Home / ATK / 20 Alat Tulis dan Kantor Terbaik untuk Bisnis Online Stationery
20 Alat Tulis dan Kantor Terbaik untuk Bisnis Online Stationery
20 Alat Tulis dan Kantor Terbaik untuk Bisnis Online Stationery - durgeshnandhini

20 Alat Tulis dan Kantor Terbaik untuk Bisnis Online Stationery

Alat tulis dan kantor atau stationary adalah barang wajib yang harus dimiliki oleh kantor apa pun jenisnya. Selain itu, Anda yang masih kuliah atau yang sudah memiliki anak pasti membutuhkan alat tulis untuk mencatat atau mengerjakan tugas.

Melihat kebutuhan alat tulis yang cukup besar, produsen mulai berbondong-bondong menyediakan alat-alat berkualitas yang bisa membantu kegiatan sekolah dan kantor. Selain itu, aneka jenis alat tulis dan kantor ini juga bisa membuka peluang untuk Anda yang ingin memulai bisnis online.

Nah, kalau Anda ingin membuka bisnis online dan menjual aneka stationary, segera beli di importer.co.id dalam jumlah besar. Untuk jenis alat tulis apa saja yang bisa dibeli, coba simak beberapa daftar di bawah ini.

Alat Tulis Pulpen

Alat Tulis Pulpen - 20 Alat Tulis dan Kantor Terbaik untuk Bisnis Online Stationery
Alat Tulis Pulpen – 20 Alat Tulis dan Kantor Terbaik untuk Bisnis Online Stationery – Pixabay

Pulpen adalah salah satu alat tulis yang banyak digunakan oleh kantor dan juga anak sekolah. Alat tulis jenis ini terdiri dari berbagai mereka dan juga warna yang berbeda-beda. Umumnya, pulpen yang sering digunakan berwarna hitam, biru, dan merah. Namun, ada kalanya pulpen dengan warna lain dijual untuk kebutuhan pencatatan.

Pulpen yang sering digunakan oleh masyarakat biasanya terdiri dari satu isi atau tiga isi. Untuk yang jenis tiga ini biasanya berisi variasi warna merah, hitam, dan biru. Pulpen jenis ini akan memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan dan tidak harus ganti-ganti pulpen yang lain. Cukup beli satu bisa digunakan bergantian.

Stabilo

Stabilo atau sering disebut sebagai highlighter adalah alat tulis yang digunakan untuk memberi tanda pada kata atau kalimat penting. Warna dari stabilo bermacam-macam mulai dari hijau, merah, oranye, dan warna terang lain yang akan memudahkan pengguna untuk mencari bagian-bagian penting yang sebelumnya sudah ditandai.

Stabilo sendiri memiliki beberapa jenis ukuran pada ujungnya. Ada yang kecil, sedang, dan besar. Masing-masing ukuran bisa digunakan pada jenis dokumen atau tulisan yang berbeda-beda. Kalau dokumennya memiliki jenis tulisan sedang bisa menggunakan stabilo ujung sedang. Anda bisa membeli stabilo secara borongan di importer.co.id.

Spidol

Spidol atau marker banyak digunakan untuk menandai sesuatu pada dokumen. Selain itu, spidol juga banyak digunakan sebagai alat tulis dan pencatatan. Spidol yang beredar di pasaran terdiri dari dua, pertama adalah board marker dan yang kedua adalah permanent marker. Untuk jenis board maker, Anda bisa menggunakannya di white board karena dihapus.

Sementara itu alat tulis spidol jenis permanent marker banyak digunakan untuk menandai benda yang permukaannya licin atau plastik. Dengan permanent marker ini aneka permukaan bisa ditandai dengan cepat dan mudah.

Spidol memiliki aneka jenis warna meski yang umum adalah hitam, merah, dan biru. Untuk jenis yang warna-warni biasanya banyak digunakan untuk membuat gambar atau mewarnai.

Pensil Warna

Pensil Warna - 20 Alat Tulis dan Kantor Terbaik untuk Bisnis Online Stationery
Pensil Warna – 20 Alat Tulis dan Kantor Terbaik untuk Bisnis Online Stationery – Pixabay

Pensil warna banyak digunakan oleh anak-anak untuk mewarnai lukisan yang mereka buat. Bentuk dari pensil warna ini sama halnya dengan pensil pada umumnya. Yang membedakan hanyalah inti dari pensil itu sendiri. Pensil warna memiliki puluhan jenis warna yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Karet Penghapus

Karet penghapus adalah perlengkapan paling dan harus ada di kantor. Dengan menggunakan karet penghapus ini Anda bisa mengganti tulisan atau menghapus gambar yang tidak perlu. Karet penghapus juga membuat penggunanya tidak perlu menyobek kertas dan menulis ulang dari awal.

