Home / ATK / Bisnis Jual Beli Pulpen, Usaha dengan Potensi Besar yang Tak Pernah Mati
Bisnis Jual Beli Pulpen, Usaha dengan Potensi Besar yang Tak Pernah Mati
Bisnis Jual Beli Pulpen, Usaha dengan Potensi Besar yang Tak Pernah Mati - Pixabay

Bisnis Jual Beli Pulpen, Usaha dengan Potensi Besar yang Tak Pernah Mati

Alat tulis menjadi peralatan wajib yang digunakan di berbagai tempat, baik di sekolah, rumah, ataupun kantor. Oleh karena itu, menyebut bisnis jual beli pulpen sebagai jenis usaha yang tak pernah mati bukan isapan jempol belaka. Perkembangan teknologi dan peralihan ke dunia digital tidak mengurangi kebutuhan pemakaian alat tulis.

Ketika menjalankan bisnis jual beli alat tulis kantor, Anda akan memiliki pangsa pasar yang luas. Anda bisa menyasar segmen pelajar atau bisa pula secara khusus bersaing di segmen pengusaha. Keduanya sama-sama memiliki porsi penggunaan alat tulis yang sangat tinggi.

Sejarah Penggunaan Pulpen

Sejarah Penggunaan Pulpen - Bisnis Jual Beli Pulpen, Usaha dengan Potensi Besar yang Tak Pernah Mati
Sejarah Penggunaan Pulpen – Bisnis Jual Beli Pulpen, Usaha dengan Potensi Besar yang Tak Pernah Mati – Pixabay

Untuk mengetahui betapa besarnya potensi bisnis alat tulis ini, Anda bisa menelisik perkembangan pemakaian pena dari zaman dulu hingga sekarang. Keberadaan pena memberi kesempatan kepada manusia untuk bisa menulis dengan lebih rapi. Keberadaannya menjadikan kegiatan tulis-menulis di masa lalu menjadi jauh lebih mudah.

Pemakaian pulpen sebagai alat tulis telah dilakukan sejak dulu. Tercatat, keberadaan pena pertama di dunia bisa ditelusuri pada zaman pemerintahan Khalifah Ma’ād al-Mu’izz dari Mesir pada tahun 953 Masehi. Pena yang digunakan oleh Ma’ād al-Mu’izz didesain dengan memanfaatkan prinsip kapilaritas.

Sejak itu, sejarah mencatat berbagai jenis pulpen banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Lewat Deliciae Physico-Mathematicae (1636), seorang inventor asal Jerman bernama Daniel Schwenter, mengungkapkan pemakaian pena yang dibuat dari bulu. Sementara itu, Petrache Poenaru dari Rumania pada 1827 memperkenalkan pena pertama dengan cartridge yang dapat diganti.

Selanjutnya, seorang penemu asal Hungaria bernama Lazlo Biro menjadi sosok yang memperkenalkan pulpen modern pertama pada tahun 1938. Alat tulis yang diperkenalkan oleh Biro memiliki bentuk yang berbeda, karena dilengkapi bola kecil di bagian ujung. Keberadaan bola kecil itu membantu agar tinta tidak mudah tumpah dan melebar.

Karena keberadaan bola pada ujungnya, pena ini disebut dengan nama ballpoint pen atau kalau di Indonesia, kerap disebut bolpen. Selanjutnya, pada tahun 1943, Biro pindah ke Argentina dan mulai memproduksi pena modern buatannya secara massal.

Bisnis yang dijalankan oleh Biro berkembang dengan sangat baik, hingga akhirnya pada tahun 1945, Marchel Bich mengambil alih hak paten pena modern. Selanjutnya, Bich menjadikannya sebagai salah satu produk yang dihasilkan oleh perusahaannya yang bernama Société Bic. Perusahaan ini sampai sekarang masih dikenal sebagai produsen pena dan memiliki jumlah pegawai lebih dari 10 ribu orang.

