Home / ATK / 5 Tips Memilih Stationery yang Tepat untuk Perusahaan Anda
5 Tips Memilih Stationery yang Tepat untuk Perusahaan Anda
5 Tips Memilih Stationery yang Tepat untuk Perusahaan Anda - officexpress

5 Tips Memilih Stationery yang Tepat untuk Perusahaan Anda

Stationery—dalam Bahasa Indonesia disebut alat menulis—mengacu pada benda-benda yang berhubungan dengan aktivitas administrasi. Semisal, pulpen, pensil, tinta printer, penghapus karet, serta kalkulator.

Berdasarkan jenisnya, stationery dibedakan menjadi lima macam. Ada kategori alat tulis, file organizer, buku, kertas, dan peralatan umum. Masing-masing benda tersebut memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda.

Nah, agar Anda menemukan tipe stationery yang tepat untuk perusahaan, simak tips-tips berikut ini.

 

Membuat Daftar Alat Tulis Kantor yang Dibutuhkan

Membuat Daftar Alat Tulis Kantor yang Dibutuhkan - 5 Tips Memilih Stationery yang Tepat untuk Perusahaan Anda
Membuat Daftar Alat Tulis Kantor yang Dibutuhkan – 5 Tips Memilih Stationery yang Tepat untuk Perusahaan Anda – burnsmcdmedia

 

Sebelum Anda membeli stationery, buatlah daftar kebutuhannya. Pastikan, data tersebut berisi alat tulis kantor yang diperlukan karyawan. Kemudian, hitung jumlah stationery secara keseluruhan—upayakan tidak kurang dari target.

Selanjutnya, kelompokkan stationery berdasarkan kategori. Daftar ini bisa menjadi panduan Anda saat berbelanja. Pun memberikan kemudahan dalam mengeceknya—jika sewaktu-waktu perlu tambahan stok.

 

Sesuaikan dengan Bujet Perusahaan

Sesuaikan dengan Bujet Perusahaan - 5 Tips Memilih Stationery yang Tepat untuk Perusahaan Anda
Sesuaikan dengan Bujet Perusahaan – 5 Tips Memilih Stationery yang Tepat untuk Perusahaan Anda – gazetanewborn

 

Tips kedua—Anda mesti mengecek bujet yang tersedia. Walaupun daftar kebutuhan stationery banyak, harus tetap menyesuaikan kondisi finansial di perusahaan. Semisal, Anda mendapatkan jatah Rp2.000.000 untuk belanja stationery. Berarti, maksimal penggunaan dana harus senilai itu atau bisa kurang dari nominal tersebut.

Lalu, bagaimana cara menyeimbangkan bujet dan realisasi belanja? Tentunya Anda harus mengetahui harga masing-masing jenis stationery. Hitunglah prediksi biaya pengeluaran dengan mengalikan jumlah dan harganya.

Sebagai contoh, Anda membutuhkan 100 buah pulpen. Berdasarkan referensi distributor, harga satu buah pulpen adalah Rp2.500. Berarti, kalikan 100 dengan nominal Rp2.500—hasilnya Rp250.000.

 

Pilih Stationery dari Distributor Tepercaya

Pilih Stationery dari Distributor Tepercaya - 5 Tips Memilih Stationery yang Tepat untuk Perusahaan Anda
Pilih Stationery dari Distributor Tepercaya – 5 Tips Memilih Stationery yang Tepat untuk Perusahaan Anda – officexpress

 

Saat ini, banyak toko stationery yang beroperasi di dekat kampus, sekolah, maupun kawasan perkantoran. Namun, tidak semuanya mampu menyediakan stationery berkualitas. Beberapa mungkin menawarkan harga terjangkau, tetapi alat tulis tersebut mudah rusak. Lantas, apa solusinya?

Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari distributor tepercaya, baik offline, maupun online. Situs web importer.co.id merupakan penyedia stationery terbaik di Indonesia. Soal kualitas, tak perlu diragukan—pasti memberikan alat tulis kantor yang awet atau bisa digunakan dalam waktu lama.

 

Pastikan Stationery Tersebut Mudah Digunakan

Pastikan Stationery Tersebut Mudah Digunakan - 5 Tips Memilih Stationery yang Tepat untuk Perusahaan Anda
Pastikan Stationery Tersebut Mudah Digunakan – 5 Tips Memilih Stationery yang Tepat untuk Perusahaan Anda – VideoBloks

 

Stationery yang Anda belanjakan pastinya digunakan oleh seluruh karyawan kantor. Karena itu, pilih stationery dengan bentuk simpel dan serbaguna. Pun harus mudah dipakai siapa saja—tanpa keahlian khusus. Atau minimal berikan petunjuk tertulis agar mereka bisa membacanya saat kesulitan menggunakan alat tersebut.

Sebagai contoh; perusahaan meminta Anda untuk membeli beberapa business file. Sebelum alat ini datang, pastikan semua karyawan mengetahui fungsinya. Kalau perlu, berikan label nama di setiap box file. Tujuannya agar karyawan tidak keliru dalam meletakkan dokumen di box file tersebut.

 

Membeli Stationery dalam Jumlah Besar

Membeli Stationery dalam Jumlah Besar - 5 Tips Memilih Stationery yang Tepat untuk Perusahaan Anda
Membeli Stationery dalam Jumlah Besar – 5 Tips Memilih Stationery yang Tepat untuk Perusahaan Anda – phuongvucorp

 

Perubahan harga stationery bisa saja terjadi akibat kenaikan nilai dolar terhadap mata uang rupiah. Padahal, bujet perusahaan belum tentu bertambah—mungkin jumlahnya sama dengan tahun kemarin.

Nah, untuk menyiasati hal tersebut, sebaiknya membeli stationery dalam jumlah banyak. Cara ini mungkin bisa mengurangi harga alat per satuan sehingga jatuhnya lebih murah. Salah satu situs online yang menyediakan fasilitas pembelian partai besar adalah importer.co.id. Jika tertarik melakukan transaksi, Anda bisa menghubungi nomor telepon 62811158309.

Baca Juga:

Itulah tips-tips yang bisa diterapkan sebelum membeli stationery. Belanja kebutuhan alat tulis kantor kelihatannya mudah; namun belum tentu dapat dikerjakan dengan baik. Anda butuh komitmen kuat untuk bertransaksi sesuai keperluan dan bujet perusahaan. Jadi, jangan ragu berkomunikasi dengan customer service melalui link Whatsapp  jika menemukan kesulitan.

Check Also

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Ngeprint Amplop

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Ngeprint Amplop

Amplop perusahaan mudah dikenali lewat kop surat. Kop surat biasanya berisi logo dan nama perusahaan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.