Home / Blog / 5 Tips Menggunakan Sekrup gypsum pada Papan Gypsum
sekrup gypsum
homedepot.com

5 Tips Menggunakan Sekrup gypsum pada Papan Gypsum

Sekrup gypsum adalah salah satu jenis sekrup drywall yang banyak digunakan di industri rumah tangga. Sekrup ini biasanya terbuat dari bahan besi atau baja antikarat dan memiliki warna hitam polos. Sekrup gypsum umumnya digunakan untuk memasang lembaran gypsum, baik untuk dinding, plafon, maupun untuk keperluan lainnya.

Saat Anda hendak memasang material gypsum pada rangkanya. Sekrup gypsum jelas dibutuhkan sebagai perekat. Meski terdengar sederhana, nyatanya pemasangan sekrup juga membutuhkan keahlian dan sedikit intuisi.

Bagi Anda yang masih awam atau belum terampil dalam memasang plafon atau dinding berbahan gypsum, beberapa tips di bawah ini dapat membantu Anda mempermudah pemasangan sekrup gypsum di rumah. Ini dia tips-tips tersebut:

  1. Gunakan Peralatan yang Tepat

sekrup gypsum
homedepot.com

Bahan gypsum dikenal cukup rapuh. Oleh karena itu, Anda membutuhkan peralatan yang tepat untuk memastikan keamanan dan ketepatan pemasangan. Beberapa alat yang Anda butuhkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal adalah screw gun (pistol sekrup) atau mesin bor, siku tukang, dan pisau atau cutter.

Untuk menyempurnakan pemasangan, Anda juga sebaiknya menggunakan compound gypsum dan tape gypsum berkualitas tinggi.

  1. Perhatikan Posisi Kepala Sekrup

sekrup gypsum
toolstation.com

Salah satu kesalahan yang umum terjadi saat pemasangan sekrup gypsum adalah posisi sekrup yang terlalu masuk ke dalam sehingga merobek lembaran gypsum atau menimbulkan keretakan kecil yang akhirnya bisa menjalar. Kesalahan ini biasanya terjadi pada Anda yang belum terampil menggunakan mesin bor.

Untuk menghindari kesalahan ini, perhatikan secara saksama posisi kepala sekrup saat hendak dipasang. Tidak perlu membenamkan sekrup terlalu dalam karena nantinya sekrup akan ditutup dengan coumpund dan tape gypsum.

  1. Lakukan Pemeriksaan pada Area Pemasangan Papan Gypsum

sekrup gypsum
insofast.com

Meski terdengar sepele, nyatanya hal ini sering menimbulkan masalah pada pemasangan papan gypsum di rumah, terutama pada bagian plafon. Kondisi rangka rumah yang sudah buruk akibat hantaman cuaca atau hama rumah seperti tikus dapat memengaruhi pemasangan gypsum.

Sebelum memulai proses pemasangan, periksalah area pemasangan secara menyeluruh. Pastikan setiap sudut rangka masih kuat dan laik pakai. Jangan memaksakan diri untuk mengebor sekrup di rangka yang sudah rapuh atau retak karena hal ini justru akan membahayakan diri Anda dan keluarga.

Singkirkan juga benda-benda yang mengganggu seperti tonjolan paku atau sekrup yang sudah tidak terpakai,

  1. Jumlah Sekrup gypsum yang Dipasang

sekrup gypsum
homnreen.com

Untuk memastikan kekuatan gypsum yang dipasang sekaligus merapikan alur pemasangan, Anda sebaiknya menggunakan minimal 5 sekrup di tiap-tiap ruas papan gypsum yang digunakan. Posisikan lima sekrup tersebut secara konsisten sehingga memiliki jarak yang sama.

Pastikan juga setiap sekrup gypsum yang dipasang menembus palang kayu. Jangan memasang sekrup terlalu dekat dengan ujung papan gypsum untuk menghindari munculnya retakan atau sobekan.

  1. Gunakan Bantuan Ahli

sekrup gypsum
roofing.com

Apabila Anda belum memiliki pengalaman memasang papan gypsum, sebaiknya mintalah orang lain yang lebih ahli untuk mendampingi Anda. Jika ada bujet lebih, Anda juga dapat meminta bantuan ahli untuk memasang papan gypsum tanpa perlu bersusah payah.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, papan gypsum cenderung lebih rapuh saat dipasang. Dengan kata lain, pemasangan material ini membutuhkan tangan-tangan terampil yang berpengalaman.

Itulah tadi 5 tips untuk menggunakan sekrup gypsum pada papan gypsum. Sebagai penutup, Anda bisa mendapatkan ragam varian sekrup termasuk sekrup gypsum berkualitas jempolan dengan harga terbaik di www.importer.co.id. Tak hanya sekrup, importer.co.id juga menyediakan aneka produk material buatan Tiongkok dengan harga sangat terjangkau.

Check Also

harga sekrup gypsum 2019

Inilah Kisaran Harga Sekrup Gypsum 2019

Sekrup gypsum adalah salah satu jenis sekrup drywall yang paling banyak digunakan. Di tengah meroketnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.