lampu downlight
Lampu downlight yang Aman - puppify.info

4 Alasan Mengapa Lampu Downlight Kian Populer pada Hunian

Salah satu jenis sumber penerangan yang semakin banyak digunakan terutama pada gedung-gedung modern adalah lampu downlight.

Secara umum, downlight mudah Anda temui pada pusat-pusat perbelanjaan mewah, hotel, apartemen, kantor-kantor bisnis elite, dan bangunan komersial lainnya.

Namun, kini Anda pun cukup mudah menemukannya di rumah terutama yang mengusung gaya modern minimalis.

Tidak banyak yang tahu, lampu yang diletakkan tersembunyi atau masuk ke dalam pada panel-panel khusus di plafon maupun dinding ini sebenarnya sudah digunakan sejak tahun 1930-an.

Cukup lama, bukan? Hanya saja, di Indonesia sendiri, penggunaannya memang boleh dibilang baru memasuki fase yang disebut tren.

Lantas, apa yang membuat kini masyarakat semakin memilih menggunakan lampu downlight pada huniannya?

Berikut ini 6 kelebihan lampu downlight:

Dengan Lampu Downlight membuat ruangan menjadi lebih lapang

kelebihan lampu downlight
Lampu Downlight – image: standarpro.com

Ketika berada dalam ruangan atau gedung yang memasang downlight pada plafonnya, cobalah untuk memperhatikannya sejenak.

Setelah itu, bandingkan dengan ruangan atau gedung lain yang menggunakan lampu bohlam atau penerangan lainnya dengan cara menggantungkannya seperti biasa. Mana yang terlihat lebih luas?

Hal ini tidak lain karena efek dimensi yang dihasilkan dari tangkapan visual indra manusia. Tanpa adanya benda yang menonjol di sebuah bidang, maka keseluruhan bidang pun menjadi lebih luas.

Selain itu, penataan lampu yang merata dan tidak terpusat hanya pada satu titik di tengah membuat ruangan juga lebih lapang.

Menjadikan pencahayaan semakin fokus

lampu downlight outbow
Kelebihan lampu downlight – Gambar oleh Pierre Blaché dari Pixabay jpg

Lampu downlight sengaja dipasang untuk mengatur arah paparan sinar sumber cahaya. Sinar akan lebih fokus menyorot pada satu objek tertentu sesuai yang diharapkan seperti lukisan, guci, lemari buku, dan lain-lain.

Tentu saja, bila ambient lighting alias pencahayaan utama yang diinginkan adalah untuk menerangi keseluruhan ruangan—seperti di ruang keluarga, dapur, atau yang lain—maka tidak cukup hanya sebuah lampu yang digunakan.

Jumlah downlight yang dibutuhkan bervariasi tergantung dari luas ruangan, jarak dari plafon ke lantai, serta jenis lampu yang digunakan.

Mempercantik ruangan

jenis lampu plafon rumah
Lampu Downlight jenis lampu plafon rumah – image: standardpro.com

Semakin berkembangnya kreativitas dan kebutuhan membuat instalasi lampu downlight tidak lagi terbatas di plafon atau langit-langit ruangan. Sekarang semakin banyak hunian yang mengaplikasikan downlight pada dinding maupun lantai.

Pemasangan pada titik-titik ini pun memberikan efek yang sangat menunjang estetika rumah. Untuk instalasi downlight pada dinding misalnya, biasanya digunakan pada bagian yang memiliki lorong atau koridor dan menimbulkan kesan luks tersendiri.

Sementara itu, instalasi pada bagian lantai dapat menimbulkan kesan dramatis bagi objek-objek dengan orientasi vertikal yang berada di atasnya seperti pot tanaman, guci, maupun pajangan menarik lainnya di sudut-sudut rumah.

Membutuhkan perawatan yang tidak susah

lampu downlight plafon
Lampu Downlight plafon – image: pixabay.com

Impresi mewah nan modern yang dihasilkan lampu downlight pun kerap membuat orang berpikir bahwa perawatan yang dilakukan pastilah susah. Kenyataannya, baik instalasi maupun maintenance lampu ini cukup mudah dan murah.

Hal yang perlu dilakukan adalah  membersihkan mangkuk cermin secara berkala dengan tujuan untuk menjaga fungsi memantulkan cahaya yang maksimal.

Selain itu, bila terjadi gangguan atau kerusakan pada sebuah desain downlight yang terdiri atas beberapa lampu (modul), maka tidak seluruh modul yang diganti, melainkan satu lampu yang bermasalah saja. Sama sekali tidak ribet, bukan?

Ruangan terlihat natural karena efek lampu downlight

lampu downlight ruang tamu
lampu downlight ruang tamu – kelebihan lampu downlight – Gambar oleh Barry D dari Pixabay

Sudah banyak rumah atau gedung-gedung yang menggunakan led lampu downlight karena terlihat elegan dan terkesan natural dalam efek pencahayaannya. Anda pun dapat memilih spot mana yang akan diterangi dan akan menambah nilai estetika sebuah ruangan.

Bentuk lampu yang beragam dan menarik

jenis lampu downlight
jenis lampu downlight – Gambar oleh Hans Braxmeier dari Pixabay

Lampu downlight pada dasarnya dapat menggunakan jenis lampu apa saja, tetapi bohlam LED kini menjadi yang paling populer. Dan memiliki daya tahan lebih lama di bandingkan bohlam halogen.

Berikut ini 4 jenis lampu downlight:

  1. Lampu Downlight Inbow
  2. Lampu Downlight Outbow.
  3. Lampu Downlight Slim.
  4. Lampu Downlight Spot.

Sebagai perusahaan impor berbagai produk konstruksi dan perabotan hunian, Importer.co. id menyediakan lampu downlight LED terbaik dengan harga yang sangat terjangkau.

Anda bisa mendapatkan beragam jenis downlight sesuai dengan kebutuhan. Baca Juga : Kenali Dulu 5 Jenis Lampu Sebelum Membeli

Kami melayani pembelian produk dalam partai besar. Selain lampu downlight, kami juga menyediakan beragam kebutuhan lainnya seperti lantai vinyl, rumput sintetis, elektronik, mesin berat, hingga lampu tidur.

Bagi Anda yang membutuhkan produk dalam jumlah besar atau ingin membuka usaha sebagai distributor, agen, maupun supplier, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon di nomor 08111583099.

Check Also

Mengapa Harus Pilih Atap Aluminium untuk Proyek Anda?

Atap aluminium sudah menjadi populer di antara kalangan para kontraktor. Atap tersebut juga banyak diminati …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.