Karet penghapus memiliki beberapa jenis ukuran dan warna. Ada yang ukurannya cukup besar sehingga bisa digunakan berkali-kali ada juga yang kecil yang bisa dibawa ke mana-mana. Warna dari penghapus ini biasanya putih, tapi ada juga yang berwarna biru dan warna lain. Selanjutnya, bentuk karet penghapus ada yang kotak saja ada juga yang bentuknya mirip dengan karakter tertentu.

Cairan Pengoreksi

Kalau menulis dengan pensil mungkin bisa dihapus dengan karet penghapus kalau terjadi kesalahan. Namun, kalau dengan pulpen tidak akan mungkin dihapus dengan karet. Salah satu cara untuk mengoreksi adalah dengan menggunakan cairan pengoreksi yang berwarna putih.

Cairan pengoreksi memiliki banyak jenis di pasaran. Ada yang ujungnya mirip pulpen yang ditekan dahulu baru mengeluarkan cairan ada juga yang memiliki kuas sehingga untuk memakainya hanya perlu menyapukan cairan.

Lem

Lem bermanfaat untuk menempelkan kertas atau dua permukaan benda. Untuk jenisnya ada lem yang digunakan untuk menempelkan kertas dan juga benda lain agar menempel dengan kuat. Untuk jenis lem kertas biasanya terbuta dari bahan yang cukup mudah kering. Mungkin 5-10 menit dua permukaan kertas bisa disatukan dengan mudah.

Selanjutnya ada lem yang bisa digunakan untuk menempel dua permukaan semisal plastik atau kaca. Lem ini mudah merekat dengan cepat sehingga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Binder

Binder - 20 Alat Tulis dan Kantor Terbaik untuk Bisnis Online Stationery
Binder – 20 Alat Tulis dan Kantor Terbaik untuk Bisnis Online Stationery – Amazon

Binder banyak digunakan untuk menyimpan berbagai data yang ditulis di atas kertas. Binder memiliki ukuran mulai dari kecil hingga besar. Untuk binder kecil biasanya seukuran buku tulis. Binder ini bisa diisi dengan berbagai jenis kertas berlubang.

Binder jenis besar biasanya digunakan untuk menyimpan dokumen. Binder ini biasanya juga memiliki plastik yang digunakan untuk menyimpan kertas agar tidak mudah rusak dan kotor saat dibuka berkali-kali.

Penggaris

Penggaris juga merupakan alat tulis dan kantor yang penting. Penggaris yang bisa Anda beli untuk dijual ulang  adalah penggaris yang terbuat dari bahan metal. Penggaris jenis ini biasanya awet dan dicari oleh banyak orang. Selanjutnya, jenis penggaris untuk teknik juga bisa dibeli di importer.co.id.

Oh ya, penggaris ini juga ada yang bermotif tertentu. Beberapa penggaris untuk anak sekolah atau anak-anak ada yang menggunakan motif tertentu yang lucu dan unik. Produk yang unik-unik ini biasanya dicari oleh banyak orang sehingga membelinya untuk dijual lagi adalah pilihan yang tepat.

Sticky Tape

Sticky tape atau sellotape adalah pita yang digunakan untuk merekatkan kertas atau menempelkan sesuatu pada permukaan yang rata. Pita ini biasanya transparan sehingga tidak menutup tulisan dari kertas yang ditempelkan.

Pita lengket ini memiliki beberapa jenis yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Ada pita dengan ukuran kecil yang bisa digunakan untuk menempelkan dokumen ada juga yang ukurannya agak besar untuk membungkus benda di dalam kardus.

Selanjutnya untuk warnanya ada jenis yang transparan dan ada juga yang berwarna cokelat. Untuk yang warna cokelat kita sering mengenalnya dengan nama lakban. Selanjutnya ada warna hitam dengan serat di sepanjang pita. Produk jenis ini biasanya digunakan untuk menyambungkan sesuatu, misal kabel.

Stapler dan Staples

Stapler dan Staples - 20 Alat Tulis dan Kantor Terbaik untuk Bisnis Online Stationery
Stapler dan Staples – 20 Alat Tulis dan Kantor Terbaik untuk Bisnis Online Stationery – wikipedia

Stapler adalah alat yang digunakan untuk menyatukan beberapa kertas menjadi satu. Tumpukan kertas akan dilubangi dan direkatkan dengan staples yang terbuat dari besi. Stapler ini biasanya memiliki ukuran yang bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk kebutuhan harian mungkin stapler kecil bisa digunakan.