Jenis-Jenis Pulpen

Jenis-Jenis Pulpen - Bisnis Jual Beli Pulpen, Usaha dengan Potensi Besar yang Tak Pernah Mati
Jenis-Jenis Pulpen – Bisnis Jual Beli Pulpen, Usaha dengan Potensi Besar yang Tak Pernah Mati – Pixabay

Dalam perkembangannya, ada berbagai jenis pulpen yang pernah digunakan oleh manusia. Beberapa di antaranya tetap dipakai hingga saat ini. Jenis-jenis pena tersebut antara lain adalah:

  • Ink brush

Ink brush menjadi tipe pena yang digunakan pada masa lalu, dengan desain bodi yang terbuat dari berbagai jenis bahan, seperti bambu, perak, emas, kaca, atau gading. Sementara itu, bagian ujung pena terbuat dari rambut atau bisa pula dari bulu.

Ink brush secara khusus digunakan oleh masyarakat yang berasal dari Asia Timur, khususnya Cina dan Jepang. Bahkan, ada tradisi di negara Cina yang menggunakan rambut bayi baru lahir sebagai pengganti bulu pada ink brush. Pena jenis ini biasanya digunakan untuk membuat tulisan kaligrafi khas Asia timur.

  • Dip pen

Dip pen merupakan jenis pena di masa lalu yang terdiri dari sebuah nib dari bahan metal yang dilengkapi dengan saluran kapiler. Pena jenis ini biasa dilengkapi pegangan yang berbahan kayu. Di dalamnya, Anda tidak akan menemukan reservoir tinta seperti pada tinta modern.

  • Quill

Seperti halnya dip pen dan ink brush, quill merupakan pena di zaman dulu, dibuat menggunakan bulu unggas besar. Biasanya, bulu yang dipakai adalah bulu dari angsa. Pemakaian pena model ini bisa dijumpai pada masa medieval.

  • Reed pen

Reed pen merupakan jenis pena yang menjadi penerus dari quill. Mekanisme penggunaannya tak jauh berbeda dengan quill. Pena ini dibuat dari potongan bambu.

  • Fountain pen

Jenis pena berikutnya disebut fountain pen yang menggunakan tinta berbasis air. Pena ini memanfaatkan nib yang terhubung dengan reservoir tinta untuk menulis. Tinta bisa mengalir dari reservoir menuju ke nib dengan memanfaatkan sistem kapilaritas dan gaya gravitasi.

Keberadaan reservoir tinta pada fountain pen memungkinkan pena ini untuk diisi ulang atau diganti. Reservoir tinta yang bisa diganti disebut dengan cartridge tinta. Sementara itu, reservoir tinta yang bisa diisi ulang, disebut dengan nama cartridge converter.

  • Ballpoint pen

Ballpoint pen menjadi jenis pulpen yang saat ini banyak digunakan. Alasannya, karena pena tipe ini tersedia dalam berbagai pilihan harga, mulai dari yang murah hingga mahal. Keberadaan pena ini menggantikan pemakaian fountain pen dalam aktivitas sehari-hari.

Ballpoint pen memiliki perbedaan sangat mencolok dibandingkan dengan fountain pen. Pena ini memiliki bola berukuran sekitar 0,5 sampai 1,2 mm di bagian ujung. Bola kecil tersebut terbuat dari berbagai jenis material, seperti tungsten, baja, atau kuningan.

  • Marker

Marker biasa disebut felt-tip pen, atau kalau di Indonesia populer disebut dengan spidol. Alat tulis ini memiliki bagian ujung yang berserat dan memiliki kemampuan menyerap cairan sangat tinggi. Pemakaiannya pun beragam, baik digunakan oleh anak-anak untuk kegiatan mewarnai, ataupun dipakai dalam pembelajaran di kelas oleh seorang dosen atau guru.

