Home / Blog / Mengenal Beragam Jenis dan Fungsi Sekrup yang Digunakan Sehari-Hari
sekrup
medium.com

Mengenal Beragam Jenis dan Fungsi Sekrup yang Digunakan Sehari-Hari

Sekrup adalah sebuah batang logam berukuran mini yang bertujuan untuk mengikat atau menyambung dua buah objek solid. Alat ini memiliki ulir heliks pada bagian batangnya yang berfungsi sebagai “perekat” guna menghasilkan daya ikat yang kencang dan akurat.

Sekrup dapat dengan mudah ditemukan dalam keseharian Anda. Daya rekatnya yang kuat serta ukurannya yang bervariasi membuat benda ini dapat digunakan di mana saja, mulai dari perangkat elektronik, perabotan rumah tangga, dinding rumah, hingga plafon.

Dari sekian banyak jenis sekrup yang diproduksi, beberapa jenis sekrup ini adalah yang paling umum digunakan dalam keseharian kita. Inilah jenis-jenis sekrup tersebut beserta fungsinya:

  1. Self Drilling Screw

sekrup
fwmfasteners.com

Sekrup dengan ujung tajam ini mampu membuat jalur sendiri ke dalam lembaran logam yang tipis. Oleh sebab itu, saat menggunakan sekrup ini Anda harus memastikan bahwa area yang hendak Anda pasangi sekrup sudah akurat. Jika tidak, Anda malah akan merusak material yang hendak Anda pakai.

Self drilling screw sangat umum ditemukan pada konstruksi atap dan rangka rumah berbahan baja ringan. Untuk mencegah terjadinya kebocoran akibat proses pemasangan yang tidak sempurna, self drilling screw biasanya dilengkapi dengan karet pengaman (rubber seal) saat digunakan untuk memasang atap.

  1. Sekrup Gypsum

sekrup
bosinhardware.com

Sekrup berwarna hitam ini biasanya akan Anda temukan pada plafon rumah atau dinding gypsum. Karena sering dipakai dalam perbaikan rangka rumah, sekrup gypsum biasanya terbuat dari baja antikarat supaya tangguh dalam menghadapi kelembapan udara di sudut-sudut rumah.

  1. Sekrup Tanpa kepala (Grub Screw)
sekrup
mcpuk.com

Sama seperti namanya, sekrup unik ini tidak memiliki kepala seperti sekrupsekrup pada umumnya. Sekrup tanpa kepala alias grub screw dilengkapi dengan alur obeng untuk memudahkan pemasangannya. Sekrup jenis ini biasanya digunakan di bawah permukaan material yang “terbenam” atau tidak terlihat.

  1. Sekrup Pengikat

sekrup
homedepot.com

Sekrup ini mungkin adalah sekrup yang paling umum Anda jumpai di keseharian Anda. Sekrup yang juga dikenal dengan sebutan cap screw atau sekrup berkepala ini digunakan dalam berbagai perlengkapan sehari-hari mulai dari ranjang, kaki meja, hingga penopang AC. Anda juga dapat menemukan sekrup jenis ini pada berbagai moda transportasi seperti motor atau mobil.

  1. Sekrup Pan Head dan Flat Head

sekrup
homedepot.com

Sekrup pan head dan flat head adalah dua jenis sekrup drywall berwarna putih/perak yang umum digunakan di industri perkayuan. Sekrup jenis ini dapat Anda temukan pada hampir semua furnitur rumah tangga mulai dari sofa, kosen jendela, hingga meja.

Tak hanya digunakan pada furnitur, Sekrup pan head dan flat head juga sering dipasang pada instalasi listrik bertegangan rendah yang ada di rumah-rumah. Kedua sekrup ini biasanya dibuat dari bahan zinc.

  1. Sekrup GRC

sekrup
shoppublichardware.com

Seperti namanya, sekrup GRC biasanya digunakan untuk memasang material GRC baik pada dinding rumah maupun plafon. Sekrup dengan warna kuning ini memiliki ujung yang runcing dengan kepala agak bulat. Sekrup GRC juga dikenal dengan sebutan drywall calsiboard.

Itulah beberapa jenis sekrup beserta fungsinya yang bisa Anda temukan dalam keseharian Anda. Sebagai penutup, bagi Anda yang tertarik untuk menjual sekrup atau memulai bisnis material, Anda dapat menemukan sekrup gypsum berkualitas terbaik melalui www.importer.co.id.

Anda dapat menemukan beragam jenis sekrup lain dengan berbagai ukuran di situs www.importer.co.id. Tak hanya sekrup, Importer juga menyediakan beragam material terbaik dengan harga yang kompetitif mulai dari lantai vinyl, rumput sintetis, lantai keramik dan granit, hingga perlengkapan kamar mandi.

Check Also

harga sekrup gypsum 2019

Inilah Kisaran Harga Sekrup Gypsum 2019

Sekrup gypsum adalah salah satu jenis sekrup drywall yang paling banyak digunakan. Di tengah meroketnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.