Home / Mainan Anak / Hal yang Harus Diperhatikan ketika Bermain dengan Mainan Anak-anak Perempuan
Warna mainan sangat penting - Hal yang Harus Diperhatikan ketika Bermain dengan Mainan Anak-anak Perempuan
Warna mainan sangat penting - Hal yang Harus Diperhatikan ketika Bermain dengan Mainan Anak-anak Perempuan - kiatfit

Hal yang Harus Diperhatikan ketika Bermain dengan Mainan Anak-anak Perempuan

Memilih mainan untuk anak memang seharusnya tidak boleh asal. Karena melalui bermain, anak juga secara tidak langsung belajar sesuatu. Oleh karena itu, mainan yang digunakan anak harus sesuai dengan usianya. Hal ini supaya ia terhindar dari risiko-risiko membahayakan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Untuk mainan anak-anak perempuan, ada banyak jenis yang bisa dipilih. Salah satunya, mainan boneka Barbie. Meskipun cantik, Barbie hanya boleh dimainkan oleh anak usia tertentu. Nah, apa saja hal yang harus diperhatikan dari jenis-jenis mainan anak-anak perempuan masa kini?

Imbangi dengan konsep yang benar

Imbangi dengan konsep - Hal yang Harus Diperhatikan ketika Bermain dengan Mainan Anak-anak Perempuan
Imbangi dengan konsep – Hal yang Harus Diperhatikan ketika Bermain dengan Mainan Anak-anak Perempuan – pixabay

Melalui mainan seperti Barbie, anak perempuan belajar tentang konsep kecantikan. Barbie digambarkan memiliki tubuh yang sangat ideal, memiliki banyak teman, kaya, dan label-label positif lain. Bukan tidak mungkin, kebanggaan anak terhadap sosok Barbie akan terbawa hingga dewasa.

Salah satu kecenderungan anak-anak perempuan adalah bermain peran. Mereka senang meniru ibu yang sering sibuk di dapur dengan bermain masak-masakan

Sebagai contoh, ketika anak perempuan menjadi besar dan mendapati tubuhnya tidak seideal Barbie, tentu akan timbul rasa kurang percaya diri. Karena itu, ibu sebaiknya memberikan kesan yang baik untuk mengimbangi konsep yang keliru terhadap kecantikan tersebut.

Bermain dengan aktivitas sehari-hari

Bermain dengan aktivitas sehari-hari - Hal yang Harus Diperhatikan ketika Bermain dengan Mainan Anak-anak Perempuan
Bermain dengan aktivitas sehari-hari – Hal yang Harus Diperhatikan ketika Bermain dengan Mainan Anak-anak Perempuan – timeincuk

Salah satu kecenderungan anak-anak perempuan adalah bermain peran. Mereka senang meniru ibu yang sering sibuk di dapur dengan bermain masak-masakan. Mulai dari peralatan memasak hingga perlengkapan rumah tangga mainan menjadi favorit mereka.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari aktivitas bermain ini. Pertama, anak terbiasa mengerjakan pekerjaan rumah tangga, meskipun baru dalam tahap meniru. Mencuri peralatan rumah tangga, merapikan ruangan dan menyiapkan bumbu-bumbu masakan, adalah keahlian yang dapat menjadi modal anak kelak ketika dewasa.

Supaya hasilnya maksimal, ibu juga sesekali bisa ikut terlibat. Misalnya, memberikan saran atau masukan mengenai hal-hal yang belum tepat. Namun, tetap diingat, ini semua hanya dalam rangka bermain.

Warna mainan sangat penting

Warna mainan sangat penting - Hal yang Harus Diperhatikan ketika Bermain dengan Mainan Anak-anak Perempuan
Warna mainan sangat penting – Hal yang Harus Diperhatikan ketika Bermain dengan Mainan Anak-anak Perempuan – kiatfit

Jika Anda ingin membelikan mainan, khususnya untuk anak-anak perempuan, pastikan warnanya mencolok. Anak perempuan menyukai jenis mainan yang didominasi oleh warna pink. Sebabnya, warna ini terlihat feminin dan cocok dengan jiwa anak perempuan yang lembut.

Jadi, kini tak perlu bingung lagi jika sedang mencarikan kado untuk anak perempuan. Segera cari benda-benda “lucu” berwarna pink dan anak pasti akan menyukainya.

Latih kepekaan anak dengan bermain

Latih kepekaan anak dengan bermain - Hal yang Harus Diperhatikan ketika Bermain dengan Mainan Anak-anak Perempuan
Latih kepekaan anak dengan bermain – Hal yang Harus Diperhatikan ketika Bermain dengan Mainan Anak-anak Perempuan – merries

Salah satu manfaat bermain bagi anak adalah melatih pribadinya menjadi lebih peka terhadap sekelilingnya. Jika bermain bersama anak-anak lain, ia belajar untuk berbagi dan memberi bantuan jika diperlukan.

Cara bermain anak perempuan biasanya lebih sederhana, cenderung diam, dan lebih banyak berkomunikasi melalui percakapan. Hal ini berbeda dengan anak laki-laki yang cenderung aktif bergerak dan bertindak. Dalam hal ini, naluri anak perempuan akan terbentuk dengan sendirinya.

Siapkan tempat penyimpanan yang besar

Siapkan tempat penyimpanan yang besar - Hal yang Harus Diperhatikan ketika Bermain dengan Mainan Anak-anak Perempuan
Siapkan tempat penyimpanan yang besar – Hal yang Harus Diperhatikan ketika Bermain dengan Mainan Anak-anak Perempuan – shopify

Mainan anak-anak perempuan terdiri atas berbagai perintilan kecil dan juga besar. Benda-benda ini bisa memenuhi seluruh rumah jika tidak dikumpulkan di satu tempat. Oleh karena itu, sediakan tempat penyimpanan yang  cukup besar untuk menampung seluruh barang anak. Ketika selesai digunakan, mainan pun bisa tertata rapi di dalam kotak.

Baca juga:

Nah, bagi Anda yang ingin membelikan mainan untuk anak, cobalah ke website www.importer.co.id. Di sini tersedia pemesanan bahan yang berkualitas dan murah. George Bernard Shaw mengatakan, “Kita tidak berhenti bermain karena kita semakin dewasa, tetapi kita tumbuh menjadi tua karena berhenti bermain.” Jadi, ajaklah anak untuk bermainlah supaya tetap awet muda.

Check Also

Kembangkan Daya Ingat Anak dengan Puzzle - Tidak Selalu Mainan Berdampak Buruk. Berikut 4 Mainan Anak Edukatif yang Dapat Dimanfaatkan

Tidak Selalu Mainan Berdampak Buruk. Berikut 4 Mainan Anak Edukatif yang Dapat Dimanfaatkan

“Creativity, problem solving, critical and analytical thinking, decision making, risk taking, all found in game-based …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.