  • Roller ball

Roller ball pen memiliki kemiripan dengan ballpoint pen, terdapat bola berukuran kecil pada bagian ujung. Hanya saja, pena jenis ini menggunakan tinta dari bahan air. Roller ball ini merupakan kreasi dari perusahaan Ohto Jepang di tahun 1963.

  • Space pen

Space pen merupakan pulpen khusus yang diciptakan oleh NASA pada tahun 1966 untuk digunakan para astronaut di luar angkasa. Pena ini memiliki struktur mirip dengan ballpoint pen dengan reservoir tekanan, memungkinkan pena ini bisa dipakai pada berbagai kondisi, termasuk ketika tidak ada gravitasi atau di dalam air.

  • Ruling pen

Ruling pen punya kemiripan struktur dengan dip pen. Hanya saja, pena ini dilengkapi dengan 2 nib yang jaraknya bisa diatur menggunakan sekrup. Ruling pen merupakan jenis pena yang dipakai untuk keperluan khusus, seperti oleh para teknisi, kaligrafi, ataupun kartografi.

  • Gel pen

Gel pen adalah model pena yang menggunakan tinta khusus dengan tingkat kekentalan lebih tinggi. Dengan viskositasnya yang tinggi itu, tinta ini memiliki penampilan yang lebih gelap. Gel pen biasanya digunakan untuk membuat ilustrasi.

  • Stylus pen

Terakhir adalah stylus pen yang merupakan perangkat khusus untuk keperluan pengoperasian perangkat elektronik berbasis layar sentuh. Karena dipakai untuk navigasi perangkat layar sentuh, jenis pena ini tidak menggunakan tinta. Navigasi menggunakan stylus pen menjanjikan presisi lebih tinggi dibandingkan dengan ketika mengoperasikan layar sentuh dengan tangan.

Merek Pulpen Terkenal Dunia

Merek Pulpen Terkenal Dunia - Bisnis Jual Beli Pulpen, Usaha dengan Potensi Besar yang Tak Pernah Mati
Merek Pulpen Terkenal Dunia – Bisnis Jual Beli Pulpen, Usaha dengan Potensi Besar yang Tak Pernah Mati – Pixabay

Dengan beragamnya jenis pulpen tersebut, masing-masing memiliki pangsa pasarnya tersendiri. Anda pun bisa menjumpai berbagai merek produk pena dengan nama yang sudah dikenal luas, tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga internasional.

Anda pun bisa melihat potensi bisnis jual beli pulpen dengan melihat kesuksesan perusahaan produsen alat tulis tersebut. Beberapa merek yang sukses berkecimpung di bisnis ini antara lain adalah:

  • Pilot

Brand yang satu ini tentu sangat familier di telinga masyarakat Indonesia. Pilot dikenal sebagai produsen alat tulis yang berasal dari Jepang, berdiri pada tahun 1918. Pemasaran produk alat tulis dari Pilot sangat luas, mulai dari Inggris Raya, Indonesia, India, Malaysia, Afrika Selatan, Brazil, Jerman, hingga Brazil.

Produk pena yang dibuat oleh Pilot juga beragam. Anda bisa mendapati pena model ballpoint pen dengan harga murah yang biasa dijumpai di toko pinggir jalan. Selain itu, mereka juga menjual pena jenis lainnya, seperti fountain pen, roller ball, marker, serta gel pen.

  • Standard

Kalau Pilot berasal dari Jepang, maka Standard merupakan produk pulpen asli Indonesia, dibuat oleh PT Standardpen Industries yang berbasis di Bitung, Tangerang. Seperti dikutip dari Detik Finance, produk dari Standard telah dipasarkan ke berbagai negara, termasuk di antaranya adalah Filipina, Vietnam, Singapura, Amerika Serikat, Thailand, Malaysia, serta beberapa negara Eropa.