Untuk kebutuhan khusus seperti percetakan, stapler jenis besar dibutuhkan untuk menyatukan ratusan lembar kertas menjadi satu. Selanjutnya untuk staples atau isinya juga terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Ada bahan dengan ukuran kecil dan ada juga yang ukurannya besar dan terbuat dari besi.

Anda bisa menjual produk ini saat membuka stationary online. Untuk suplai produknya Anda bisa membeli di importer.co.id.

Clip Kertas

Clip kertas adalah alat tulis dan kantor yang ukurannya cukup kecil, tapi cukup berguna. Kalau Anda ingin menyatukan beberapa dokumen berbeda menjadi satu tanpa merusak permukaannya gunakan clip ini. Dengan menggunakan clip kertas ini Anda juga bisa menambal sulam dokumen yang ada dengan cepat tanpa perlu melepaskan dengan hati-hati.

Clip kertas biasanya berbentuk mirip lipatan besi kecil. Untuk variasi, ada juga clip yang dilapisi dengan plastik warna-warni agar tidak mengotori kertas karena berkarat. Selanjutnya clip juga memiliki beberapa aksesori dan bentuk sehingga terlihat menarik. Oh ya, beberapa clip juga bisa digunakan untuk hiasan rambut juga.

Sticky Note

Sticky note banyak digunakan di kantor untuk memberikan pesan atau catatan penting. Kertas yang memiliki perekat di ujung belakangnya ini memiliki ukuran yang bermacam-macam. Ada sticky note yang berukuran kecil sehingga bisa ditempelkan di layar komputer dan ada juga yang ukurannya besar dan banyak digunakan untuk menulis pesan dengan lebih detail.

Warna yang digunakan untuk membuat sticky note ini biasanya yang akan mencolok dan terlihat dari kejauhan. Biasanya warna cerah seperti hijau, merah, oranye, atau mungkin biru dijadikan bahan sticky note.

Kalau Anda ingin membeli sticky note untuk dijual lagi secara online, usahakan untuk memilih yang bentuknya unik. Misal satu produk punya banyak warna atau memiliki bentuk unik, tidak hanya kotak saja.

Folder

Folder biasanya berbentuk kotak dengan ruangan yang cukup lebar. Alat tulis dan kantor ini digunakan untuk menyimpan banyak sekali dokumen penting dalam satu tempat. Misal seseorang yang bekerja sebagai seorang admin, folder digunakan untuk menyimpan berbagai transaksi penjualan atau pembelian. Bagian depan folder biasanya diberi kode tertentu atau diberi penanda bulan.

Folder banyak digunakan oleh kantor apa pun jenisnya. Ukuran folder biasanya besar atau setara dengan ukuran kertas A4 atau F4. Bahan yang digunakan biasanya cukup kuat karena digunakan untuk menyimpan banyak dokumen penting. Anda bisa memasukkan folder ke daftar produk yang akan dijual lagi secara online.

Gunting

Gunting - 20 Alat Tulis dan Kantor Terbaik untuk Bisnis Online Stationery
Gunting – 20 Alat Tulis dan Kantor Terbaik untuk Bisnis Online Stationery – Pixabay

Gunting banyak digunakan untuk kebutuhan kantor dan juga sekolah. Gunting digunakan untuk memotong kertas atau benda lain agak mudah digunakan. Di kantor, gunting pasti ada di meja atau kubikel yang disediakan oleh perusahaan.

Bahan dari gunting mayoritas adalah besi atau baja. Gunting dari besi biasanya mudah rusak sementara dari baja tidak. Untuk pegangan gunting lebih banyak menggunakan plastik atau karet yang nyaman untuk dipegang atau digunakan untuk mengungkit dan memotong kertas.

Gunting memiliki ukuran yang bervariasi. Ada gunting kecil untuk memotong kertas sederhana atau mungkin membuka kemasan plastik. Sementara itu ada juga gunting yang ukurannya besar untuk memotong aneka jenis dokumen atau benda yang lebih besar dan permukaannya keras.

Cutter

Cutter adalah alternatif gunting yang bisa digunakan untuk memotong sesuatu. Yang membedakan cutter dengan gunting adalah cara memotongnya saja. Kalau dengan cutter, Anda harus melakukannya perlahan-lahan dan kadang dengan bantuan penggaris agar bisa lurus dan tidak merusak permukaan dokumen lain.

