Home / Mainan Anak / 5 Tips Cerdas Mengajak Si Kecil ke Toko Mainan Anak
Ajak anak untuk bekerja sama sebelum tiba di toko mainan - 5 Tips Cerdas Mengajak Si Kecil ke Toko Mainan Anak
Ajak anak untuk bekerja sama sebelum tiba di toko mainan - 5 Tips Cerdas Mengajak Si Kecil ke Toko Mainan Anak - i1.wp

5 Tips Cerdas Mengajak Si Kecil ke Toko Mainan Anak

Apakah Anda pernah menyaksikan seorang anak menangis meraung-raung ketika permintaannya tidak dikabulkan? Ini hal yang wajar terjadi. Anak-anak memang belum bisa membedakan keinginan dan kebutuhannya dengan baik. Jadi, ketika dilarang melakukan atau memiliki sesuatu, anak biasanya sulit untuk menerima.

Suatu kali, Anda mungkin ingin memberikan hadiah kepada anak dengan mengajaknya memilih mainan kesukaannya di toko mainan anak. Namun, Anda masih bingung apakah ini keputusan bijak. Pasalnya, perilaku anak bakal menimbulkan kegaduhan dan keramaian jika keinginannya tidak dipenuhi.

Nah, apa saja tips yang bisa dilakukan supaya anak lebih terkontrol ketika diajak membeli mainan?

Ajak anak untuk bekerja sama sebelum tiba di toko mainan

Ajak anak untuk bekerja sama sebelum tiba di toko mainan - 5 Tips Cerdas Mengajak Si Kecil ke Toko Mainan Anak
Ajak anak untuk bekerja sama sebelum tiba di toko mainan – 5 Tips Cerdas Mengajak Si Kecil ke Toko Mainan Anak – i1.wp

Sebenarnya, alasan utama anak menangis karena tidak mendapatkan keinginannya adalah ketidaktahuan. Ia tidak tahu bahwa orangtuanya memiliki pertimbangan khusus sehingga keputusan yang diambil tidak sesuai dengan kehendaknya.

Anak mungkin tidak tahu berapa harga mainan tersebut. Mahal atau murah, yang paling penting adalah mengajari anak untuk menjaga miliknya sendiri dengan baik.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mulai memberitahu anak dengan lembut sebelum tiba di toko mainan anak yang akan dikunjungi. Sampaikan keinginan Anda untuk memberikan hadiah yang terbaik untuknya. Namun, minta juga ia bekerja sama dengan menuruti perkataan Anda.

Berikan pilihan kepada anak berdasarkan pertimbangan tertentu

Berikan pilihan kepada anak berdasarkan pertimbangan tertentu - 5 Tips Cerdas Mengajak Si Kecil ke Toko Mainan Anak
Berikan pilihan kepada anak berdasarkan pertimbangan tertentu – 5 Tips Cerdas Mengajak Si Kecil ke Toko Mainan Anak – republika

Setiba di toko, anak mungkin akan merasa kebingungan karena ada begitu banyak mainan di sana. Nalurinya adalah ingin memiliki mainan sebanyak-banyaknya. Padahal, Anda hanya menyediakan sejumlah anggaran untuk itu.

Tentu saja, Anda harus menolak keinginan anak dan membantunya dengan memberikan pilihan-pilihan. Sebagai contoh, tunjuk mainan kesukaannya dan katakan, “Mainan ini bagus. Apakah kamu mau Ibu membelikannya?” Jika ia mengangguk, maka tugas Anda selanjutnya adalah membawanya ke kasir untuk melakukan pembayaran.

Namun, faktanya tidak semudah itu. Biasanya, anak akan meraih lebih dari satu mainan dan ingin memiliki semuanya. Nah, mulailah berbicara kepada anak dan sampaikan pertimbangan Anda dengan bahasa yang dapat ia mengerti.

