Home / ATK / Kenali Jenis Penggaris Berdasarkan Bentuk, Ukuran, Material, dan Fungsi Penggunaan
Kenali Jenis Penggaris Berdasarkan Bentuk, Ukuran, Material, dan Fungsi Penggunaan
Kenali Jenis Penggaris Berdasarkan Bentuk, Ukuran, Material, dan Fungsi Penggunaan - Pixabay

Kenali Jenis Penggaris Berdasarkan Bentuk, Ukuran, Material, dan Fungsi Penggunaan

Sebagai salah satu alat ukur, penggaris pasti akan dibutuhkan di bidang pekerjaan dengan tingkat presisi yang tinggi. Beberapa di antaranya seperti arsitek, perancang busana, teknik sipil dan rekayasa bangunan, atau yang lainnya. Apalagi, alat ini tak hanya bisa difungsikan sebagai alat ukur, melainkan juga bisa digunakan sebagai alat bantu gambar dan untuk merobek kertas tanpa gunting/cutter.

Terdapat beberapa jenis penggaris yang bisa Anda pilih, baik dari segi bentuk, ukuran, bahan material, maupun fungsi penggunaan. Tentunya, agar alat bantu ini bisa berfungsi optimal, Anda harus memilih jenis penggaris yang tepat sesuai kebutuhan.

Agar tak salah pilih, yuk simak dulu uraian jenis-jenis penggaris berikut ini.

Jenis Penggaris Berdasarkan Bentuk dan Ukuran

Jenis Penggaris Berdasarkan Bentuk dan Ukuran - Kenali Jenis Penggaris Berdasarkan Bentuk, Ukuran, Material, dan Fungsi Penggunaan
Jenis Penggaris Berdasarkan Bentuk dan Ukuran – Kenali Jenis Penggaris Berdasarkan Bentuk, Ukuran, Material, dan Fungsi Penggunaan – Pixabay

Barangkali selama ini Anda menganggap bahwa bentuk penggaris hanya terdiri dari penggaris panjang dan segitiga. Padahal, selain kedua bentuk tersebut masih ada beberapa bentuk lain, yaitu:

  • Penggaris Lurus atau Straight Ruler

Bentuk yang satu ini tergolong penggaris yang paling sering digunakan. Umumnya, jenis penggaris ini dipakai untuk mengukur dan menggambar garis lurus, seperti tabel, geometri, atau yang lainnya. Terdapat beberapa ukuran yang bisa dipilih, mulai dari 10 cm hingga 100 cm. Bahan materialnya pun cukup beragam, ada yang terbuat dari plastik, aluminium, dan kayu.

  • Penggaris Segitiga

Penggaris segitiga ini biasanya digunakan untuk membuat garis tegak lurus dan miring. Tak heran jika kemudian, alat ini acapkali dibutuhkan oleh para perancang busana dan arsitek. Tersedia dalam dua ukuran sudut, yakni segitiga dengan sudut 45°- 45° dan 60° – 30°.

  • Penggaris Pencetak Lingkaran

Dengan bentuknya yang bulat sempurna, Anda tentu akan sangat terbantu ketika akan membuat sebuah lingkaran. Apalagi, dalam satu penggaris tak hanya terdiri dari satu lingkaran, tetapi terdapat berbagai ukuran. Selain untuk menggambar sebuah lingkaran, penggaris jenis ini juga bisa digunakan untuk membantu menghitamkan jawaban pada lembar ujian (LJK), dan bisa juga untuk mempermudah pembuatan prakarya.

  • Penggaris lipat

Barangkali Anda pernah dihadapkan pada satu kondisi ketika penggaris yang dimiliki terlalu pendek, sehingga harus dilakukan pengukuran secara berulang-ulang. Sementara jika harus memilih penggaris yang panjang, Anda akan cukup direpotkan dalam hal penyimpanan.

Langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah memilih penggaris lipat. Penggaris ini akan sangat memudahkan dalam hal penyimpanan karena bentuknya yang tidak memakan banyak tempat. Alat ukur panjang ini bisa dilipat dan disimpan di kotak pensil atau di dalam buku. Fleksibilitasnya akan sangat memudahkan ketika sewaktu-waktu Anda harus mengukur objek yang panjang.

