mainan ini sifatnya universal, bisa digunakan tidak hanya anak laki-laki, tapi juga oleh anak perempuan.

Apalagi, saat ini terdapat beragam jenis mainan mobil yang bisa digunakan, di antaranya adalah:

  • Mainan mobil yang bisa ditunggangi

Mainan mobil yang satu ini berukuran besar dan bisa digunakan oleh anak laki-laki ataupun perempuan. Biasanya, mainan ini terbuat dari bahan plastik ataupun kayu. Memiliki struktur yang kokoh, mainan mobil ini dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Bentuk mobil mainan yang bisa ditunggangi juga sangat beragam. Anda bisa menemukan bentuk mainan yang berupa truk besar. Ada pula yang sengaja dibentuk seperti sebuah mobil kodok dengan pintu yang dapat dibuka.

Selain itu, Anda bisa menemukan mobil jenis ini yang digerakkan dengan cara manual menggunakan kaki. Namun, ada pula jenis mobil yang digerakkan dengan pedal. Untuk pilihan yang lebih modern, saat ini juga tersedia mobil mainan berjenis ini yang digerakkan dengan tenaga baterai. Tentu saja harganya juga jauh lebih mahal.

Secara khusus, mobil mainan yang bisa ditunggangi anak ini menjadi pilihan tepat ketika memiliki area pekarangan yang luas atau rumah yang berada tidak jauh dari taman. Dengan begitu, anak bisa secara puas memainkan mainan ini bersama teman-temannya.

  • Mobil RC

Jenis mobil-mobilan yang kedua adalah mainan mobil remote control. Sesuai dengan namanya, mainan ini digerakkan menggunakan remote control secara wireless. Meski, ada pula mainan dengan harga lebih murah yang gerakannya dibatasi oleh kabel.

Mobil RC yang ditujukan untuk mainan anak memiliki fitur yang tidak berbahaya. Mainan ini akan sengaja didesain memiliki kecepatan yang sedang. Sehingga, kalaupun mainan tersebut menabrak tubuh anak, tidak akan menimbulkan rasa sakit atau luka.

Selain itu, mobil RC untuk anak juga memiliki tingkat pemakaian yang sangat mudah. Anak tidak perlu menekan banyak tombol untuk mengatur gerakan mobil remote control ini. Mobil mainan ini hanya memiliki tombol untuk bergerak maju, mundur, belok kanan, dan kiri. Jadi, anak tidak akan kesulitan dalam memainkannya.

Anda juga bisa menemukan beragam model mainan mobil RC yang sesuai dengan selera anak. Kalau anak suka dengan mainan robot, tersedia mobil RC yang didesain berbentuk truk yang mirip dengan tokoh Optimus Prime dalam film Transformer. Selain itu, ada pula mobil RC yang hadir dengan desain mobil sport mirip Bumblebee.

  • Mobil-mobilan klasik

Terakhir adalah mainan mobil-mobilan klasik yang digerakkan secara manual tanpa membutuhkan pasokan tenaga listrik dari baterai. Anak pun bisa memainkan mainan ini secara kreatif. Bisa dimainkan secara sendiri, bisa pula mengajak teman. Selain itu, mainan ini juga cocok digunakan oleh anak perempuan.

Beragam jenis mobil mainan klasik juga bisa Anda temukan. Mobil seperti sedan, truk, atau bus jadi tipe yang gampang dijumpai. Namun, ada pula jenis mobil mainan dengan desain yang tidak biasa seperti limusin, dump truck, ataupun traktor.

Harga mobil mainan klasik relatif lebih murah dibandingkan dengan dua jenis mainan mobil sebelumnya. Oleh karena itu, tak jarang mobil mainan ini kerap menjadi bahan koleksi, tidak hanya oleh anak, tapi oleh para orang tua.

Apalagi, saat ini Anda juga bisa menemukan mainan mobil klasik dengan desain yang sangat detail. Bagian interior serta eksterior mobil mainan sengaja dibentuk sehingga mirip dengan mobil aslinya. Beberapa perusahaan mainan yang aktif dalam meluncurkan produk mobil klasik seperti ini antara lain adalah Hot Wheels, Fast Lane, serta Little People.

