Home / Blog / Lampu Gantung Minimalis untuk Ruangan Kerja, Perlukah?
Penerangan Ideal di Ruangan Kerja - Lampu Gantung Minimalis untuk Ruangan Kerja, Perlukah? - dilbilimarastirmalari.com
Penerangan Ideal di Ruangan Kerja - Lampu Gantung Minimalis untuk Ruangan Kerja, Perlukah? - dilbilimarastirmalari.com

Lampu Gantung Minimalis untuk Ruangan Kerja, Perlukah?

Apakah Anda pernah merasa tidak nyaman saat sedang melakukan aktivitas pekerjaan di ruangan kerja? Bisa jadi penyebabnya adalah pencahayaan yang tidak tepat. Cahaya yang terlalu terang atau justru terlalu redup dari lampu gantung minimalis, misalnya, dapat mengganggu indera penglihatan dan berakibat buruk pada kesehatan. Sisi negatif lainnya adalah penurunan produktivitas kerja.

Oleh karena itu, pencahayaan di ruangan kerja perlu diperhatikan dengan baik.  Demi alasan kesehatan dan keamanan para pekerja, Occupational Health and Safety Administration (OSHA) telah mengeluarkan sejumlah aturan yang harus diikuti oleh perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat.

Penerangan Ideal di Ruangan Kerja

Penerangan Ideal di Ruangan Kerja - Lampu Gantung Minimalis untuk Ruangan Kerja, Perlukah? - dilbilimarastirmalari.com
Lampu Gantung Minimalis – image: dilbilimarastirmalari.com

Ada 4 elemen penting yang tercantum dalam peraturan OSHA, yaitu pengukuran, penerangan umum, penerangan pada bagian tertentu, dan emergency. Melakukan pengukuran cahaya di tempat kerja adalah salah satu kewajiban perusahaan. Jumlah cahaya tersebut diukur dalam unit yang disebut foot-candles. Perlu diketahui, jumlah unit cahaya yang diperlukan untuk setiap tempat kerja berbeda-beda.

Elemen kedua adalah penerangan di tempat kerja secara umum. Pencahayaan ini meliputi lampu yang menerangi seluruh area kerja. Tujuan penggunaan lampu ini adalah untuk menerangi aktivitas standar pekerja, seperti melihat atau bergerak. Khusus area perkantoran, dibutuhkan setidaknya 30 foot-candles untuk penerangan ideal.

Bentuk penerangan lain yang tak kalah penting adalah task lighting atau penerangan di bagian tertentu. Bentuknya dapat berupa lampu sorot yang langsung mengenai tempat kerja. Tujuan menggunakan lampu ini adalah untuk menghindari kelelahan mata dan mencegah terjadinya cedera akibat aktivitas pekerjaan. Jumlah cahaya yang digunakan harus tepat.

Nah, yang terakhir adalah lampu emergency. Penerangan ini sangat diperlukan pada waktu-waktu darurat ketika sumber daya biasanya turun. Lampu emergency akan memandu pekerja keluar dari ruangan supaya tetap aman.

Lampu Gantung Minimalis untuk Ruangan Kerja

Lampu Gantung Minimalis untuk Ruangan Kerja - Lampu Gantung Minimalis untuk Ruangan Kerja, Perlukah? - essentialmodernhome.com
Lampu Gantung Minimalis – image: essentialmodernhome.com

Tidak diragukan lagi, kualitas penerangan di tempat kerja sangat memengaruhi produktivitas pekerja. Bahkan ruangan kerja yang terlihat cerah akan menciptakan suasana yang menyenangkan. Untuk itu, penerangan di ruang kerja harus diatur sebaik mungkin. Salah satu jenis lampu yang bisa digunakan adalah lampu gantung minimalis.

Ada beberapa alasan menggunakan lampu gantung minimalis untuk ruangan kerja. Salah satunya, terlihat lebih estetik dibandingkan jenis lampu lainnya. Konsep minimalis juga cocok diterapkan karena suasana kantor yang bersifat formal maupun semiformal. Khusus untuk tempat kerja yang bergerak di bidang semiformal, pilihan lampu gantung minimalis lebih memungkinkan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan lampu jenis ini di ruangan kerja. Berikut di antaranya:

Lampu Gantung Minimalis untuk Ruangan Kerja - Lampu Gantung Minimalis untuk Ruangan Kerja, Perlukah? - cientouno.co
Lampu Gantung Minimalis – image: cientouno.co

 

  • Atur letak lampu gantung dengan tepat. Sangat penting memastikan cahaya lampu tersebut dapat menerangi seluruh aktivitas pekerjaan secara jelas.
  • Hindari silau dan bayangan dengan mengatur tempat duduk di ruangan kerja sebaik mungkin.
  • Gunakan penerangan tambahan jika diperlukan. Tidak ada salahnya menyalakan lampu ekstra untuk aktivitas yang membutuhkan detail.
  • Manfaatkan kap lampu untuk mengumpulkan cahaya sehingga lebih menyatu dan menerangi secara maksimal.
  • Jangan memasang lampu gantung minimalis terlalu dekat dengan meja kerja.

Baca Juga : Perhatian! Pegawai Perusahaan Wajib Tahu Pengertian Peralatan Kantor Berikut

Nah, demikian ulasan singkat mengenai lampu gantung minimalis yang dapat digunakan di ruangan kerja. Jika Anda ingin membeli lampu ini dalam jumlah besar untuk kebutuhan perkantoran, langsung saja telepon ke 0811158309. Anda juga bisa mengirim pesan ke Whastapp untuk bertanya-tanya terlebih dahulu. Selain itu, kunjungi website importer.co.id untuk informasi lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Check Also

Menghindarkan Kecelakaan di Jalanan Berkabut -Inilah Fungsi Lampu Tembak yang Perlu Anda Ketahui - fickr.com

Inilah Fungsi Lampu Tembak yang Perlu Anda Ketahui

Ada beragam jenis lampu yang tersedia di pasaran. Mulaidari bohlam biasa untuk rumah; lampu neon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.