  • Penggaris Tiga Sisi (Penggaris Skala Segitiga/Scale Ruler)

Penggaris yang satu ini terbilang cukup unik dengan bentuknya yang terdiri dari tiga sisi. Masing-masing sisi berukuran sama panjang dan dengan besaran sudut yang sama besar.

Keunggulan utama dari penggaris jenis ini adalah Anda dapat dengan mudah mengukur panjang sebuah gambar yang dibuat dengan skala tertentu. Misalnya, pada gambar denah lantai atau peta. Tak hanya itu, Anda pun akan sangat terbantu ketika akan membuat desain gambar dengan perhitungan ukuran, presisi dan skala yang tepat. Tak ayal, penggaris ini pun menjadi pegangan wajib bagi para arsitek dan kontraktor.

Uniknya lagi, dalam satu penggaris tak hanya terdapat satu skala, melainkan bisa mencapai 6 jenis skala. Skala tersebut dibedakan berdasarkan warna, dan Anda bisa menggunakannya sesuai skala yang dibutuhkan.

Jenis Penggaris Berdasarkan Bahan Material

Jenis Penggaris Berdasarkan Bahan Material - Kenali Jenis Penggaris Berdasarkan Bentuk, Ukuran, Material, dan Fungsi Penggunaan
Jenis Penggaris Berdasarkan Bahan Material – Kenali Jenis Penggaris Berdasarkan Bentuk, Ukuran, Material, dan Fungsi Penggunaan – Pixabay

Selain berdasarkan bentuk, jenis penggaris juga dapat dibedakan dari bahan material pembuatannya. Di antaranya seperti:

  • Penggaris Plastik

Penggaris plastik ini adalah jenis yang paling umum digunakan, baik oleh para pelajar maupun karyawan. Harganya yang tergolong murah serta bahannya yang ringan menjadi kelebihan utama dari penggaris ini. Tak hanya itu, sifat materialnya yang transparan, juga akan sangat memudahkan pekerjaan karena Anda dapat dengan mudah melihat garis atau tulisan di bawahnya. Meski memang, alat ini lebih berpotensi tergores dan patah, utamanya jika diberi tekanan yang berlebihan.

Namun kini, penggaris plastik juga tersedia dengan bahan yang sangat lentur sehingga tidak akan mudah patah. Anda bisa memilih jenis penggaris plastik anti patah atau Maped Twist Unbreakable Ruler.

  • Penggaris Logam (Aluminium/Stainless Steel)

Ada dua jenis penggaris logam dengan material berbeda yang bisa Anda pilih, yaitu yang berbahan dasar aluminium dan stainless steel. Keduanya memiliki perbedaan dalam hal ketebalan (tampilan fisik) dan kekuatan (daya tahan). Penggaris logam stainless memang cenderung lebih tipis, namun penggaris aluminium jauh lebih ringan.

Dari segi kekuatan, penggaris yang terbuat dari stainless jauh lebih kuat sehingga lebih tahan lama. Biasanya, jenis penggaris ini juga sering digunakan untuk merobek atau memotong kertas tanpa bantuan cutter/gunting.

Sayangnya, kelemahan utama dari penggaris berbahan dasar logam ini adalah potensi terjadinya pemuaian atau penyusutan. Penggaris dapat berubah ukuran (memuai atau menyusut) karena perubahan suhu.

  • Penggaris Kayu

Selain terkenal sebagai jenis penggaris yang kuat dan tahan lama, alat ukur kayu ini juga dikenal memiliki karakter yang hangat dan natural. Umumnya, bahan yang digunakan adalah kayu ringan yang telah dilapisi cairan khusus. Cairan ini berfungsi untuk mempertahankan kekuatan agar kayu tidak mudah rusak.

Tak hanya itu, penggaris kayu ini juga terbuat dari bahan yang tidak berbahaya sehingga sangat bersahabat dengan tangan Anda. Sayangnya, hampir serupa dengan penggaris logam, alat ukur jenis ini pun bisa mengalami perubahan yang diakibatkan oleh faktor kelembapan.