Pujilah pilihan anak ketika membeli mainan

Pujilah pilihan anak ketika membeli mainan - 5 Tips Cerdas Mengajak Si Kecil ke Toko Mainan Anak
Pujilah pilihan anak ketika membeli mainan – 5 Tips Cerdas Mengajak Si Kecil ke Toko Mainan Anak – kompasiana

Saat berbelanja di toko mainan anak, Anda bisa mengajak anak untuk belajar menentukan pilihannya sendiri. Caranya adalah dengan memberikan kebebasan memilih mainan kesukaannya. Namun, sampaikan batas-batas khusus yang harus dipatuhi, misalnya soal harga atau jenis mainan yang boleh dibeli.

Dalam proses ini, anak bisa jadi akan sulit mengambil keputusan. Namun, bantulah ia dengan memberikan berbagai pertimbangan, seperti warna mainan, fitur-fitur yang menarik di mainan tersebut, dan sebagainya.

Jika akhirnya anak sudah menentukan pilihan, pujilah keputusannya tersebut. Katakan, “Ibu bangga padamu. Itu mainan yang bagus.” Hal ini akan mendorong anak untuk lebih percaya diri.

Tony Schutts mengatakan, “Ketika kamu memuji anak-anak pujilah mereka karena kualitas seperti kebaikan hati, kejujuran, dan ketekunan, sehingga mereka akan berusaha keras berkontribusi di dunia ini dengan cara yang penuh makna.”

Minta anak berjanji untuk menjaga mainan tersebut

Minta anak berjanji untuk menjaga mainan tersebut - 5 Tips Cerdas Mengajak Si Kecil ke Toko Mainan Anak
Minta anak berjanji untuk menjaga mainan tersebut – 5 Tips Cerdas Mengajak Si Kecil ke Toko Mainan Anak – orami

Anak mungkin tidak tahu berapa harga mainan tersebut. Mahal atau murah, yang paling penting adalah mengajari anak untuk menjaga miliknya sendiri dengan baik. Nah, bangunlah tanggung jawab anak dengan mengajaknya merawat mainan tersebut. Meskipun sepele, hal ini sedikit banyak akan memengaruhi karakter positif dalam diri anak kelak.

Jika anak tidak mau diajak bekerja sama dalam proses ini, berikan sanksi sesuai kesepakatan

Jika anak tidak mau diajak bekerja sama dalam proses ini, berikan sanksi sesuai kesepakatan - 5 Tips Cerdas Mengajak Si Kecil ke Toko Mainan Anak
Jika anak tidak mau diajak bekerja sama dalam proses ini, berikan sanksi sesuai kesepakatan – 5 Tips Cerdas Mengajak Si Kecil ke Toko Mainan Anak – woman7life

Melatih anak untuk patuh pada orangtua adalah pekerjaan rumah orangtua yang harus dijalani. Meskipun tidak mudah, seiring waktu berjalan, anak pun dapat belajar lebih banyak. Jika aturan tidak dipatuhi, orangtua boleh memberikan sanksi yang telah disepakati, misalnya anak tidak mendapatkan uang jajan selama beberapa hari.

Baca juga:

Nah, 5 cara inilah yang perlu Anda perhatikan ketika mengajak anak ke toko mainan anak. Jika tidak ingin direpotkan oleh tingkah anak ketika berkunjung ke toko mainan, belikan saja ia mainan impor dari www.importer.co.id. Ini adalah usaha impor barang-barang berkualitas dengan harga terjangkau, termasuk mainan anak.

Check Also

Kembangkan Daya Ingat Anak dengan Puzzle - Tidak Selalu Mainan Berdampak Buruk. Berikut 4 Mainan Anak Edukatif yang Dapat Dimanfaatkan

Tidak Selalu Mainan Berdampak Buruk. Berikut 4 Mainan Anak Edukatif yang Dapat Dimanfaatkan

“Creativity, problem solving, critical and analytical thinking, decision making, risk taking, all found in game-based …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.