Home / Blog / Cara Mengimport Barang yang Berasal dari Luar Negeri
Cara Mengimport Barang yang Berasal dari Luar Negeri
Cara Mengimport Barang yang Berasal dari Luar Negeri

Cara Mengimport Barang yang Berasal dari Luar Negeri

Cara mengimport barang – Indonesia merupakan salah satu negara dengan nilai konsumtif yang tinggi. Untuk memenuhi segala macam kebutuhan masyarakat Indonesia yang selalu meningkat, jalan untuk mendatangkan barang dari luar negeri dipilih oleh pemerintah agar jumlah kebutuhan masyarakat Indonesia seimbang dengan jumlah produk yang ada.

Hal inilah yang membuat kegiatan impor terjadi di tengah masyarakat Indonesia saat ini. Barang yang dijadikan barang import biasanya berasal dari Cina karena berharga murah dan memiliki kualitas barang yang baik. Harga murah dan kualitas yang baik menjadi alasan mengapa banyak yang membelinya dalam jumlah grosir.

Memahami Cara Mengimport Barang dengan Baik

Dalam melakukan import barang dari Cina, banyak hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu agar kegiatan import barang dapat berjalan dengan lancar. Cara mengimport barang yang pertama adalah mengetahui harga dan istilah yang terjadi pada kegiatan import.

Importir harus memahami beberapa istilah dalam import barang guna mengetahui segala kewajiban yang harus dilakukan oleh pelaku impor. Berikut ini merupakan istilah yang biasa terjadi pada kegiatan import barang:

  • FOB atau Free on Board yang berarti pembayaran biaya impor akan dilakukan setelah semua barang yang dipesan telah sampai di pelabuhan.
  • DDP atau Delivered Duty Paid merupakan istilah pembayaran yang akan dilakukan pada tempat yang dikehendaki oleh pemesan dimana biaya kepabeaan telah diurus oleh pemasok.
  • FAS atau Free Alongside Ship merupakan penyerahan barang kepada pemasok dimana pemasok telah setuju sebagai pihak yang menanggung segala biaya pengiriman barang.

Menentukan harga dan system pembayaran merupakan langkah pertama yang harus importir lakukan sebelum melakukan pemesan barang dari negara lain, khususnya Cina. Selain itu, ada cara mengimport barang lainnya yang harus diketahui importir sebelum melakukan import, antara lain:

  • Mengetahui cara pengiriman barang dan berapa biaya yang dibutuhkan saat pengiriman barang.
  • Memilih jasa pengiriman barang atau Freight Forwarder.
  • Memilih metode pengiriman barang.
  • Selalu mengansurasikan barang yang dipesan.
  • Memahami peraturan kepabeaan.
  • Menentukan cara untuk melakukan pembayaran.
  • Melengkapi berbagai dokumen yang diperlukan saat mengimport barang.
  • Mengurus perijinan kegiatan import barang.
  • Membayar segala macam biaya import barang.
  • Menerima barang dengan baik dan mengklaim asuransi.

Dalam memilih jasa pengiriman barang, importir harus memilih jasa pengiriman barang yang kompeten. Jasa pengiriman barang yang perlu untuk dipilih oleh importir haruslah merupakan pihak yang mampu membantu importir dalam mengurus kepabeaan.

Tidak hanya itu, pengirim barang yang baik harus dapat menjaga barang pesanan selalu berada dalam keadaan baik dan jauh dari kata rusak. Cara mengimport barang dengan menentukan jasa pengiriman barang dirasa penting karena dapat mempengaruhi kualitas barang yang dipesan.

Cara Mengimport Barang yang Menguntungkan

Para importir pastinya akan selalu mendambakan keuntungan setiap kali bertransaksi dengan pihak lain. Keuntungan yang diinginkan hanya dapat diperoleh jika barang yang mereka perdagangkan memiliki kualitas yang baik. Untuk menjaga kualitas barang selalu berada dalam keadaan baik, importir harus memilih metode pengiriman barang yang tepat.

Selain dapat menjaga barang selalu berada dalam keadaan baik, importir akan mendapatkan barang sesuai dengan waktu yang ditentukan. Importir dapat mengira-ngira kapan datangnya barang yang dipesan dengan menggunakan beberapa metode pengiriman barang yang ada. Berikut ini merupakan metode pengiriman barang yang dapat digunakan :

  • Pengiriman barang melalui laut atau Ocean Freight

Pengiriman barang melalui laut merupakan cara mengimport barang yang ideal jika barang yang dipesan berjumlah besar. Pengiriman barang dengan jalan laut tidak dapat dilakukan secara cepat dan memerlukan waktu yang sedikit lebih lama jika dibandingkan dengan metode pengiriman barang yang lainnya.

  • Pengiriman barang melalui udara atau Air Freight

Pengiriman barang melalui udara merupakan cara mengimport barang tercepat. Cara pengiriman barang ini biasanya dilakukan untuk pemesanan mendesak saja.

  • Pengiriman barang melalui darat

Pengiriman barang melalui darat merupakan pengiriman barang yang dikombinasikan dengan jalur udara dan laut. Selain menggunakan truk atau mobil, pengiriman barang juga membutuhkan kapal laut dan pesawat. Hal ini disebabkan oleh pemesanan barang yang dilakukan dengan negara lain.

Untuk memperlacar kegiatan import barang, importir harus menentukan bagaimana cara pembayaran atas barang yang dipesan. Untuk melakukan pembayaran, importir akan mendapatkan konfirmasi harga terlebih dahulu yang datang dari pemasok barang.

Barang akan sampai pada tempat yang diinginkan setelah kegiatan pembayaran selesai untuk dilakukan. Untuk melengkapi cara mengimport barang dengan benar, simak penjelasan mengenai cara pembayaran pemesanan barang dari luar negeri berikut ini :

  • Transfer bank

Metode pembayaran yang biasa dilakukan adalah dengan melakukan transfer. Importir akan mengirim sejumlah uang yang telah disepakati kepada rekening pemasok. Cara ini merupakan cara pembayaran tercepat untuk transaksi antar negara.

  • Wesel inkaso

Pemasok memiliki hak dalam mengawasi barang hingga wesel inkaso sampai pada di tangan importir. Pengeklaiman atas wesel inkaso akan dilakukan oleh bank yang dipilih oleh importir.

  • Pembayaran dengan kartu kredit.
  • Letter of Credit

Pembayaran dengan system letter of credit biasanya berisikan mengenai kapan pembayaran akan dilakukan. Cara pembayaran dengan letter of credit merupakan cara pembayaran teraman hingga saat ini.

Check Also

Kelebihan Dan Kekurangan Jadi Distributor Dan Agen Barang Impor

Usaha Yang Menguntungkan Dengan Menjadi Distributor/Agen Barang Impor

Anda salah satu yang sedang mencari usaha yang menguntungkan? Kalau demikian, Anda membaca artikel yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.