  • Penggaris Pita

Alat ukur panjang yang terbuat dari pita ini juga dikenal dengan sebutan meteran, pita ukur, tape, atau roll meter. Biasanya, alat ini digunakan untuk mengukur objek yang panjangnya di atas 1 meter bahkan hingga 50 meter. Misalnya, untuk mengukur panjang tanah, bangunan, atau yang lainnya. Bahannya yang lentur sangat memungkinkan untuk bisa digulung, sehingga meski berukuran sangat panjang tetap akan sangat fleksibel.

Jenis Penggaris Berdasarkan Fungsi Penggunaan

Jenis Penggaris Berdasarkan Fungsi Penggunaan - Kenali Jenis Penggaris Berdasarkan Bentuk, Ukuran, Material, dan Fungsi Penggunaan
Jenis Penggaris Berdasarkan Fungsi Penggunaan – Kenali Jenis Penggaris Berdasarkan Bentuk, Ukuran, Material, dan Fungsi Penggunaan – Menggambar Mesin.blogspot

Jenis penggaris juga dapat dibedakan berdasarkan fungsi penggunaannya pada bidang tertentu, seperti dunia teknik dan desain. Karena seperti yang kita tahu, keduanya adalah bidang pekerjaan yang identik dengan gambar dan membutuhkan tingkat presisi yang tinggi. Tak ayal, bidang ini pun memiliki jenis penggaris yang khusus digunakan pada dunia tersebut.

Jenis Penggaris dalam Dunia Teknik

Selain beragam jenis penggaris yang telah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa jenis mistar lain yang khusus digunakan dalam dunia teknik. Mahasiswa atau para engineers akan membutuhkan alat ini untuk menggambar desain/pola, yang berhubungan dengan mesin, bangunan, atau yang lainnya. Setidaknya, ada 3 jenis penggaris khusus yang harus ada, yaitu:

  • Penggaris T

Bisa dibilang, penggaris berbentuk huruf T ini adalah barang wajib di dunia teknik, khususnya teknik sipil dan mesin. Keberadaannya sangat dibutuhkan untuk membuat gambar desain, utamanya garis horizontal panjang.

Karena bentuknya yang terdiri dari kepala dan daun, cara penggunaannya cukup berbeda dari penggaris pada umumnya. Anda harus terlebih dulu menekan landasan penggaris di sisi kiri, untuk kemudian menggesernya ke atas dan ke bawah. Sedangkan yang terdiri dari dua landasan—landasan tetap dan bergerak, Anda harus terlebih dulu mengatur sudut yang diinginkan. Baru kemudian bisa membuat garis yang horizontal, vertikal, maupun lengkung.

  • Mal Lengkung

Umumnya, untuk membuat garis lengkung pada gambar, alat yang digunakan adalah jangka. Namun, dalam dunia teknik, terkadang ada garis lengkung yang tidak bisa dibuat dengan menggunakan jangka. Entah karena bentuk polanya yang tidak melengkung sempurna atau karena lengkungan yang harus dibuat terlalu kecil/besar. Dalam situasi seperti ini, alat yang harus digunakan adalah mal lengkung.

  • Mal Bentuk

Untuk membuat sebuah pola/desain mesin dan bangunan, Anda tentu tidak hanya membutuhkan penggaris lurus dan lengkung. Akan ada satu kondisi ketika Anda harus menggambar bidang elektronik tertentu, seperti mur atau yang lainnya. Karenanya, mal bentuk juga wajib ada dalam peralatan menggambar/mendesain Anda. Dalam penggaris ini, terdapat berbagai bentuk yang tentunya bisa membantu Anda untuk menggambar secara lebih cepat.

Jenis Penggaris dalam Dunia Desain Busana

Jenis Penggaris dalam Dunia Desain Busana - Kenali Jenis Penggaris Berdasarkan Bentuk, Ukuran, Material, dan Fungsi Penggunaan
Jenis Penggaris dalam Dunia Desain Busana – Kenali Jenis Penggaris Berdasarkan Bentuk, Ukuran, Material, dan Fungsi Penggunaan – Amazon

Untuk menjadi seorang fashion designer, Anda tentu harus berkutat dengan pola pakaian yang harus dibuat secara detail dan akurat. Sedangkan untuk membuat pola, tentu dibutuhkan bantuan alat ukur dan gambar, yaitu penggaris pola. Berikut beberapa jenis penggaris pola yang wajib Anda ketahui dan miliki.

