jenis kertas undangan
Ragam Jenis Kertas Undangan yang Umum Dipakai Masyarakat - Aliexpress

Ragam Jenis Kertas Undangan yang Umum Dipakai Masyarakat

Anda boleh mengartikan undangan sebagai selebaran yang disampaikan dengan harapan agar penerimanya berkenan menghadiri sebuah kegiatan. Bukan hanya untuk hajatan pernikahan dan sunatan, kegiatan lain, seperti reuni sekolah, gathering perusahaan, bahkan arisan, juga membutuhkan undangan. “jenis kertas undangan”

Tak heran jika jenis kertas undangan pun bermacam-macam. Setiap jenis kertas undangan memiliki karakteristik masing-masing, untuk menyesuaikan tingkat formalitas suatu acara.



Di antara berbagai jenis kertas undangan yang beredar di pasaran, berikut 4 contohnya.

Kertas Jasmine

Jenis kertas undangan
Kertas Jasmine – Ragam Jenis Kertas Undangan yang Umum Dipakai Masyarakat – katalog

Jenis kertas inilah yang paling umum digunakan. Harganya tergolong murah, tetapi tampilannya eksklusif dan menawan. Apalagi jika diaplikasikan dengan desain yang sesuai.

Kertas Jasmine memiliki ciri khas berupa tekstur serpihan kristal pada setiap permukaannya. Terasa halus saat diraba, tetapi saat terkena cahaya akan tampak butir-butir kristal halus yang berkilau. Penggunaan bahan kertas ini memberikan kesan mewah, cocok untuk undangan resepsi pernikahan, sunatan, atau acara-acara formal lainnya.

Banyak varian warna dari kertas jasmine, tingkat ketebalannya pun bisa Anda pilh sesuai selera.

Kertas Linen

jenis jenis kertas
Kertas Linen – Ragam Jenis Kertas Undangan yang Umum Dipakai Masyarakat – amazon

Selain digunakan sebagai bahan kartu undangan, kertas linen umumnya juga dipakai dalam pembuatan kartu nama. Hampir sama dengan kertas jasmine, linen juga dibanderol dengan harga cukup terjangkau. Pertimbangan harga inilah yang menyebabkan, baik kertas linen maupun kertas jasmine, menjadi pilihan utama para konsumen.

Teksturnya kasar, pada permukaannya terdapat garis-garis timbul yang tipis. Kertas ini fleksibel, Anda bisa mencetaknya dengan metode apa saja, baik secara digital maupun manual. Agar maksimal, gunakanlah tinta dengan tingkat kekentalan yang cukup. untuk menghasilkan cetakan yang menutup sempurna.

Kertas Samson Kraft

jenis kertas
Kertas Samson Kraft – Ragam Jenis Kertas Undangan yang Umum Dipakai Masyarakat – Popyup.blogspot

Klasik dan sederhana, kesan tersebut timbul ketika Anda mendapati undangan berbahan samson. Kertas samson kraft adalah hasil daur ulang. Permukaannya cukup kasar, tetapi tidak bertekstur seperti dua jenis kertas undangan di atas.

Kertas samson kraft memberikan nuansa vintage lewat warna coklatnya. Kertas ini terdiri dari dua jenis gramasi, yakni tipis dan tebal. Anda bisa mengaplikasikan desain bergaya masa lampau dengan bahan ini. Salah satunya seperti gulungan dokumen kuno yang biasa dipakai pada zaman kerajaan, untuk menuangkan titah raja atau ide-ide temuan mereka.

Paduan Jenis Kertas Undangan Art Paper dan Art Carton

jenis kertas art paper
Paduan Jenis Kertas Undangan Art Paper dan Art Carton – Ragam Jenis Kertas Undangan yang Umum Dipakai Masyarakat

Kedua jenis kertas ini memiliki karaketeristik tak jauh berbeda. Permukaannya sama-sama licin dan terdiri dari 2 jenis, yakni glossy (mengilap) dan matte (kusam). Perbedaannya terletak pada tingkat ketebalan (gramasi). Gramasi art paper adalah 80 gr sampai 150 gr, sedangkan art carton antara 190 gr hingga 400 gr.

Brosur, pamflet, poster, atau kalender Anda di rumah, umumnya terbuat dari kertas art paper. Sedangkan art carton biasanya dipakai untuk membuat kalender duduk, kartu nama, dan kotak makanan.

Anda bisa memadukan kedua jenis kertas undangan ini. Gunakan kertas art carton sebagai amplop, dan art paper sebagai isi undangan. Desain bergaya apapun cocok dengan kertas ini. Untuk mencetak sebaiknya gunakan digital printing, karena hasilnya lebih rapi. Selain itu, pilihan warna tintanya juga tidak terbatas.

Baca Juga:

Selain keempat jenis kertas undangan di atas, masih ada beragam tipe lain yang biasa dipakai dalam pembuatan undangan. Misalnya, kertas concorde, kertas BW dan BC, kertas hawai, kertas akasia, dan lain sebagainya. Perusahaan jasa impor, importer.co bersedia memenuhi kebutuhan Anda akan material kertas tersebut.

