Home / Blog / Cara Beli Barang Import Cina
Cara Beli Barang Import Cina
Cara Beli Barang Import Cina

Cara Beli Barang Import Cina

Membeli barang dari luar negeri terutama biasa dilakukan dari Cina. Ini karena kualitas barang di Cina terkenal bagus dan harganya murah. Banyak orang membeli barang dari Cina secara grosir untuk kemudian dijual kembali di Indonesia.

Banyak pabrik yang melayani pembelian secara grosir di Cina dan sudah terbiasa melayani pembelian dari luar negeri. Keuntungan yang bisa didapat dari bisnis ini juga terbilang menggiurkan. Apabila kita ingin berbisnis jual beli barang impor pula, maka cara beli barang import Cina harus kita kuasai.

Mulai dari memilih supplier hingga memasarkannya di Indonesia harus kita pahami langkah-langkahnya. Kita bisa mencari informasi lengkap di internet atau bertanya pada orang yang sudah terbiasa mengimpor barang dari Cina. Untuk ringkasan langkah-langkahnya dapat diperhatikan di bawah ini.

Cara Beli Barang Import Cina Mulai Dari Menentukan Barang

Yang harus dilakukan pertama kali dalam cara beli barang import Cina adalah menentukan jenis barang yang akan dibeli. Pastikan barang tersebut bisa dibeli ke Indonesia dan bukan termasuk barang terlarang ataupun black market sehingga tidak akan menyusahkan kita nantinya.

Pastikan juga berapa berat dari barang tersebut beserta volumenya dalam meter kubik. Berat barang akan menentukan biaya pengiriman dan juga harga jual nantinya begitu sampai di Indonesia. Berat barang juga akan membantu dalam menentukan apakah kita akan mengirim menggunakan pesawat terbang atau kapal laut.

Apabila kita membutuhkan barang secara cepat, mengirim lewat udara adalah jalan terbaik, walaupun biayanya jauh lebih mahal. Sementara pengiriman lewat laut dapat dipilih apabila kita membutuhkan barang dengan biaya lebih terjangkau dan konsekuensinya adalah waktu yang dibutuhkan akan lebih lama.

Cara Beli Barang Import Dengan Menentukan Supplier

Setelah menentukan barang apa yang hendak dibeli, langkah selanjutnya adalah memilih supplier yang terpercaya. Menemukan supplier yang terpercaya ini bisa lewat rekomendasi dari orang-orang yang sudah pernah mengimpor barang dari Cina sebelumnya.

  1. Jangan hanya terpaku pada satu supplier saja. Apabila kita tidak bisa melakukan penawaran untuk mendapat harga lebih murah, beralihlah ke supplier lain.
  2. Cara beli barang import dengan menentukan supplier yang selanjutnya adalah menanyakan adanya MOQ yaitu Minimum Order Quantity, atau dikenal juga sebagai jumlah minimal barang yang bisa dibeli.
  3. Pada tahap ini kita bisa melakukan penawaran barang. Umumnya apabila kita membeli secara grosir dalam jumlah banyak, kita akan bisa menawar harga barang agar menjadi lebih rendah.
  4. Harga yang diberikan supplier sendiri biasanya sudah termasuk FOB atau Free on Board sehingga termasuk biaya menuju warehouse.

Cara Beli Barang Import Cina Melalui Forwarding

Setelah menentukan barang dan supplier, cara selanjutnya adalah menggunakan jasa forwarding.

  1. Cara beli barang import ini dilakukan dengan menghubungi jasa forwarding yang terpercaya. Katakan di mana lokasi FOB dari supplier dan apakah bisa forwarding dari sana.
  2. Apabila jasa forwarding yang kita gunakan tidak bisa pick up barang dari lokasi FOB supplier, maka kita harus menambah biaya trucking dari lokasi FOB supplier ke lokasi FOB forwarding.
  3. Tanyalah pada pihak forwarding yang kita gunakan terkait ongkos trucking hingga berapa lama waktu yang mereka butuhkan agar paket yang kita pesan bisa sampai ke alamat rumah kita di Indonesia.
  4. Setelah urusan dengan forwarding selesai dan mencapai kata sepakat, langkah berikutnya adalah menghubungi kembali supplier untuk membicarakan term payment alias pembayaran barang.

Cara Beli Barang Import Hingga Tiba di Indonesia

Cara beli barang import memang terbilang panjang serta rumit. Namun apabila kita telah menguasai langkah-langkahnya, maka berbisnis barang impor ini tidak akan terasa sulit lagi.

  1. Saat barang akan menuju FOB, kita harus saling bertukar info antara pihak supplier dengan forwarding. Minta agar pihak forwarding melakukan cross check dengan pihak supplier, begitu pula sebaliknya.
  2. Paket yang tengah menuju FOB sudah dalam keadaan dipackig dan akan ditimbang ulang pihak forwarding. Tujuannya adalah agar beratnya sama seperti yang telah diinformasikan supplier dan tidak terjadi kesalahan.
  3. Pada tahap ini juga kita akan melunasi pembayaran pada supplier seperti yag telah disepakati sebelumnya.
  4. Saat paket sudah sampai di pelabuhan, kita bisa meminta bukti foto dari kedatangan barang.
  5. Tahap ini berarti setengah dari proses impor telah selesai dilakukan. Kita cukup menunggu hingga paket sampai di rumah dengan selamat.

Cara Beli Barang Import Untuk Bisnis

Untuk bisnis jual beli barang import, kita bisa mempraktekkan cara beli barang import ini dalam jumlah besar. Tujuannya adalah agar harga satuan barang menjadi lebih murah dan kita bisa menjualnya dengan margin keuntungan yang tinggi.

Banyak ragam barang yang bisa kita beli dari Cina, mulai dari botol minum, pakaian, alat kesehatan, make up, peralatan olahraga hingga barang-barang impor lainnya. Pemasaran dapat dilakukan secara online melalui website, blog, media sosial hingga marketplace.

Keuntungan yang didapat dari bisnis ini cukup besar sehingga banyak orang tergiur untuk menjalankannya. Demikian adalah cara beli barang import serta bagaimana memasarkannya di Indonesia sebagai bisnis yang menguntungkan.

Check Also

Menghindarkan Kecelakaan di Jalanan Berkabut -Inilah Fungsi Lampu Tembak yang Perlu Anda Ketahui - fickr.com

Inilah Fungsi Lampu Tembak yang Perlu Anda Ketahui

Ada beragam jenis lampu yang tersedia di pasaran. Mulaidari bohlam biasa untuk rumah; lampu neon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.