  • Penggaris segitiga siku-siku

Perlu dipahami bahwa penggaris segitiga siku-siku ini berbeda dengan mistar segitiga pada umumnya. Pada mistar ini, sisi miring tidak berupa garis lurus melainkan berbentuk garis lengkung.  Mistar segitiga ini berfungsi untuk membuat garis sudut, seperti garis badan, garis tengah dan lebar muka, serta garis lebar punggung.

  • Penggaris Lengkung Lengan/Leher

Sesuai dengan namanya, penggaris jenis ini dapat digunakan untuk membuat garis lengkung lengan atau leher pada pola yang Anda buat.

  • Penggaris Lengkung Pinggul

Hampir serupa dengan penggaris lengkung lengan, mistar ini juga berbentuk agak lengkung dan berfungsi untuk membuat pola pinggul.

  • Penggaris Lengkung 9

Selain dengan menggunakan penggaris lengkung khusus lengan/pinggul, Anda juga bisa membuat lengkungan pola dengan penggaris lengkung 9. Penggaris jenis ini akan membantu Anda untuk menggambar garis lengkung dengan presisi yang tepat dan rapi.

  • Penggaris Kerung Lengan

Untuk hasil jahitan yang lebih berkualitas, terkadang Anda juga membutuhkan penggaris jenis lain, seperti penggaris kerung lengan ini. Dengan penggaris ini, lengkung lengan yang Anda buat akan tampak lebih rapi dan dengan presisi yang tepat.

  • Penggaris Lengkung Golok

Penggaris berbentuk layaknya golok ini juga dapat membantu Anda untuk membuat lengkungan yang sempurna. Baik untuk lengkung lengan, leher, ataupun yang lainnya.

  • Penggaris Kertas Skala

Untuk pemula, biasanya Anda akan diharuskan untuk menggambar pola pada kertas terlebih dulu sebelum langsung praktik pada kain. Kertas pola ini tentu bukan sembarang kertas, melainkan benda khusus yang telah dilengkapi dengan skala.

Terdapat empat jenis skala yang bisa digunakan, yaitu 1:1/8 1:1/6, 1:1/4, dan 1:1/2. Untuk menggunakan penggaris kertas skala ini, tentukan terlebih dulu skala yang digunakan dan kemudian hitung perbandingannya. Dengan alat ini, Anda tak hanya akan terbantu dalam proses pembuatan pola melainkan juga bisa menghitung dan memprediksi kebutuhan akan kain.

Tips Memilih Jenis Penggaris yang Dibutuhkan

 Tips Memilih Jenis Penggaris yang Dibutuhkan - Kenali Jenis Penggaris Berdasarkan Bentuk, Ukuran, Material, dan Fungsi Penggunaan
Tips Memilih Jenis Penggaris yang Dibutuhkan – Kenali Jenis Penggaris Berdasarkan Bentuk, Ukuran, Material, dan Fungsi Penggunaan – Pixabay

Setelah mengetahui jenis-jenis penggaris yang ada di pasaran, ada baiknya jika Anda juga memahami beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memilih. Berikut beberapa tips jitu yang bisa membantu Anda untuk memilih penggaris yang tepat.

  • Tentukan Tujuan Digunakannya Penggaris

Tujuan utama memiliki sebuah penggaris adalah untuk membantu proses pengukuran  dan pembuatan gambar. Bagi Anda yang hanya ingin menggunakannya sebagai alat ukur biasa, penggaris standar bisa dipilih. Sementara jika Anda ingin menggunakannya untuk menggambar pola atau desain, Anda bisa memilih penggaris skala, penggaris pola, atau bahkan penggaris khusus bidang teknik.

Atau, jika Anda juga ingin sekaligus memanfaatkan fungsi lain dari sebuah penggaris, seperti untuk memotong dan merobek kertas maka penggaris berbahan dasar logam (aluminium dan stainless steel) bisa menjadi pilihan.

