Home / ATK / Ingin Memulai Bisnis Fotokopi? Kenali Ragam Kertas HVS yang Biasa Dipakai
Ingin Memulai Bisnis Fotokopi? Kenali Ragam Kertas HVS yang Biasa Dipakai
Ingin Memulai Bisnis Fotokopi? Kenali Ragam Kertas HVS yang Biasa Dipakai - dados

Ingin Memulai Bisnis Fotokopi? Kenali Ragam Kertas HVS yang Biasa Dipakai

Tentu Anda sudah sangat akrab dengan kertas HVS. Anda biasa menggunakan kertas ini sehari-hari, terutama untuk keperluan cetak mencetak. Jenis kertas ini selalu tersedia di berbagai usaha percetakan maupun fotokopi. Ukuran kertas pun beragam dan bisa pula dibeli dalam bentuk lembaran kertas plano.

Namun, tahukah Anda singkatan apa HVS itu? Ternyata singkatan ini berasal dari bahasa Belanda. Kepanjangan HVS adalah houtvrij schrijfpapier, berarti kertas tulis bebas serat kayu. Bahan dasar kertas ini adalah bubur kertas atau pulp tanpa lignin. Lignin merupakan perekat antarserat yang biasa ditemukan dalam pohon. Karena tanpa lignin, warna kertas pun lebih awet. Kertas tidak gampang kekuningan ketika ‘dipanaskan’ di bawah sinar lampu atau sinar matahari.

 

Ingin Memulai Bisnis Fotokopi? Kenali Ragam Kertas HVS yang Biasa Dipakai
Ingin Memulai Bisnis Fotokopi? Kenali Ragam Kertas HVS yang Biasa Dipakai – sinarharian

 

Di Indonesia kertas ini hadir dalam berbagai ukuran dan ketebalan kertas. Penggunaan yang beragam membuat kertas ini harus tersedia setiap saat di toko atau usaha percetakan. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis fotokopi, membeli kertas HVS dalam jumlah banyak akan lebih mudah jika memilih Importer.co.id sebagai supplier.

Barang-barang di sini didatangkan langsung dari China. Negeri Tirai Bambu ini sudah lama dikenal sebagai produsen barang murah dengan kualitas baik. Harga yang bersaing juga menambah keuntungan Anda saat membeli barang impor ini. Apalagi, Anda membelinya dalam partai besar, sudah tentu pilihan ini lebih ekonomis.

 

Ragam Kertas HVS

Di pasaran Anda mudah menemukan kertas tersebut dalam berbagai dimensi. Jenis kertas ini bisa dikelompokkan sesuai ukuran dan ketebalan atau gramatur kertas. Berikut ragam kertas HVS yang wajib Anda ketahui.

 

Kertas HVS berdasarkan ukuran

Kertas HVS berdasarkan ukuran - Ingin Memulai Bisnis Fotokopi? Kenali Ragam Kertas HVS yang Biasa Dipakai
Kertas HVS berdasarkan ukuran – Ingin Memulai Bisnis Fotokopi? Kenali Ragam Kertas HVS yang Biasa Dipakai – ralali

 

  • Kertas HVS B5

Kertas ini berukuran 18,2 x 25,7 cm. Biasanya digunakan untuk mencetak buku bacaan maupun buku catatan.

  • Kertas HVS kuarto (Q4)

Sering juga dikenal sebagai ukuran letter. Ukurannya adalah 21,6 x 27,9 cm. Lebar kertas ini sedikit lebih panjang daripada ukuran A4.

  • Kertas HVS A4

Ukuran kertas paling populer digunakan. Dengan lebar 21 cm dan panjang 29,7 cm, kertas A4 juga menjadi standar internasional yang dipakai di berbagai belahan dunia.

  • Kertas HVS F4

Sering juga disebut sebagai kertas folio. Di Inggris dikenal sebagai foolscap paper. Berukuran 21,6 x 33 cm, kertas ini masih mudah ditemui di Indonesia.

  • Kertas HVS A3

Berukuran 29,7 x 42 cm, kertas ini sering digunakan untuk keperluan fotokopi atau mencetak dokumen yang berukuran lebih besar.

  • Kertas HVS plano

Wajib dibeli untuk usaha percetakan atau fotokopi. Ukuran kertas plano untuk HVS beragam, yakni 79 x 109 cm, 65 x 100 cm, 65 x 90 cm, dan 61 x 86 cm.

 

Kertas HVS berdasarkan ketebalan atau gramatur

Kertas HVS berdasarkan ketebalan atau gramatur - Ingin Memulai Bisnis Fotokopi? Kenali Ragam Kertas HVS yang Biasa Dipakai
Kertas HVS berdasarkan ketebalan atau gramatur – Ingin Memulai Bisnis Fotokopi? Kenali Ragam Kertas HVS yang Biasa Dipakai – mlstatic

 

  • Kertas HVS 70 gsm

Biasa digunakan untuk keperluan mencetak dokumen biasa atau fotokopi karena lebih ekonomis.

  • Kertas HVS 80 gsm

Merupakan gramatur standar untuk tugas makalah, skripsi/tesis/disertasi, hingga dokumen penting kantor perusahaan dan pemerintahan.

  • Kertas HVS 100 gsm

Mencetak di kertas ini menghasilkan gambar yang lebih detail, biasa digunakan untuk keperluan presentasi.

Ingin Memulai Bisnis Fotokopi? Kenali Ragam Kertas HVS yang Biasa Dipakai
Ingin Memulai Bisnis Fotokopi? Kenali Ragam Kertas HVS yang Biasa Dipakai – mencetak

 

Salah satu trik yang harus Anda cermati saat memulai bisnis fotokopi adalah bagaimana Anda menyediakan ragam kertas HVS untuk memudahkan calon pelanggan Anda. Kadang Anda tidak bisa menduga kebutuhan mereka. Misalnya, saat Anda memutuskan tidak membeli kertas kuarto, ternyata ada saja yang membeli. Oleh karena itu, lebih bijak jika Anda menyediakan semua jenis kertas yang sering dicari orang.

Baca Juga:

Untuk memulai bisnis fotokopi, Anda harus memilih mitra yang tepat sebagai supplier andal dan tepercaya. Maka, jadikan Importer.co.id sebagai partner bisnis fotokopi Anda. Harga murah dan ekonomis dapat memberikan keuntungan lebih dan menghemat biaya operasional. Dijamin usaha Anda akan berkembang lebih cepat!

Check Also

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Ngeprint Amplop

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Ngeprint Amplop

Amplop perusahaan mudah dikenali lewat kop surat. Kop surat biasanya berisi logo dan nama perusahaan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.