Sebagai pelengkap, Anda bisa membuatkan miniatur perkotaan agar anak bisa menggunakan mobil mainan ini dengan cara lebih menyenangkan. Cara membuat miniatur jalanan kota tersebut tidak terlalu sulit. Anda bisa memanfaatkan karton bekas atau bisa pula secara langsung membelinya.

Memilih Jenis Mainan Mobil-mobilan Anak Berdasarkan Usia

Memilih Jenis Mainan Mobil-mobilan Anak Berdasarkan Usia - Tips Memilih Mainan Mobil-mobilan untuk Bayi dan Anak
Memilih Jenis Mainan Mobil-mobilan Anak Berdasarkan Usia – Tips Memilih Mainan Mobil-mobilan untuk Bayi dan Anak – Pinterest

Setelah mengetahui jenis-jenis mainan mobil, kini Anda tinggal memilih mobil-mobilan seperti apa yang cocok dengan usia anak? Pemilihan jenis mainan sesuai usia anak memang perlu diperhatikan. Tujuannya, agar mainan itu benar-benar dimanfaatkan oleh anak secara optimal dan mereka pun merasa senang ketika memainkannya. Tidak kalah penting, hal ini juga berkaitan erat dengan faktor keamanan.

  • Bayi usia 1-3 tahun

Untuk bayi yang masih berusia antara 1 sampai 3 tahun, usahakan memilih mainan dengan bentuk sederhana. Dengan begitu, si kecil bisa dengan mudah memainkannya. Sebagai tambahan, mainan itu juga harus memiliki desain yang mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Oleh karena itu, menggunakan mobil mainan yang bisa ditunggangi adalah pilihan yang tepat. Apalagi, kalau mobil mainan itu memiliki desain yang lucu dan warna mencolok. Desain seperti itu lebih menarik di mata si kecil dibandingkan dengan mobil RC yang terlihat canggih dengan suara serta lampu warna-warninya.

Perlu diperhatikan, memilih mainan dengan warna yang mencolok untuk anak usia 1-3 tahun merupakan hal penting. Di situ, anak bisa belajar untuk membedakan warna satu sama lain.

Selain itu, hindari pemakaian mainan yang berukuran kecil. Anak usia 1-3 tahun memiliki kecenderungan untuk memasukkan berbagai jenis benda ke mulutnya. Oleh karena itu, Anda perlu menghindarinya agar tidak tersedak atau ada bakteri penyebab penyakit yang masuk.

  • Anak usia 3-5 tahun

Ketika menginjak usia antara 3 sampai 5 tahun, anak sudah mulai mengerti benda-benda yang ada di sekitarnya. Mereka memiliki kecenderungan untuk tertarik dengan barang-barang yang terlihat mencolok. Oleh karena itu, mainan mobil yang disertai dengan lampu warna-warni serta suara adalah pilihan yang tepat.

Dibandingkan dengan anak usia 1-3 tahun, anak pada rentang umur ini punya opsi mainan mobil yang lebih beragam. Anda bisa memberikan mainan berupa mobil RC kepada mereka. Selain itu, membelikan mobil mainan yang bisa ditunggangi juga pilihan bijak.

Mobil RC menjadi sarana bermain yang menyenangkan, bisa dilakukan di dalam ataupun di luar rumah. Sementara itu, mobil mainan yang dapat ditunggangi, menjadi sarana untuk mengajak anak bergerak lebih aktif. Selain itu, tipe mainan ini juga memberi kesempatan agar anak bisa bermain bersama orang tua.

  • Anak usia lebih dari 5 tahun

Terakhir, anak usia lebih dari 5 tahun bisa memainkan semua jenis mobil-mobilan tersebut. Secara khusus, mainan mobil klasik memang terlihat paling tepat. Apalagi, anak pada usia ini kerap menganggap mainan itu sebagai benda yang unik serta menarik untuk dikoleksi. Cara memainkannya juga sangat mudah.