  • Tentukan Jenis Bahan Material

Ketika akan memilih jenis penggaris, pertimbangan bahan material juga penting untuk diperhatikan. Karena bagaimanapun, bahan material akan sangat berpengaruh terhadap harga, ketahanan, maupun kualitas dari penggaris itu sendiri.

Bagi Anda yang menginginkan penggaris berharga terjangkau, mistar plastik bisa menjadi pilihan yang tepat. Atau, bagi Anda yang mengedepankan kualitas dan daya tahan, penggaris berbahan dasar logam atau kayu bisa menjadi alternatif pilihan.

  • Perhatikan Visibilitas Skala

Sebagai salah satu alat ukur, keberadaan penggaris tentu diharapkan dapat meningkatkan efisiensi kerja. Karenanya, sebelum memilih pastikan bahwa penggaris memiliki visibilitas skala yang baik.

Perhatikan bagian penggaris, apakah garis skala dapat terlihat dengan jelas atau justru terganggu oleh desain atau bahan dari penggaris itu sendiri. Tentu, hal ini akan berimbas pada efektivitas dan efisiensi kinerja Anda, bukan?

Tak hanya itu, penting pula untuk diperhatikan posisi awal dimulainya skala. Apakah titik nol dimulai tepat dari ujung atau dilebihkan beberapa milimeter. Bagi Anda yang ingin menggunakan mistar untuk mengukur kedalaman, penggaris dengan titik nol dari ujung cenderung lebih tepat dan akurat untuk digunakan.

  • Perhatikan Berat dan Ketebalan

Nyatanya, faktor bobot penggaris juga penting untuk diperhatikan. Penggaris yang tipis dan ringan, tentu akan lebih mudah untuk dibawa ke mana saja tanpa harus terlalu merepotkan. Sebaliknya, jika Anda juga ingin menggunakan penggaris sebagai alat bantu pemotong, mistar dengan ketebalan yang cukup cenderung lebih baik dan aman utamanya bagi keselamatan tangan.

Tak hanya itu, kelebihan lain dari penggaris tebal adalah kemudahannya untuk diambil serta pemakaiannya yang anti slip. Sangat jauh berbeda dengan penggaris yang ringan, tipis, dan licin, yang cenderung susah diambil dan lebih berpotensi terjadi slip.

  • Perhatikan Keunggulan Lainnya

Selain hal-hal pokok tersebut, Anda juga harus memperhatikan kelebihan lain yang diusung oleh sebuah jenis penggaris. Misalnya, pada penggaris lipat dan penggaris bertangkai (dilengkapi dengan pegangan). Kedua jenis penggaris tersebut, tentu menawarkan kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis mistar lain, utamanya dari segi fleksibilitas dan efisiensi.

Begitu pun dengan penggaris tiga sisi (penggaris skala) dan penggaris plastik anti patah. Keduanya juga memiliki keunggulan yang tentu tidak dimiliki oleh jenis penggaris lain. Penggaris tiga sisi adalah jenis mistar yang paling akurat dan dengan presisi yang sangat tinggi. Tak hanya itu, adanya sudut pada bagian atas penggaris juga dapat meminimalkan melubernya tinta pada kertas.

Baca Juga:

Nah, Itulah beberapa jenis penggaris yang harus Anda ketahui. Kenali dan identifikasi jenis penggaris mana yang Anda butuhkan, kemudian miliki mistar tersebut untuk menunjang pekerjaan. Sedangkan untuk bisa mendapatkannya, kini bukanlah sebuah hal yang sulit karena telah ada importer.co.id yang akan membantu Anda.

Importer.co.id sendiri merupakan website resmi dari PT. Sempurna Nilai Sukses, sebuah perusahaan importir yang menyediakan berbagai produk terbaik dan salah satunya adalah penggaris. Yuk, segera dapatkan kebutuhan penggaris Anda di importer.co.id. Untuk informasi selengkapnya, hubungi nomor +62811158309 melalui WhatsApp atau klik WA di +62811158309.

Check Also

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Ngeprint Amplop

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Ngeprint Amplop

Amplop perusahaan mudah dikenali lewat kop surat. Kop surat biasanya berisi logo dan nama perusahaan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.