Dalam jangka 1 tahun, Standard memproduksi alat tulis dengan jumlah mencapai 200 juta batang. Dari jumlah itu, sekitar 20% diekspor ke luar negeri. Sementara sisanya, dipasarkan untuk memenuhi permintaan dalam negeri. Menariknya lagi, permintaan tersebut, menurut pihak Standard terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

  • Zebra

Berikutnya adalah Zebra, perusahaan kompetitor Pilot yang juga sama-sama berasal dari Jepang. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1914 dan kemudian mendirikan kantor cabang di Amerika pada tahun 1982.

Produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini beragam. Anda bisa mendapati alat tulis berupa ballpoint pen, gel pen, roller ball, ataupun fountain pen buatan Zebra di pasaran.

  • Parker Pen Company

Berikutnya adalah Parker Pen Company, perusahaan yang dikenal sebagai produsen pena mewah. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1888 oleh George Safford Parker. Mereka memiliki variasi produk pena yang beragam, seperti Jotters, Sonnet, Vector, Arrow, Classic, dan lain-lain.

Produk dari Parker kerap menjadi pilihan pena favorit para tokoh terkemuka. Salah satunya adalah John F. Kennedy yang menyukai pena Parker Jotters ketika dipakai untuk menandatangani perjanjian dan sebagai hadiah.

  • Hero

Selanjutnya, ada pula merek pen bernama Hero yang berasal dari Cina, tepatnya diproduksi oleh perusahaan Shanghai Hero Pen Company. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1931 dengan nama Wolff Pen Manufacturing Company. Namanya kemudian berganti menjadi Shanghai Hero Pen Company pada tahun 1966.

Secara khusus, Hero menjadi salah satu produsen fountain pen terbaik di dunia. Popularitasnya tidak hanya tinggi di negara Cina, tapi juga di negara lain. Bahkan, produk dari Hero merupakan jenis pulpen yang banyak disukai oleh masyarakat di India.

  • Mont Blanc

Berikutnya adalah perusahaan asal Jerman bernama Mont Blanc. Seperti halnya Parker, Mont Blanc merupakan perusahaan yang meluncurkan produk pulpen premium. Bahkan, mereka juga meluncurkan produk pena yang dijual secara terbatas.

Pada awal pendiriannya, Mont Blanc meluncurkan produk pen yang biasa saja. Namun, perubahan dilakukan pada tahun 1909, ketika mereka meluncurkan model pen premium pertamanya yang bernama Rouge et Noir. Sejak itu, mereka terus meluncurkan beragam produk pena premium yang ditujukan untuk kalangan bisnis.

Bisnis Lebih Untung dengan Pulpen Impor

Bisnis Lebih Untung dengan Pulpen Impor - Bisnis Jual Beli Pulpen, Usaha dengan Potensi Besar yang Tak Pernah Mati
Bisnis Lebih Untung dengan Pulpen Impor – Bisnis Jual Beli Pulpen, Usaha dengan Potensi Besar yang Tak Pernah Mati – Pixabay

Menilik kesuksesan dari brand pulpen ternama tersebut, Anda bisa pula meraih pencapaian yang sama. Alih-alih berperan sebagai produsen, Anda dapat memilih menjadi distributor. Keuntungan yang bisa diperoleh lewat bisnis distributor alat tulis pun tidak kalah besar dibandingkan ketika menjadi produsen.

Cara untuk mendapatkan pasokan pena berkualitas tidak sulit. Anda bisa memilih untuk mendapatkan pasokan pen dari luar negeri. Apalagi, saat ini Anda tidak perlu menjalani proses yang menyulitkan untuk menjadi seorang importir. Terdapat layanan dari Importer.co.id yang siap membantu Anda dalam mendatangkan berbagai jenis pen dari Cina.

Kenapa harus produk pen dari Cina? Anda mungkin bertanya-tanya terkait hal yang satu ini. Alasannya sederhana, karena produk pen dari Cina bisa diperoleh dengan harga yang jauh lebih murah. Di pasaran, Anda bisa menemukan produk pen impor dari Negeri Tirai Bambu dengan harga berselisih sekitar 30% dibandingkan produk serupa yang diproduksi dari dalam negeri atau produk dari negara lain.