Cutter juga cenderung lebih tajam dan serba guna. Alat tulis dan kantor ini bisa digunakan untuk memotong aneka jenis benar termasuk di dalamnya adalah pensil atau makanan sekali pun.

Cutter biasanya memiliki isi yang bisa dipotong kalau sudah tidak lagi runcing. Selain itu, kalau ujung cutter sudah habis, ada juga produk isi ulangnya.

Berbagai Jenis Kertas

Alat tulis dan kantor tidak bisa dilepaskan dari kertas. Untuk kantor dan kebutuhan sekolah ada beberapa jenis kertas yang bisa digunakan. Pertama adalah jenis dengan ukuran mulai A4, F4, dan jenis lain yang banyak digunakan untuk menulis atau mencetak dokumen melalui printer.

Selain kertas yang dijual per rim, ada juga kertas yang sudah ada lubangnya. Kertas jenis ini biasanya digunakan untuk mengisi binder sehingga mudah dimasukkan dan dilepaskan lagi. Kertas lain yang bisa dijual adalah jenis kertas manila yang lebar dan kertas asturo yang memiliki permukaan dengan warna beragam.

Hole Punch

Hole Punch - 20 Alat Tulis dan Kantor Terbaik untuk Bisnis Online Stationery
Hole Punch – 20 Alat Tulis dan Kantor Terbaik untuk Bisnis Online Stationery – Wikipedia

Hole punch digunakan untuk melubangi kertas. Kalau ada dokumen yang ujungnya tidak berlubang, terpaksa Anda harus melubanginya. Setelah dilubangi, kertas bisa dimasukkan ke dalam binder besar atau mungkin folder.

Hole punch biasanya memiliki ukuran kecil dengan dua mesin pembuat lubang di bagian kiri dan kanan. Alat ini bisa digunakan untuk melubangi beberapa kertas secara langsung. Namun, ketebalan dari kertas harus tetap diperhatikan agar tidak rusak karena alatnya tidak bisa digunakan untuk melubangi.

Produk ini biasanya memiliki beberapa warnanya yang berbeda dan ukuran lubang yang bervariasi. Anda bisa menjual produk ini dengan berbagai pilihan warna dan ukuran di bisnis online stationary untuk memudahkan pembeli dalam memilih.

Rautan

Rautan adalah alat yang mungkin jarang dibutuhkan, tapi selalu dicari saat darurat. Beberapa orang mungkin lebih senang menggunakan cutter untuk meruncingkan pensil, tapi ada juga yang lebih suka menggunakan rautan karena lebih sederhana dan tidak membuat pensil jari rusak dan mudah patah.

Rautan memiliki cukup banyak jenis. Ada jenis rautan manual yang ukurannya kecil. Rautan ini bayak digunakan untuk kantor atau mungkin anak sekolahan. Sementara itu ada juga jenis rautan yang cukup besar dan bisa digunakan secara otomatis. Ada alat putar di samping rautan yang digunakan untuk meruncingkan pensil dengan cepat.

Anda bisa menjual dua jenis rautan ini karena pasarnya berbeda-beda. Untuk mendapatkan rautan Anda bisa membeli secara partai atau borongan di importer.co.id.

Wadah Pensil

Wadah Pensil - 20 Alat Tulis dan Kantor Terbaik untuk Bisnis Online Stationery
Wadah Pensil – 20 Alat Tulis dan Kantor Terbaik untuk Bisnis Online Stationery – alicdn

Salah satu masalah terbesar yang sering dihadapi oleh pemilik meja atau kubikel di kantor adalah berantakan. Alat tulis tersebar di mana-mana hingga jatuh dan akhirnya hilang. Untuk mengatasi kondisi ini diperlukanlah wadah pensil yang bentuknya mirip basket kecil.

Dengan menggunakan wadah pensil ini Anda bisa merapikan aneka pensil, pulpen, dan juga alat tulis lain dalam satu wadah. Bentuk dan ukuran dari wadah pensil ini bermacam-macam sehingga pengguna bisa memilih yang sesuai dengan ukuran meja yang dimiliki dan juga banyaknya alat tulis yang digunakan.

Baca Juga:

Nah, semoga daftar dua puluh alat tulis di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan sebelum memulai bisnis online stationary. Semoga bermanfaat!

Check Also

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Ngeprint Amplop

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Ngeprint Amplop

Amplop perusahaan mudah dikenali lewat kop surat. Kop surat biasanya berisi logo dan nama perusahaan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.