Home / Blog / Tips Merawat Lampu Sorot LED Agar Lebih Tahan Lama
Tips Merawat Lampu Sorot LED Agar Lebih Tahan Lama - pixabay
Tips Merawat Lampu Sorot LED Agar Lebih Tahan Lama - pixabay.com

Tips Merawat Lampu Sorot LED Agar Lebih Tahan Lama

Implementasi penerangan dengan jenis LED semakin meluas. Lampu yang disebut-sebut sebagai lampu masa depan ini semakin banyak ditemukan di berbagai aspek, mulai dari elektronik, otomotif, konstruksi, hingga event organizing. Adapun salah satu jenisnya yang populer untuk kebutuhan gedung maupun panggung adalah lampu sorot LED.

Sesuai namanya, lampu sorot LED (juga sering disebut jenis lampu floodlight) merupakan jenis lampu yang digunakan untuk memberikan penerangan yang lebih intens dan fokus pada sebuah objek tertentu dengan komposisi pencahayaan utamanya menggunakan light emitting diode. Lampu ini sering digunakan di berbagai tempat publik seperti taman, lapangan olahraga, stadion, dan sebagainya.

Kendati demikian, tren penggunaan lampu sorot kini telah merambah pada hunian personal. Secara umum, floodlight ditempatkan pada posisi strategis dan outdoor seperti taman atau halaman. Meski begitu, dalam beberapa situasi khusus, ada pula masyarakat yang menggunakan lampu sorot pada indoor untuk memberikan kesan dramatisasi pada objek atau ruang khusus seperti galeri.

Mengapa Lampu Sorot LED

Mengapa Lampu Sorot LED - Tips Merawat Lampu Sorot LED Agar Lebih Tahan Lama - evolllution.com
Lampu Sorot LED – image: evolllution.com

Pada dasarnya lampu sorot bisa menggunakan sumber cahaya yang lain seperti halogen dan tenaga surya. Namun, hingga kini LED dianggap sebagai sumber optik yang paling ideal terutama ditinjau dari sisi efisiensinya. Satu-satunya yang masih sedikit mengganjal adalah biaya pembelian yang relatif lebih mahal.

Meski demikian, sesungguhnya investasi pada LED merupakan pilihan yang tepat. Jika dikalkulasi lebih jauh, biaya untuk perawatan dan penggunaan LED justru jauh lebih hemat dibandingkan yang lain. Lifetime yang diberikan LED bahkan mencapai lebih dari lima kali lipat daripada lampu lainnya. Dari sisi penggunaan daya pun, LED bisa memangkas pemborosan daya hingga lebih dari 50%.

Merawat Lampu Sorot LED

Merawat Lampu Sorot LED - Tips Merawat Lampu Sorot LED Agar Lebih Tahan Lama - pixabay.com
Lampu Sorot LED – image: pixabay.com

Untuk  merawat lampu sorot LED, kegiatan yang harus dilakukan pun sebetulnya tidaklah susah. Agar floodlights dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama dan tetap bekerja secara optimal, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan.

Memilih Produk Berkualitas

Memilih Produk Berkualitas - Tips Merawat Lampu Sorot LED Agar Lebih Tahan Lama - aboutfacespaandsalon.net
Lampu Sorot LED – image: aboutfacespaandsalon.net

Langkah paling awal untuk merawat lampu sorot LED adalah dengan lebih dulu memastikan bahwa produk yang dibeli memiliki jaminan kualitas apik. Paling tidak, pilihlah lampu yang dibekali oleh material terbaik.

Pertimbangan ini juga perlu semakin diperhatikan bila lampu sorot akan diletakkan pada outdoor. Beberapa pilihan yang baik adalah kuningan, keramik, atau campuran tembaga dan kuningan yang tidak mudah korosif sehingga lebih apik sekaligus tahan lama.

Meletakkan dengan Tepat di Titik Strategis

Merawat Lampu Sorot LED - Tips Merawat Lampu Sorot LED Agar Lebih Tahan Lama - nachtkastje.info
Lampu Sorot LED – image: nachtkastje.info

Perhatikan di titik mana lampu akan diletakkan. Pastikan bahwa kondisi di sekeliling lampu cukup aman dan kondusif sehingga tidak perlu memindahkannya terlalu sering. Pilih tempat-tempat yang terlindungi tetapi cukup bersih dan tidak menghalangi penerangan.

Jangan lupa, pastikan selalu melakukan mechanical check secara rutin, baik untuk posisi lampu sorot LED digantung maupun tidak. Periksa pula komponen penting seperti foundation bold dan bracket lampu.

Membersihkan Bagian Permukaan Penampang

Membersihkan Bagian Permukaan Penampang - Tips Merawat Lampu Sorot LED Agar Lebih Tahan Lama - BestReviews
Lampu Sorot LED – image: BestReviews

Sebanyak 17% keluaran cahaya yang dihasilkan oleh lampu sorot dapat hilang karena keberadaan debu dan kotoran yang terakumulasi. Angka ini pun dapat semakin bertambah sesuai dengan banyaknya polusi yang menempel.

Bersihkan bagian permukaan penampang dengan rutin. Di samping itu, pastikan pula cara membersihkannya tidak sembarangan karena justru dapat menggores dan memperburuk kondisi penampang lampu.

Importer.co.id menyediakan berbagai macam lampu sorot LED. Kami menawarkan produk-produk impor Cina dengan jaminan kualitas tinggi dan harga paling murah. Sebagai pusat importir Cina yang telah berpengalaman sejak tahun 2014, kami siap membantu Anda memperoleh produk terbaik.

Kami menyediakan pembelian dalam partai besar sehingga cocok bagi Anda yang ingin menjadi agen, distributor, atau supplier. Untuk informasi lebih lanjut jangan ragu untuk menghubungi kami melalui telepon atau WhatsApp di nomor 0811158309.

Check Also

sekrup gypsum

5 Tips Menggunakan Sekrup gypsum pada Papan Gypsum

Sekrup gypsum adalah salah satu jenis sekrup drywall yang banyak digunakan di industri rumah tangga. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.