Home / ATK / Ini 5 Kegunaan Kertas Karton dalam Industri Percetakan
Kertas Karton
Ini 5 Kegunaan Kertas Karton dalam Industri Percetakan - alicdn

Ini 5 Kegunaan Kertas Karton dalam Industri Percetakan

Siapa pun pasti tahu kertas karton. Disebut juga sebagai paperboard, kertas ini terbuat dari bubur kertas atau pulp. Bubur kertas tersebut bisa berupa pulp sintetis, organik, atau daur ulang alias sisa produksi kertas. Suatu material disebut karton apabila memiliki gramatur lebih dari 200 gsm.

Pembuatan karton ternyata bermula dari kebutuhan jasa pengiriman akan kemasan yang dapat dipakai berulang-ulang selama masa perang berlangsung. Produksi pertama dilakukan tahun 1817 di Inggris. Pengemasan barang ekspedisi dengan karton menghemat pengeluaran jasa pengiriman barang. Selain meminimalkan penggunaan ruang di bagasi kapal, karton juga dapat dibongkar pasang dan dipakai kembali selama kondisinya masih layak.

Industri percetakan di Indonesia mengenal tiga penggolongan karton. Pertama, karton boks. Jenis ini memungkinkan Anda untuk membentuk dan melipat, tetapi isi karton tetap terjaga dan tidak mudah rusak. Saat Anda memotong karton boks secara horizontal, Anda akan melihat gelombang karton yang dibuat berlapis. Ini membuat karton lebih kuat dan kokoh. Di luar negeri, jenis ini disebut juga corrugated paperboard.

Jenis kedua adalah flexible packaging. Jenis ini lebih sering dipakai untuk kemasan makanan atau minuman. Biasanya akan ditambahkan lapisan antijamur atau bahan lainnya untuk mencegah terjadinya kontaminasi bakteri masuk dalam kemasan. Setiap negara juga punya standar kesehatan tersendiri untuk kemasan makanan dan minuman ini. Di sini kemasan tersebut dikenal orang sebagai tetrapack.

Terakhir, jenis kertas karton. Inilah yang paling mudah ditemui di toko ATK, fotokopi, atau usaha percetakan. Ukuran standar karton biasanya berupa kertas plano A0, sehingga mudah dipotong ke berbagai ukuran sesuai kebutuhan. Jenis ini paling sering dipakai untuk kerajinan tangan. Tekstur kertas ini juga beragam. Ada yang halus, ada pula yang bertekstur, ada pula yang berkilau. Dengan ketebalan yang pas, jelas karton punya daya tahan lebih baik dari kertas biasa.

Nah, Anda tinggal memilih mana jenis karton yang ingin Anda jual di toko atau usaha percetakan Anda. Selain itu, pilihlah supplier yang tepat agar stok kertas ini selalu tersedia. Membeli jumlah banyak di Importer.co.id bisa jadi pilihan tepat. Dengan harga ekonomis, Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari setiap penjualan kertas tersebut.

Kegunaan Kertas Karton

Di industri percetakan, kertas karton punya banyak kegunaan. Jika masyarakat umum lebih memanfaatkan jenis kertas ini untuk kerajinan tangan, maka industri percetakan menggunakannya untuk 5 hal berikut.

 

Kertas karton untuk pembuatan paper bag

Kertas karton untuk pembuatan paper bag - Ini 5 Kegunaan Kertas Karton dalam Industri Percetakan
Kertas karton untuk pembuatan paper bag – Ini 5 Kegunaan Kertas Karton dalam Industri Percetakan – dhgate

 

Salah satu jenis kertas yang populer untuk pembuatan paper bag adalah art carton. Dengan gramatur 190 – 400 gram, Anda juga dapat mencetak desain di atas kertas ini secara offset atau digital.

 

Kertas karton untuk mencetak poster, kartu nama, dan materi publikasi

Kertas karton untuk mencetak poster, kartu nama, dan materi publikasi - Ini 5 Kegunaan Kertas Karton dalam Industri Percetakan
Kertas karton untuk mencetak poster, kartu nama, dan materi publikasi – Ini 5 Kegunaan Kertas Karton dalam Industri Percetakan – make

 

Kertas yang sering digunakan termasuk art carton, kertas BC atau manila, atau ivory. Perbedaan finishing pada hasil cetakan bisa menghasilkan tampilan berbeda dan menarik.

 

Kertas karton untuk kemasan makanan

Kertas karton untuk kemasan makanan - Ini 5 Kegunaan Kertas Karton dalam Industri Percetakan
Kertas karton untuk kemasan makanan – Ini 5 Kegunaan Kertas Karton dalam Industri Percetakan

 

Biasanya yang digunakan adalah kertas duplex dengan dua warna. Sisi luar berwarna putih, sisi dalam abu-abu. Harganya termasuk murah dibandingkan jenis kertas lain.

 

Kertas karton untuk perlengkapan ATK

Kertas karton untuk perlengkapan ATK - Ini 5 Kegunaan Kertas Karton dalam Industri Percetakan
Kertas karton untuk perlengkapan ATK – Ini 5 Kegunaan Kertas Karton dalam Industri Percetakan – forteproduct

 

Umumnya dipakai untuk membuat stofmap, kartu pos, dst. Paling sering berbahan kertas BC atau manila dengan permukaan yang bertekstur.

 

Kertas karton untuk mencetak undangan dan sertifikat

Kertas karton untuk mencetak undangan dan sertifikat - Ini 5 Kegunaan Kertas Karton dalam Industri Percetakan
Kertas karton untuk mencetak undangan dan sertifikat – Ini 5 Kegunaan Kertas Karton dalam Industri Percetakan – printondemand

 

Varian bahan kertasnya bisa dipilih dari yang murah dan terjangkau, seperti kertas BC atau manila. Jika ingin tampilan premium dan mahal, bisa memilih kertas art carton atau ivory.

Baca Juga:

Dari 5 kegunaan tersebut menunjukkan kertas karton jelas menjadi pilihan populer yang dicari pelanggan. Oleh karena itu, Anda harus punya supplier tepercaya yang bisa menjamin ketersediaan kertas ini di toko atau usaha percetakan. Memilih Importer.co.id sebagai mitra bisa menguntungkan bisnis Anda. Dengan barang-barang impor dari China, Anda akan memperoleh barang harga ekonomis yang mengusung kualitas terbaik. Sebuah prinsip tepat untuk menjalankan bisnis, bukan?

Check Also

Panduan Memilih Kertas untuk Sertifikat dan Piagam Penghargaan

Panduan Memilih Kertas untuk Sertifikat dan Piagam Penghargaan

Sertifikat dan piagam, selembar kertas dengan tampilan menawan dan penuh makna. Sertifikat biasanya dijadikan sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.