Dengan selisih harga yang cukup besar tersebut, Anda memiliki keleluasaan dalam mengatur harga jual. Apalagi, kalau mendatangkan pen dalam jumlah yang banyak, keuntungan yang bisa diperoleh semakin berlipat-lipat, karena Anda akan memperoleh harga yang jauh lebih murah lagi.

Selisih harga lebih murah ini kemudian bisa dimanfaatkan untuk meraih pasar yang lebih besar. Salah satunya adalah dengan mengikuti tender pengadaan alat tulis yang kerap diadakan oleh instansi pemerintah atau perusahaan swasta. Dengan selisih harga yang cukup jauh, peluang untuk memenangkan tender bisa lebih besar.

Keuntungan Mengimpor Produk dari Cina Lewat Importer.co.id

Keuntungan Mengimpor Produk dari Cina Lewat Importer.co.id - Bisnis Jual Beli Pulpen, Usaha dengan Potensi Besar yang Tak Pernah Mati
Keuntungan Mengimpor Produk dari Cina Lewat Importer.co.id – Bisnis Jual Beli Pulpen, Usaha dengan Potensi Besar yang Tak Pernah Mati – cerasis

Ketika menggunakan layanan untuk mengimpor produk pulpen dari Cina yang diberikan oleh Importer.co.id, Anda akan memperoleh beberapa keuntungan, yaitu:

  • Tak perlu mengurusi hal-hal yang rumit, seperti perizinan ataupun negosiasi dengan produsen. Penanganan perizinan serta negosiasi bisa Anda kuasakan kepada Importer.co.id. Anda tinggal menunggu kedatangan barang dan menyediakan gudang untuk penyimpanannya.
    Kemudahan ini memberi keuntungan bagi pengusaha kelas menengah ke bawah yang ingin mendatangkan produk impor dengan cara lebih ringkas. Anda tidak perlu datang secara langsung ke Cina yang tentunya membutuhkan biaya sangat besar. Semuanya sudah ditangani secara langsung oleh Importer.co.id.
  • Pemesanan barang dari Cina lewat Importer.co.id bisa dilakukan dalam jumlah besar. Jenis barang yang bisa didapatkan pun beragam. Anda tidak hanya bisa memesan produk berupa alat tulis kantor. Namun, bisa pula belanja berbagai produk lainnya, seperti mainan anak, boneka, dan lain-lain.
  • Harga murah dengan kualitas yang bagus bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pihak Importer.co.id memastikan bahwa barang yang dikirim ke gudang merupakan produk pilihan. Importer.co.id memiliki jaringan pebisnis yang luas di Cina. Dengan beragam pilihan produsen, Anda bisa memastikan kalau produk yang dipilih merupakan produk terbaik.
  • Pemesanan produk bisa dilakukan dengan aman. Importer.co.id merupakan layanan penyuplai produk impor dari Cina yang tepercaya. Anda bisa secara langsung memantau proses pemesanan, pembelian, serta pengiriman barang yang tengah dilakukan. Semuanya dipaparkan secara transparan.

Baca Juga:

Melihat keuntungan besar yang ditawarkan dari bisnis jual beli pulpen ini, sangat disayangkan kalau peluang itu Anda lewatkan begitu saja. Apalagi, kesempatan untuk memanfaatkan peluang bisnis ini sudah terbuka lebar. Impian menjadi seorang pengusaha sukses sudah ada di depan mata.

Kalau Anda tertarik untuk segera menjalankan bisnis jual beli alat tulis kantor, bisa segera menghubungi Importer.co.id. Anda juga bisa berkomunikasi lebih lanjut terkait layanan pemesanan produk impor ini melalui WhatsApp pada nomor 0811158309. Kami tunggu, ya!

Check Also

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Ngeprint Amplop

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Ngeprint Amplop

Amplop perusahaan mudah dikenali lewat kop surat. Kop surat biasanya berisi logo dan nama perusahaan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.