Agar permainan menjadi lebih asyik, Anda bisa menggabungkan mainan mobil ini dengan beberapa jenis mainan lainnaya. Salah satunya adalah lego. Di situ, Anda bisa mengajak anak untuk membangun sirkuit yang kemudian dijadikan sebagai jalur untuk laju mobil mainan. Dengan begitu, anak akan bertambah kreatif seiring dengan banyaknya waktu bermain.

Namun, bukan berarti anak pada usia ini tidak suka dengan dua jenis mainan mobil lainnya. Mobil RC juga cukup cocok untuk anak pada usia lebih dari 5 tahun. Dengan mainan itu, anak bisa belajar cara mengontrol gerakannya. Sementara itu, mobil yang dapat ditunggangi bisa menjadi sarana untuk menggerakkan tubuh agar anak lebih aktif.

Potensi Besar Berdagang Produk Mainan Mobil-mobilan Anak

Potensi Besar Berdagang Produk Mainan Mobil-mobilan Anak - Tips Memilih Mainan Mobil-mobilan untuk Bayi dan Anak
Potensi Besar Berdagang Produk Mainan Mobil-mobilan Anak – Tips Memilih Mainan Mobil-mobilan untuk Bayi dan Anak – Pixabay

Nah, Anda sudah mengetahui jenis-jenis mainan mobil yang bisa diberikan kepada anak. Langkah selanjutnya, di mana Anda bisa menemukan mobil mainan tersebut? Utamanya, mainan mobil yang bisa diperoleh dengan harga murah dan punya kualitas bagus. Syukur-syukur, Anda bisa membelinya dalam jumlah banyak dan memasarkannya kembali.

Perlu diketahui, potensi penjualan mainan mobil anak sangat besar. Apalagi, setiap anak butuh mainan untuk mengisi hari-harinya. Di sisi lain, orang tua selalu berusaha untuk memberikan hal terbaik kepada si kecil. Tentunya, akan sangat menguntungkan kalau orang tua bisa memberikan mainan mobil-mobilan yang bagus tanpa harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar.

Solusinya adalah dengan menggunakan produk yang secara khusus didatangkan dari China. Seperti diketahui, China merupakan salah satu produsen mainan terbesar dunia. Berbagai jenis mainan berbahan plastik, kerap bertuliskan label made in China. Menariknya lagi, harga mainan itu sangat murah, jauh lebih murah dibandingkan dengan produk yang dibuat di dalam negeri.

Cara menjadi importir produk mainan dari China sangat mudah. Anda tidak perlu datang secara langsung ke sana. Cukup dengan memanfaatkan layanan yang diberikan oleh Importer.co.id.

Kami menyediakan layanan yang memberi kemudahan Anda untuk bisa mendatangkan beragam produk dari China, termasuk mainan anak. Kami pun punya referensi produk-produk berkualitas yang bisa Anda pilih, disesuaikan dengan target pasar masing-masing.

Segala tetek-bengek terkait perizinan, negosiasi dengan penjual di negeri seberang juga tidak perlu Anda lakukan. Semua itu sudah menjadi tanggung jawab dari Importer.co.id. Anda hanya tinggal melakukan pendaftaran, memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, lalu menunggu barang datang ke rumah.

Setelah produk mainan itu sampai di rumah, Anda tinggal memasarkannya secara langsung. Bisa dilakukan dengan menggunakan sarana internet atau dapat pula memilih pola pemasaran secara offline. Dengan variasi produk yang beragam, kualitas tinggi, serta harga murah, produk mainan yang Anda datangkan dari negara China bakal terjual dengan cukup mudah.

Nah, apakah Anda tertarik untuk menjadi salah satu pengusaha mainan Indonesia? Kami tunggu, ya.

Check Also

Kembangkan Daya Ingat Anak dengan Puzzle - Tidak Selalu Mainan Berdampak Buruk. Berikut 4 Mainan Anak Edukatif yang Dapat Dimanfaatkan

Tidak Selalu Mainan Berdampak Buruk. Berikut 4 Mainan Anak Edukatif yang Dapat Dimanfaatkan

“Creativity, problem solving, critical and analytical thinking, decision making, risk taking, all found in game-based …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.