Home / ATK / Mengenal Karakteristik Kertas Ivory, Fungsi, dan Keunggulannya
Mengenal Karakteristik Kertas Ivory, Fungsi, dan Keunggulannya
Mengenal Karakteristik Kertas Ivory, Fungsi, dan Keunggulannya - amazon

Mengenal Karakteristik Kertas Ivory, Fungsi, dan Keunggulannya

Produksi kertas diawali oleh bangsa Mesir. Popularitas kertas mulai terlihat di masa kejayaan peradaban Greco Roman. Fungsinya untuk menulis dan menjadi media untuk mencetak.

Seiring waktu, berbagai jenis kertas bermunculan—salah satunya kertas ivory. Meski harga kertas tersebut tergolong mahal, banyak percetakan yang menggunakannya. Lalu, seperti apa ciri khas kertas ivory? Yuk, simak terus ulasan berikut ini.

 

Karakteristik Kertas Ivory

Karakteristik Kertas Ivory - Mengenal Karakteristik Kertas Ivory, Fungsi, dan Keunggulannya
Karakteristik Kertas Ivory – Mengenal Karakteristik Kertas Ivory, Fungsi, dan Keunggulannya – sinarharian

 

Karakteristik kertas ivory merupakan kombinasi antara art carton dan matt paper. Satu sisi ivory berupa laminasi gloosy, sedangkan bagian lainnya bertekstur doff. Beda kedua jenis laminasi tersebut terlihat dari permukaan kertas.

Permukaan kertas berlapis laminasi gloosy tampak berkilauan. Gambar dan tulisan yang tercetak terlihat lebih cerah, tajam, serta memiliki garis tegas. Sementara itu, bagian doff di kertas ivory terkesan simpel. Warnanya pun cenderung lebih gelap ketimbang sisi laminasi gloosy.

Soal warna; kertas ivory didominasi putih. Namun, tidak lebih putih dibandingkan art paper atau art carton. Hal itu karena kandungan selulosa—yang membentuk warna putih—pada kertas terhalangi proses oksidasi lignin. Senyawa ini mampu memantulkan gelombang cahaya sehingga menghalau warna putih.

 

Fungsi Kertas Ivory

Fungsi Kertas Ivory - Mengenal Karakteristik Kertas Ivory, Fungsi, dan Keunggulannya
Fungsi Kertas Ivory – Mengenal Karakteristik Kertas Ivory, Fungsi, dan Keunggulannya – zidimperio

 

Kertas ivory kerap digunakan sebagai pengemas makanan dalam bentuk box. Kalau Anda pernah memesan makanan di restoran, pasti menemukan jenis kertas ini. Ada dua hal yang mendasari pemakaian box berbahan kertas ivory. Pertama; ivory paper memiliki sisi gloosy sehingga memunculkan kesan mewah.

Alasan kedua; kertas ivory dikategorikan aman untuk menyimpan makanan. Pasalnya, ivory paper telah melewati pengujian standar food grade. Hasil uji mengungkapkan; kertas tersebut tidak mengandung bahan berbahaya. Warna, rasa, dan aroma makanan juga tetap sama meskipun tersimpan lama dalam kotak berbahan ivory paper.

Fungsi lain dari kertas ivory adalah sebagai pengemas kosmetik. Umumnya, kemasan tersebut berbentuk kotak dengan desain full color. Di samping itu, ivory paper pun digunakan untuk membuat paper bag—wadah suvenir seminar atau pernikahan.

 

Keunggulan Kertas Ivory

Keunggulan Kertas Ivory - Mengenal Karakteristik Kertas Ivory, Fungsi, dan Keunggulannya
Keunggulan Kertas Ivory – Mengenal Karakteristik Kertas Ivory, Fungsi, dan Keunggulannya – tradekorea

 

Sama seperti kertas lainnya, ivory paper pun memiliki beberapa kelebihan. Berikut ini empat keunggulan yang dimiliki kertas ivory.

  • Tebal dan Kuat

Untuk membuat box kosmetik atau makanan, diperlukan kertas tebal. Nah, kertas ivory merupakan salah satu jenis yang memenuhi syarat ini. Ketebalan tersebut menjadikan kertas ivory lebih kuat dan tidak mudah sobek. Selain itu, lapisan gloosy yang tebal di bagian luar, mampu mencegah air masuk ke dalam box.

  • Gramasi Kertas Ivory Bervariasi

Dengan karakteristiknya yang cukup tebal, kertas ivory disediakan dalam berbagai ukuran gramasi. Dari mulai 210 gram, 230 gram, 250 gram, sampai 400 gram. Adanya variasi tersebut, memudahkan pengguna untuk memilih kertas sesuai kebutuhan.

 

Mengenal Karakteristik Kertas Ivory, Fungsi, dan Keunggulannya
Mengenal Karakteristik Kertas Ivory, Fungsi, dan Keunggulannya – pesanbrosur

 

  • Kertas Ivory Support Printer Injeksi

Printer injeksi mengandalkan media suntikan untuk memasukkan tinta ke dalam cartridge. Dari segi kualitas warna, pencetak model ini tidak sebaik printer infus. Namun, kertas ivory justru mendukung cetakan printer injeksi. Hasilnya tetap bagus, cerah, tajam, serta warnanya tampak tegas.

  • Terkesan Sederhana, tetapi Elegan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya; kertas ivory memiliki dua sisi dengan tekstur berbeda. Meski sisi doff menampakkan kesederhanaan, kesan eksklusifnya tetap tak tertinggal. Bahkan, semakin memperlihatkan betapa elegan kertas tersebut. Maka tidak heran, box makanan yang menggunakan kertas ivory senantiasa terlihat menarik.

Baca Juga:

Demikian pembahasan seputar keunggulan kertas ivory, karakteristik, serta fungsinya. Silakan membuka situs web importer.co.id untuk mengetahui informasi produk sekaligus pemesanannya. Atau bisa  mengontak nomor telepon 62811158309 serta mengeklik link Whatsaap

Check Also

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Ngeprint Amplop

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Ngeprint Amplop

Amplop perusahaan mudah dikenali lewat kop surat. Kop surat biasanya berisi logo dan nama perusahaan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.