Selain jenis kertas undangan berikut ini kami bahas juga jenis kertas berdasarkan fungsi dan kegunaannya.

Pada umumnya kita mengetahui bahwa awalnya kertas sebagai media menulis, menggambar serta melukis. Namun seiringnya jaman kertas tidak hanya untuk media menulis saja, kertas berkembang sangat maju.

Apalagi kertas merupakan bahan yang mudah hancur dan berbahan dasar alami. Jadi, kertas sangat ramah lingkungan.

Berikut jenis jenis kertas dan kegunaannya:

  • Kertas HVS

    Jenis Kertas HVS memiliki ketebalan mulai dari 60, 70, 80, 100 sampai dengan 150 gsm. Dengan tekstur kertas yang halus dan umumnya berwarna putih. Biasa digunakan pada buku tulis, mesin fotocopy, laporan kerja, makalah serta tugas sekolah.

  • Book Paper

    Dengan ketebalan 55, 70 serta 90 gsm dan dengan warna agak kekuningan. Tekstur kertasnya agak sedikit kasar cenderung halus. Kertas ini biasa digunakan untuk buku yang biasanya hanya berisi teks seperti novel. Karena warna kertas ini membuat mata nyaman untuk membaca buku agak lama.

  • Art Paper

    Mempunyai ketebalan 120 gsm dan 150 gsm. Teksturnya yang halus, licin berwarna putih dan mengkilap. Biasa digunakan untuk flyer, brosur, bagian isi majalah, poster, bagian isi buku yang membuthkan gambar yang tajam. Akan terkesan lebih mewah dengan tambahan laminasi baik dov maupun glossy.

  • Art Karton

    Mempunyai ketebalan mulai dari 190, 210, 230,260  sampai dengan 310 gsm. Cukup tebal dengan tekstur halus, licin berwarna putih dan mengkilap. Biasa digunakan untuk kartu nama, undangan, box makanan, cover buku, cover makalah, cover majalah sampai sertifikat.

  • Karton BW

    Ketebalan pada umumnya di 240 gsm dengan tekstur halus dan berwarna putih. Biasa digunakan untuk undangan, kartu absensi, kartu iuran, map, sertifikat dan lainnya.

  • Jasmine

    Kertas ini memiliki berbagai macam warna dengan tekstur halus, licin, mengkilap serta ada juga yang pada permukaan kertasnya berupa partikel emas sebagai hiasan. Umumnya digunakan sebagai kartu ucapan atau undangan.

  • Concorde

    Untuk varian warna hampir sama dengan kertas jasmine namun memiliki warna yang lebih lembut (Soft) dengan tekstur kasar sedikit halus, terlihat guratan guratan garis yang timbul pada permukaan kertas ini. Biasa digunakan untuk surat-surat penting, sertifikat atau proposal agar terlihat lebih elegant.

  • Linen Jepang

    Ketebalan 240 gsm. Dengan adanya kata linen kertas ini memiliki tekstur seperti kain namun tetap halus dan licin ketika di sentuh. Sering juga digunakan untuk kartu nama, serifikat dengan warna yang tidak terlalu banyak.

  • Buffalo

    Dengan kasat mata akan terlihat guratan atau tekstur seperti kayu pada kertas ini. Namun tetap terasa halus dan licin. Cukup tebal unutk digunakan sebagai cover jilid, map atau kartu-kartu iuran.

  • NCR (No Carbon Required)

    Kertas jenis ini hampir mirip HVS cuma lebih tipis dengan 3 (tiga) lapisan. Umumnya digunakan untuk kwitansi, form lamaran kerja, kontrak, struk, faktur, surat jalan dan lainnya. Karena ada bahan karbonnya jadi akan bisa mengcopy tulisan dibagian halaman ke dua.

  • Stiker Cromo

    Dari bahan kertas licin, halus dan mengkilap. Biasa digunakan sebagai label karena memang sudah ada perekat atau berupa lem di bagian belakangnya

  • Stiker Vinyl

    Merupakan turunan dari stiker cromo dengan permukaan licin, halus dan mengkilap. Stiker vinyl sangat lentur dan sama dengan stiker cromo memiliki perekat atau lem di bagian belakangnya. Biasanya digunakan untuk stiker pada kendaraan seperti mobil atau motor. Karena tidak mudah sobek dan tahan terhadap cuaca tidak serperti bahan kertas atau stiker pada umumnya.

Demikian pembahasan kami seputar jenis kertas undangan dan jenis jenis kertas lainnya.

Untuk harga bisa langsung ke Importer.co.id yang selalu mengontrol kualitas barang impor dengan ketat, sehingga Anda tak perlu mencemaskan kualitasnya. Cukup hubungi nomor 0811158309 dan silakan   bersantai, menunggu pesanan Anda sampai di rumah.

Check Also

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Ngeprint Amplop

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Ngeprint Amplop

Amplop perusahaan mudah dikenali lewat kop surat. Kop surat biasanya berisi logo dan nama perusahaan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.