Home / Blog / Menghitung Kisaran Harga Sekrup GRC untuk Pemasangan Plafon Papan Semen
harga sekrup grc
homedepot.com

Menghitung Kisaran Harga Sekrup GRC untuk Pemasangan Plafon Papan Semen

Saat ini harga papan semen dijual mulai dari 40 ribu rupiah per lembar. Sementara untuk harga sekrup GRC dipatok pada kisaran harga 70 ribu rupiah per kilo. Harga ini tentu bisa lebih murah atau mahal, tergantung pada ukuran dan jumlah sekrup.

Plafon papan semen sangat umum digunakan pada rangka rumah. Plafon jenis ini umumnya menggunakan sekrup GRC sebagai alat penyambung utama dan memiliki banyak jenis dengan variasi ketebalan dan komposisi bahan yang berbeda, misalnya seperti versaboard, kalsiboard, dan GRC.

Penggunaan papan semen sangat diminati oleh para pengembang properti karena berbagai keunggulannya, yaitu:

  • Tahan Air
harga sekrup grc
fibersemen.com

Papan semen merupakan material idaman untuk membuat plafon rumah karena ketahanannya terhadap air.

Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan negara tropis dengan curah hujan yang cukup tinggi setiap tahunnya. Pada musim hujan, air kerap kali merembes melewati atap dan jatuh di plafon. Bagi Anda yang menggunakan plafon berbahan gypsum, hal ini tentu dapat menyebabkan masalah karena lama-kelamaan plafon dapat rusak atau berlubang akibat air hujan.

  • Tahan Rayap
harga sekrup grc
wikipedia.org

Tak hanya air, plafon papan semen juga tahan terhadap rayap. Hal ini biasanya menjadi masalah serius bagi Anda yang menggunakan plafon dari bahan triplek atau gypsum. Hama rayap yang lama-kelamaan dapat menyebar hingga ke rangka dan bagian dalam rumah tentu dapat menimbulkan gangguan yang serius terhadap diri Anda dan keluarga.

Dengan menggunakan papan semen, Anda akan terhindar dari gangguan hama rayap yang menyebalkan.

  • Harga Lebih Murah
harga sekrup grc
bestweedeaters.com

Dengan kemajuan teknologi industri, papan semen kini bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau. Dengan kata lain, Anda bisa mengganti plafon rumah Anda dengan papan semen meski hanya memiliki bujet yang pas-pasan.

Menghindari Kesalahan Pemasangan Sekrup GRC

harga sekrup grc
youtube.com

Saat ini, harga sekrup GRC memang sedikit lebih mahal dari jenis sekrup drywall lain seperti sekrup gypsum. Meski begitu, Anda sebaiknya tetap menggunakan sekrup GRC untuk material berbahan agak “keras” seperti papan semen atau papan GRC.

Selain karena bentuk sekrup yang runcing, sekrup GRC juga lebih cocok digunakan pada pemasangan papan semen karena adanya coakan khusus di leher sekrup yang berguna untuk meratakan pemasangan sekrup ke papan GRC yang memiliki kontur lebih keras daripada jenis papan lainnya.

Saat melakuan pemasangan sekrup GRC pada plafon papan semen, ada dua kesalahan yang harus Anda hindari, yaitu:

  1. Sudut Lembaran Pecah

Pemasangan sekrup sebaiknya tidak terlalu dekat dengan sudut papan, sebab hal ini berisiko membuat sudut lembaran pecah. Untuk menjaga agar papan tidak pecah, pastikan masing-masing sekrup yang dipasang memiliki jarak setidaknya 5 cm.

  1. Sambungan Papan Semen yang Retak

Saat kompon gypsum mengering, bagian kompon yang tidak menyatu dengan papan semen bisa menimbulkan keretakan yang memerlukan perbaikan serius. Untuk menghindari masalah ini, Anda dapat menggunakan berbagai varian kompon yang sesuai dengan material yang Anda gunakan, misalnya kompon Versa untuk material versaboard, atau kompon A+B untuk papan GRC.

Dua kesalahan pemasangan di atas harus Anda hindari guna memaksimalkan bujet yang Anda punya. Adapun total biaya yang harus Anda keluarkan pada akhirnya sangat bergantung pada luas plafon yang Anda pasang.

Itulah sedikit ulasan mengenai sekrup GRC dan papan plafon semen. Sebagai penutup, untuk mendapatkan harga sekrup GRC yang lebih kompetitif, Anda dapat mengunjungi website www.importer.co.id yang menyediakan beraneka ragam material bangunan berkualitas terbaik.

Check Also

sekrup gypsum

5 Tips Menggunakan Sekrup gypsum pada Papan Gypsum

Sekrup gypsum adalah salah satu jenis sekrup drywall yang banyak digunakan di industri rumah tangga. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.