Home / Blog / Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lampu Jalan
lampu jalan - Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lampu Jalan - pixabay.com
lampu jalan - Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lampu Jalan - pixabay.com

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lampu Jalan

Lampu jalan memiliki peranan yang sangat penting terhadap keamanan dan keselamatan pengguna jalan. Kebutuhan ini tidak hanya dirasakan oleh penduduk kawasan urban, tetapi juga di wilayah pedesaan. Terutama di jalur yang cukup jauh dari pemukiman dan rawan terhadap berbagai tindakan kriminal, penerangan menjadi hal mutlak yang diperlukan.

Dalam rangka memenuhi penerangan yang ideal di ruas jalan, diperlukan berbagai perhitungan dan pertimbangan yang matang. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih lampu jalan adalah sebagai berikut.

Efisiensi Cahaya

Efisiensi Cahaya - Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lampu Jalan - pixabay.com
Lampu Jalan – image: pixabay.com

Seberapa terang cahaya yang dihasilkan oleh sebuah lampu serta seberapa luas cakupannya adalah hal utama yang perlu menjadi pertimbangan. Masing-masing pihak pun mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda antara satu dan yang lainnya.

Tiap jenis sumber cahaya juga memiliki kemampuan penerangan yang tidak sama. Maka dari itu, Anda akan membutuhkan penghitungan yang detail terkait kapasitas masing-masing lampu serta berapa banyak jumlah lampu yang dibutuhkan untuk menerangi sebuah kawasan tertentu.

Beberapa jenis sumber penerangan yang paling populer adalah sebagai berikut:

Lampu Neon TL

Daya yang digunakan lampu neon TL cenderung lebih kecil dibandingkan lampu bohlam biasa dengan perbandingan efisiensi 16:53. Suhu yang dihasilkan pun lebih rendah dibandingkan bohlam. Meski begitu, biaya pembelian set lampu TL relatif besar.

Lampu HPL-N

Lampu merkuri ini disebut MBF di kawasan Eropa, X dan DX di Amerika, dan HF di Jepang. HPL-N mempunyai lifetime yang berkisar antara 12.000 hingga 20.000 jam dengan fluks cahaya 1.800 hingga 54.200 lumen.

Lampu LVD

Lampu LVD - Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lampu Jalan - City-Data.com
Lampu Jalan – image: City-Data.com

Lampu induksi tinggi dalam ukuran watt yang kecil ini mampu menghasilkan cahaya setara lampu metal halida atau sodium yang berdaya besar. Lifetime yang dihasilkan rata-rata berada di angka 10.000 jam. Adapun di samping sebagai lampu jalan, LVD juga sering digunakan sebagai lampu sorot.

Lampu LED

Lampu LED - Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lampu Jalan - pixabay.com
Lampu Jalan – image: pixabay.com

Lampu berbahan semikonduktor ini semakin banyak digunakan sebagai sumber penerangan termasuk untuk di jalan. Efisiensinya cukup tinggi dengan menghasilkan sekitar 100m/Watt. LED juga disebut sebagai lampu yang ramah lingkungan serta aman bagi kesehatan tubuh manusia karena mengandung sangat minim bahan-bahan beracun.

Persamaan lima jenis lampu tersebut adalah pada sumber energinya yakni listrik. Bila menginginkan teknologi yang lebih maju dan lebih hemat energi, lampu jalan dengan sel surya adalah jawabannya. Sayangnya, hingga kini harga yang ditawarkan untuk penerangan jenis ini masih tergolong sangat tinggi.

Otomatisasi

Otomatisasi - Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lampu Jalan - pixabay.com
Lampu Jalan – image: pixabay.com

 

Keberadaan lampu jalan yang tidak berada di dalam ruangan kerap agak terabaikan ketika matahari sudah mulai tampak. Anda pun tentu pernah mendapati lampu-lampu jalan yang masih menyala meski langit sudah cerah, bukan?

Penggunaan yang terus menerus dan pengaturan yang sering luput ini akan berdampak pada biaya listrik yang harus dibayarkan pada akhir bulan. Maka dari itu, kontrol switch on off  lampu perlu diperhatikan dengan baik.

Sebagai solusi, lampu jalan dapat menggunakan model smart lamp yang sudah dilengkapi dengan sensor cahaya sehingga dapat mengatur sendiri kapan harus mati dan menyala. Adapun alternatif lain adalah dengan menambahkan komponen ke dalam sistem beserta pengaturan menggunakan clock (timer) untuk sistem otomatisasi.

Biaya Operasional

Biaya Operasional - Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lampu Jalan - pixabay.com
Lampu Jalan – image: pixabay.com

 

Penggunaan lampu jalan berlangsung cukup lama dan menghabiskan biaya yang tidak sedikit setiap bulannya. Maka dari itu, pertimbangan untuk memilih produk berkualitas dengan cost minimal perlu menjadi prioritas.

Di jajaran pemerintahan, lampu jalan LED semakin banyak diaplikasikan. Lampu hemat energi ini bahkan mampu mengurangi biaya beban listrik hingga lebih dari 50% karena efisiensi yang dihasilkannya.

Importer.co.id menyediakan berbagai lampu jalan berkualitas dengan harga murah dalam partai. Produk kami adalah produk impor terbaik dari Cina yang terbukti mutunya. Sebelum melakukan pembelian, kami pun melakukan survei langsung di pabrik sehingga jaminan kualitasnya aman.

Selain lampu jalan, kami menyediakan beragam produk lain seperti lantai vinyl, rumput sintetis, hingga mesin-mesin berat. Bila Anda ingin menjadi distributor, supplier, atau agen, jangan ragu menghubungi kami melalui dengan cepat melalui WhatsApp atau telepon di nomor 0811158309.

Check Also

sekrup gypsum

5 Tips Menggunakan Sekrup gypsum pada Papan Gypsum

Sekrup gypsum adalah salah satu jenis sekrup drywall yang banyak digunakan di industri rumah tangga. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.